Berapa Persen Margin Keuntungan Bisnis yang Sebaiknya Diambil?

Menentukan harga jual suatu produk atau jasa bukan hal yang mudah mengingat ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Jika kita menjual suatu produk atau jasa dengan harga yang terlalu murah, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang minim (kecuali untuk promosi), namun jika kita mengambil keuntungan terlalu besar, maka jangan salahkan jika pelanggan kabur.


Untuk menentukan harga, kita harus menentukan margin keuntungan yang akan diambil. Persentasenya bebas, bisa 5%, 10%, 20%, 30%, 50%, 70%, 100%, atau bahkan lebih. Tidak ada batasan keuntungan yang bisa anda ambil, namun tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku pula.

Pengambilan besaran keuntungan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :
  1. Persaingan bisnis
  2. Harga pasaran yang ada (hati-hati karena bisnis online sudah menunjukkan kisaran harga suatu produk)
  3. Tujuan bisnis anda (keuntungan singkat atau bisnis jangka panjang?)
  4. Produk atau jasa yang dijual
  5. Respon dari pembeli
  6. Biaya tambahan dalam bisnis
Dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi besaran keuntungan yang sebaiknya diambil dalam suatu bisnis yang kita jalankan.

Saya sendiri bukan pedagang yang mau mengambil keuntungan kecil dengan memaksimalkan penjualan seperti para pengusaha China pada umumnya, saya mengambil keuntuungan yang cukup besar namun wajar sesuai dengan keadaan yang ada.

Sebagai contoh, saya menjual suatu produk yang harganya sekitar Rp 150.000, 00, harga belinya hanya sekitar Rp 100.000, 00. apakah saya mengambil untung terlalu besar? Tunggu dulu!

Saya membeli produk tersebut dari luar kota, dengan biaya pengiriman sekitar Rp 10.000, 00, selain itu saya juga mempertimbangkan produk tersebut kurang begitu cepat dalam penjualannya. Saya mengambil untung yang cukup besar dengan pertimbangan harga pasaran serta keadaan barang dan pembeli.

Untuk bisnis umum yang beragam jenisnya, saya menyarankan anda mengambil keuntungan di kisaran 10-30% saja, sedangkan untuk produk yang khusus seperti makanan cepat basi dan barang istimewa bisa mengambil untung di atas 50% atau bahkan lebih dari 100% tergantung situasi. Namun jika anda mengejar penjualan dan pelanggan bisnis, silakan ambil untung dibawah 10% agar pembeli bisa mempromosikan bisnis anda dengan mengatakan "harganya murah" kepada orang lain.

Wirausahakan Updated at: 10:54 PM

81 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali terimakasih

    ReplyDelete
  2. Kalo Barang atk yg hrganya di antara 1000-10.000 hrus mengambil keuntungan berapa persen ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman saya, barang atk keuntungannya besar bos. misal bolpoin yang seribuan, satu pack harga grosirnya paling 6ribu, untungnya sekitar 100% sendiri.

      Delete
    2. Klw macam paper A4 bagusnya ambil keuntungan berapa? Apalagi saya mau eksport mohon petunjuk

      Delete
    3. kalo kertas saya masih sebatas kelas teri gan, belum terlalu paham sama kelas besar, apalagi yang eksport kayak agan gitu. mohon maaf atas ketidak tahuan saya

      Delete
  3. Kalau sayuran dan buah-buahan kira2 berapa persen

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayur dan buah marginnya bisa 2x lipat bahkan lebih dengan perhitungan resiko tidak laku dan membusuk (mungkin seperti bisnis makanan juga).

      Delete
  4. Kalau misalkan untuk jual komputer (PC) Rakitan kira-kira berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah nanya sama temen yang bisnis kayak gini, ngambil untungnya rada banyak karena biasanya ada garansi sekian bulan juga. mungkin agan bisa ngitung sama garansinya biar gak rugi kalau misal ada kerusakan dan kudu ganti.

