Kata Mereka Tentang Dunia Usaha


Artikel ini sengaja saya tulis untuk melihat menunjukkan beberapa pandangan orang lain tentang dunia usaha, dengan menulisnya disini saya berharap ada pelajaran atau informasi yang bermanfaat. Dalam mendengarkan pendapat mereka tentang dunia usaha, terkadang saya menutup telinga dan terkadang saya mendengarkan dengan seksama.

Karyawan, buruh pabrik, dan pegawai dengan gaji lumayan
Saat saya ngobrol dengan mereka tentang dunia usaha, mereka memberikan pendapat bahwa dunia usaha itu susah, perlu perjuangan keras dan berat, tidak kunjung mendapatkan hasil, dan lebih memilih untuk meneruskan perjuangan mereka bekerja di tempat nyaman yang sekarang mereka jalani, mereka adalah orang-orang dengan usia produktif yang masih bertenaga dan bergairah bekerja, saat ini mereka bisa hidup mewah dengan pekerjaannya. Kebanyakan agak menolak dunia wirausaha, dan sebagian ada yang menginginkan namun masih menunggu modal dan waktu yang tepat.

Pekerja dengan gaji pas-pasan
Untuk kalangan pekerja dengan gaji pas-pasan yang saya temui, biasanya mereka sangat bersemangat jika berbicara tentang dunia usaha, mengingat gaji mereka saat ini hanya cukup saja, banyak barang yang ingin mereka beli, jadi sebagian dari mereka menganggap dunia usaha adalah jawaban tepat untuk mendapatkan uang yang banyak, namun jika tersentuh masalah modal terkadang sebagian dari mereka mulai kurang bersemangat, dan sebagian berangkat kerja lagi, belum lagi ketika tidak mendapat izin dari orang terdekat.

Pekerja dan pegawai dengan gaji nyaman
Untuk para pekerja dan pegawai dengan gaji nyaman yang pernah saya temui, jika mereka diajak berbicara tentang dunia wirausaha, maka mereka terkesan biasa saja, namun tetap mendengarkan dan memberikan pendapatnya, namun dibelakang mereka sudah memiliki beberapa usaha sampingan yang sudah berjalan, usaha itu biasanya dijalankan oleh orang terdekat sedang mereka tetap bekerja. Modal bagi mereka bukanlah sebuah masalah, mengingat pendapatan mereka yang cukup besar.

Pengangguran
Jika saya menemui teman yang masih menganggur dan saya ajak untuk berwirausaha, maka mereka akan sangat bersemangat dan berharap setelah memulai usaha besoknya mereka langsung mendapatkan hasilnya. Mereka orang-orang yang berada dalam masa sulit, saya juga mengalaminya dan saya juga dulu berfikir seperti mereka.

Pedagang
Nah ketika saya bertemu dengan pedagang (yang masih berjuang) seperti pedagang keliling dan lainnya, ketika ditanya tentang dunia wirausaha, maka sebagian akan memilih untuk meninggalkannya dan jika ada lowongan pekerjaan akan memilih untuk bekerja, dan bagi sebagian lainnya mereka tetap menikmati dan menjaga semangat berwirausaha, mereka yakin dengan pilihannya tersebut karena itu adalah hobby mereka.
Pengusaha
Pengusaha disini bukanlah seorang yang sukses karena sudah memiliki banyak kekayaan dan hasil dari usahanya, namun mereka yang menjalankan usahanya secara ikhlas karena itu pilihan mereka. Saat ditanya pendapatnya tentang dunia usaha, mereka akan memberikan banyak nasehat dan pengalaman, mereka juga akan mengajak siapapun yang mau ikut dalam dunia usaha, karena mereka tahu kuncinya, mereka adalah orang-orang yang menyenangkan.

Itulah beberapa kata mereka saat berpendapat tentang dunia wirausaha, bagaimana dengan pendapat anda?

Wirausahakan Updated at: 3:08 AM

0 komentar:

Post a Comment