      Delete
  5. Kalo jual pakaian brpa marginnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. macem2 bos,
      aku pernah ambil keuntungan 30%, tapi ada yang bisa 50% bahkan 2x lipat sekalipun.
      tergantung kualitas,kuantitas dan respon pelanggan juga

      Delete
  6. Siang om..
    Klo untuk jualan kantong plastik brapa persen ya kita bisa ambil keuntungan
    Dengan rincian sewa kios 10jt/tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah jualan kantong kresek, tapi untuk bisnis dengan harga sewa kios sekitar 10jutaan, setidaknya sebulan harus bisa nyimpen 1juta buat bayar kiosnya (yang 2 juta buat cadangan). Jadi jika dikurangi dengan pengeluaran, maka setidaknya hasil bisnis harusnya bisa dikejar di kisaran angka 3juta ke atas bos.

      Untuk mengambil keuntungan dari barang dagangan, silakan dihitung2 lagi biar gak bermasalah ke depannya.

      Delete
  7. Gan itu keuntungannya udah termasuk biaya ongkir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya kalo ongkir masuk ke beban pembeli, tapi kalau mau menanggung ongkir maka agan kudu menambah harga jualnya biar gak rugi karena kepotong ongkir.

      Delete
  8. Gan, saya mau jual tas-tas wanita. Berapa persen yang bisa saya ambil untuk keuntungannya? Terimakasih sebelumnya, semoga bisa dibalas:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah jual tas, tapi sempet tanya ke beberapa temen yang jualan tas dan katanya ngambil untungnya diatas 30% (bahkan kalo nemu produk yang bagus tapi belum banyak saingan bisa 2x lipat).

      Ngambil untung rada banyak karena tas bukan produk yang dibutuhkan tiap hari seperti makanan, jadi bisa disiasati dengan keuntungan yang lumayan banyak.

      Semoga bisnisnya lancar bos.

      Delete
  9. Kak, kalau untuk bisnis pakaian dengan brand sendiri. Berapa persen keuntungan yang bisa diambil ? Trimakasih sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau brand sendiri malah lebih bebas bos, tinggal dikalkulasikan antara modal, pengeluaran, dll dibandingkan dengan harga pasaran. Misal kaos, aku pernah denger kalau biaya produksi sekitar 50ribuan untuk produk serupa dengan harga 100rb, bisa juga ambil untung 70/80ribu aja biar punya pasar yang bagus terlebih dahulu.

      Delete
  10. Sy nanamkan modal 40 jt dapat setoran 110 rb per hari selama 2thn jadi total 3300.000 perbulan x 24 pertanyaanya apakah keuntungan yg sy dapatkan minim, atau wajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhitungan investasi biasanya beda lagi bos, soalnya gak sedikit investor yang bakar uang dan untungnya bisa beberapa tahun mendatang.
      kalo dilihat dari perhitungan dagang, maka keuntungannya terbilang minim.
      tapi dengan keuntungan yang stabil, maka dalam waktu 2 tahun saja modal sudah balik dan penghasilan terus masuk tiada henti.

      Semoga bisnisnya lancar dan semakin berlipat keuntungannya, aamiin

      Delete
  11. Kalo jual kebutuhan sehari-hari digrosir kisaran ambil untung berapa% biar laris dan untung banyak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat grosir mah dikit bos, ngubernya lebih ke kuantitas barang yang terjual. 10% juga udah gede banget kalo buat grosir

      Delete
  12. Kalo jualan kosmetik ngambilnuntung ny brp ya biar laris

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis dan kualitasnya, ada yang ngambilnya minim ada yang bisa berlipat2

      Delete
  13. Mas saya mau mencoba usaha dengan produk merk sendiri tetapi kerjasama dengan sistem maklon, bila pabrik maklon menjual produknya ke saya dengan harga modal 20ribu berapa persen harga yg harus saya jual ke distributor? Pabrik di jawa distributor di sumatera termasuk ongkir dr pabrik ke distributor menjadi beban saya, termasuk barang bad stock menjadi beban saya, brp hrga yg harus saya seting? Produk makanan kemasan, biasa distributor meminta margin diatas 10 persen

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bosnya itung dulu antara modal, ongkir, resiko dan pengeluaran lain. setelah ketemu, bagi dengan jumlah produknya dan bosnya bisa menambah keuntungan yang sesuai dengan keadaan.

      Delete
  14. KALO UNTUK BUSINES RIAS PENGANTIN,,ESTIMASI MARGINE NYA KISARAN BERAPA % DAN PERHITUNHAN NYA GIMANA YA GAN....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jenis jasa sebenarnya tidak ada patokan,
      dari pengalamanku, ada salon yang belum terkenal dan bisa ngasih harga murah, sedangkan yang sudah punya nama bisa mematok harga yang tinggi. Sepertinya terpengaruh terhadap kualitas juga.

      Delete
  15. Kalau untuk pakaian di daerah membutuhkan ongkos kirim yg lumayan, dan daya beli kurang stabil,
    Kira2 berapa persen ya ambil keuntungan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di daerah aku yang keadaannya hampir sama, diakali sama penjualnya dengan sistem kredit dan alih-alih mengurangi keuntungan, mereka malah bisa mengambil untung hingga 2-3 kali lipat.

      namun jika ingin menjual pakaian secara langsung, mungkin bisa disiasati dengan memilih jenis pakaian yang harganya terjangkau, ngejarnya penjualan yang banyak.

      Delete
    2. Bos harga pakaian 300rb kira kira klo di jual berapa yah ngambil untung nyah ??

      Delete
  16. Aku baru rintis bisnis pakaian branded mall nih mas,idealnya ngambil profit berapa persen y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau produk branded bisa mengambil keuntungan yang lumayan besar, soalnya pasarnya untuk kalangan menengah ke atas yang tak begitu peduli dengan harga namun lebih mengutamakan brand, kualitas dan kepuasan.

      misalkan saja kaos branded yang harga belinya di kisaran 100-200, mungkin bisa dijual di kisaran 300-500 jika memang masih pantas sesuai kelasnya

      Delete
  17. Malam Om
    Saya mau buka usaha susu dan diapers kira2 berapa persen yang harus saya jual dari harga modal ,apalagi saya harus bersaing harga dengan supermarket seperti alfa dan indo ,kasih saran dan solusinya om ,biar tambah yakin dan percaya diri sayanya ,tks ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sikon bos, temenku jualan susu bayi ambil untungnya kecil banget tapi dia bisa dapet komisi dari promo dan poin (saya kurang paham program itu). Sistemnya dia ngutangin, bayar akhir bulan, itu salah satu cara terbaiknya dalam mendapatkan pelanggan setia.
      persentase spesifiknya tidak bisa saya sarankan karena situasi dan kondisi tentu berbeda.

      Delete
  18. Bos saya baru memulai usaha pakaian dan jilbab, tapi selalu terkendala modal krn permintaan pasar yg banyak, apa saya fokus saja ke satu produk misalnya jilbab biar lebih fokus dan cepat berkembang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keduanya udah jalan, mau dibuang yang satu rasanya sayang banget. Apa gak bisa dihandle sama yang lain? modelnya kerjasama gitu, jadi gak kehilangan produk dan bisa fokus sama salah satunya.

      Delete
  19. Halo gan, saya baru mulai bisnis online dari bln july. Macam2 yg saya jual. Ada tas lokal, baju kaos, tas, peralatan dapur. Ongkir ke ambon, biasanya mahal, 64rb-80rb. Tp setiap jualan, saya hanya ambil keuntungan 20rb-30rb. Menurut agan bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga gan, selamat atas bisnis online-nya dan semoga semakin sukses.
      Masalah keuntungan, jangan dibandingkan dengan ongkos kirim, tapi lebih baik dibandingkan dengan modal beli dan pengeluarannya.

      Delete
  20. Mr. Minta pendapatnya ya. Saya niat mau jualan baju khusus anak2. Karna disini pasarannya bisa 45-50rban. Kalo saya jual di bawah harga itu apakah bnar atau tdak ya? Dan saya ambil dari grosir. Jadi murah.. niat saya sih.. murah..dan cepat habis aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah jual harga dibawah pasaran, yang jadi masalah jika jualn harga dibawah harga belinya hehehee

      Delete
  21. Kalo toko plastik? Mohon keterangannya suhu

    ReplyDelete
  22. Mau nanya mas. Untuk usaha brand sendiri. Pengambilan keuntungan ituu berapa persen yah kira kira ? Karena target pasar jugaa menengah kebawah. Dan soal keuntungan itu. Keuntungan nya ituu per pcs kan yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keuntungan bs disesuaikan dengan kondisi pasar, modal, target dan lain sebagainya. yang lebih tahu tentu agan sendiri yang menjalaninya.
      kelas menengah ke bawah, bukan berarti keuntungannya minim, bahkan ada yang bisa mengambil celah dan keuntungannya banyak banget, pinter2nya kita ambil celah aja.
      keuntungan baiknya per pcs, tapi ada yang per paket juga, tergantung produknya juga si gan.

      Delete
  23. Kalau jualan susu formula bisanya ambil keuntungan brp persen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang paham, tapi pengalaman temen, jualan perlengkapan bayi ambil untungnya lumayan besar, bisa nyampe 50%

      Delete
  24. Replies
    1. grosir kelontong adalah jenis usaha yang keuntungannya paling minim karena tujuannya adalah kuantitas dan pelanggan setia.
      kayaknya di kisaran 5-10% saja

      Delete
  25. Gan saya mau nanya niatnya mau jual grosiran untuk Accesoris dan saya udah mulai bisnis ini berjalan 1 tahun tapi selama 1 tahun jualnya Ecer itu bisa untung 100% lebih dari harga beli, nah saya mau terjun ke grosir itu gmn ya klo di jual grosir ke pelanggan kira dapet untung berapa ya,.. Biar rame dan bnyak pelanggan,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan, keuntungan di aksesoris bisa 100% atau bahkan ada yang 3x lipat.
      kalau mau grosir ya mau nggak mau harus ngambil untung minim banget.
      dari pengalaman pas beli grosir aksesoris hp, yang harga jualnya 50 ribu, kalau grosir bisa dapet di kisaran 20-30ribu. jauh banget kan? tapi begitulah perbedaan harga di aksesoris.

      Delete
  26. Siang gan,saya sudah berjalan 1 tahun usaha jual alat alat listrik.tapi masih bingung dan belum pas untuk menentukan harga jual.
    Harus berapa persen gan untuk menentukan untung dan harga jual alat2 listrik?trimksh semoga di balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk alat listrik saya kurang begitu paham gan, mohon maaf

      Delete
  27. Saya berencana mau jual grosir batik biasa berapakah keuntungan yang pas bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau grosir, harus siap mengambil keuntungan yang minim karena tujuan utamanya adalah kuantitas.
      biasanya agen besar mengambil keuntungan dibawah 20%, tapi bisa disesuaikan dengan kondisi agan sendiri

      Delete
  28. Mo nnya niih kak. Cara ngebagi keuntungan nya gmna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya ngitung pengeluaran dulu, terus masukin modal dan baru deh dikira2 harga jualnya berapa setelah menambahkan keuntungan

      Delete
  29. Saya mau jualan kacang mete ..
    Hrga saat ini kisaran 130rb/kg..ongkir sxl jalan kisaran 150-300rb
    Kira2 sy harus jual brp per kgnya ??
    Untuk reseller & sendiri..mkch mr

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah produk yang bagus nih, saya juga dulu punya temen yang khusus jualan kacang mete dan bisa sukses.

      harga beli + ongkir + pengeluaran lainnya.
      kalau udah ketemu nominalnya, tinggal tambahin keuntungan untuk mendapatkan harga jualnya. jangan lupa riset harga pasaran juga.

      untuk reseller bisa dengan mengurangi keuntungan kita, misal sebelumnya ambil keuntungan 30% maka untuk reseller kita hanya ambil 15% saja.

      Delete
  30. Rencana buka bisnis jual sayur keliling. Ambil untung nya berapa persen

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sistemnya, mau cash atau kredit.
      kalau cash bisa mengikuti pasaran dengan sedikit tambahan karena langsung sampai ke rumah

      Delete
  31. Gan sy jualan pakaian batik online, dan ambil lgsung dr produsen misal mau jual ecer, reseller dan grosir selisih harganya idealnya brp gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo grosir ngambil untungnya dikit, kisaran 10-20% aja, kalo eceran bisa lumayan diatas 30%

      Delete
  32. Kak aku jualan online contohnya sy ngambil barang dr solo misal bju hrg 80+ongkir 30+ngambil untungnya 35an dh bnr blm ya kak jd aku ngejualnya 145an
    Mhn masukannya

    ReplyDelete
  33. Klau jualan kerudung brpa prsen bang,,, sdangkan dri snany sdah ada diskon 20% ,, tlng pnjlasany sya bru pertama kali jualsn onlin msh binggung,, takut kemahalan,,



    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau agen besar jarang banget ngasih diskon, karena mereka mengutamakan jaringan penjual, bukan konsumen langsung.
      Misal dari agennya ngasih diskon sampai 20%, tapi agan nggak dapet seperti konsumen yang lain, sebaiknya agan nggak usah terlalu mempedulikan diskon itu dan tetap memasang harga standar aja.

      ambil untung dibawah 50% aja dulu biar aman, sembari terus belajar, ntar lama2 juga paham harga pasaran yang aman.

      Delete
    2. Mau tanya mas, saya pngn buka usaha pancing, tp sya bingung sdng sya g hobi mancing, gmna mau tau barang /alat pancing nya. Utk lokasi sih bagus strtegis(wilayah kelautan)
      Gimna solusinya yah

      Delete
  34. saya jualan baju online dan offline jg kak, kadang pelanggan masih minta diskon tuh walaupun beli cm 1pcs.. kira" enaknya saya ambil untung brp ya?

    ReplyDelete
  35. Saya jualan baju anak,dewasa dan daleman2 berapa margine yg layak

    ReplyDelete
  36. Kak rugi ga kalau modal 2juta lebih tapi kita dapat untung 300ribu??

    ReplyDelete
  37. Gan mo tny, sy jualan pupuk dr pihak pertama dpt hrg 12.500(brg d antar k h tnp d kenakan biaya). Brp sebaiknya sy jual kembali dgn kondisi free pengantaran area komplek.
    makasih

    ReplyDelete
  38. Kalau ATK standarnya brp persen ya ?

    ReplyDelete
  39. Kak saya produsen makanan beku dan bisa bertahan sekitar 3 bulan.
    Berapa marjin yang harus saya ambil misalkan modal saya sekitar 10000 per bungkus.

    ReplyDelete
  40. Kalo usaha toko bangunan berapa ya margin rata2 ambil keuntungannya?

    ReplyDelete
  41. Agan sy maw tanya misalkan belanja fashion onlie 5 pcs harganya 30ribuan tp sy bayar ongkir 10rb biaya transfer 10rb, jdi biaya ongkir sama biaya transfer totalnya 20rb blom ge di tambah modal,yg sy tanyakan bagaimana cara ngitungnya apakh 20rb ditambah modal perpcs 30rb mnjd 50rb,,,
    atau 20rb ditambah total modal(5pcs) 150rb mnjd 170rb

    intinya mn yg lbih tepat 20rb di tmbah modal perpcs apa 20rb di tmbh modal 5pcs, kduanya tentu beda bukan?

    ReplyDelete
  42. Nanya dong gan saya mau coba jual mainan, kebetulan saya mau nitip jual di teman yg punya warung di pasar misal barang harga 30.000 saya harus jual berapa dan memberi komisi berapa ya gan terima kasih

    ReplyDelete
  43. Kl jualan Xie Xie boba,brp maksimal profit yg bisa diambil ?

    ReplyDelete
  44. Saya jualan donat sistem pre order. Jadi donat yang saya bikin itu pasti laku semua karena sistemnya PO. Sebaiknya saya ambil untung berapa misal sistemnya PO gitu?

    ReplyDelete