Biaya Membuka Toko Baju

Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya dalam membuka sebuah toko baju, karena kemarin ada yang bertanya kepada saya, maka sekarang saya akan mencoba menuliskannya di sini, barangkali nantinya akan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Berapa biaya yang diperlukan untuk membuka sebuah toko baju?
Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh orang yang inggin memulai usaha , namun masih merasa ragu entah karena pengalaman atau karena minimnya dana yang sekarang dimiliki, untuk itu saya ingin berbagi sedikit kisah saya ketika membuka toko baju bersama para bos saya. Langsung saja biaya pertama adalah sewa kios, ruko, toko lapak, atau apa namanya yang kira-kira pas untuk tempat berjualan baju, sesuaikan tempat dengan barang dagangan yang akan anda jual, jika anda menjual baju yang biasa maka tempat standar tidak masalah, namun jika anda menjual baju yang bermerk maka tempat yang anda pilih paling tidak rapi dan terlihat mewah. Biaya sewa tempat beragam, jika di pinggiran mungkin masih bisa dapat sewa di bawah Rp 5.000.000, 00 namun jika anda berada di kota besar maka minimal sewa tempat diatas Rp 15.000.000, 00.



Jika tempat sudah siap, maka saatnya membereskan tempat tersebut sesuai keinginan anda, kalau bisa anda cat lagi tempat itu, lalu berikan stiker dinding atau poster agar terlihat menarik. Pasang lampu agar tempatnya terang, tambah lampu hias agar menarik perhatian orang yang lewat, jangan lupakan juga spanduk atau banner yang menandakan tempat anda. Display sebagus mungkin tempat jualan anda, jangan sampai ada sampah berserakkan, dan usahakan terlihat berbeda dari tempat lainnya. Pada tahap ini membutuhkan biaya sekitar Rp 2.000.000, 00.


Berikutnya adalah perlengkapan toko baju, gantungan, rak dinding, patung (manekin), etalase, meja, kursi, plastik, nota, dan lain sebagainya yang merupakan perlengkapan wajib ketika anda ingin membuka sebuah toko baju.Jangan biarkan ada barang yan ditaruh di lantai, hal itu sangat tidak mengenakan mata ketika dilihat. Biaya untuk perlengkapan diatas Rp 3.000.000, 00

Dengan tambahan biaya lainnya maka biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 20.000.000, 00 bahkan lebih jika anda berada di kota besar, namun jika sekarang anda tinggal di pinggiran maka biaya tersebut masih bisa dipangkas lagi dan bisa anda pakai untuk menambah modal dagangan anda. Oke semoga pengalaman saya bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membuka sebuah toko baju, jangan terlalu boros dalam mempersiapkan sebuah toko, selalu berhemat dan jika bisa dikerjakan sendiri, kenapa harus menyewa tukang. Bagi anda yang memiliki keinginan membuka sebuah toko baju, saya do'akan semoga lekas tercapai.

Wirausahakan Updated at: 8:25 PM

81 komentar:

  1. Replies
    1. hehee iya gan, itu malah masih terhitung kecil, kalau yang pro bisa diatas 50jt gan

      Delete
    2. gan kalo 8juta banyak ga ya buat buka toko.. 8juta buat beli pakaian nya..
      kalo kios dah punya sendiri. tinggal baju2 nya yg blum ada

      Delete
    3. 8 juta saya kira cukup kalau untuk stok barang saja, namun jika untuk membeli perlengkapan juga rasanya anda harus bisa memilah-milah produk yang sesuai dengan harganya.

      Delete
  2. usaha distro kira2 100 jt cukup gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira cukup gan, tapi tergantung produk yang akan agan pilih juga, kalau produk ori import pastinya masih kurang karena rata2 produk import lumayan tinggi harga jualnya, namun untuk produk lokal cukup.

      Delete
  3. saya penah jalan2 di mall salo dan lihat baju2 sekarang cm bodelnya sja yg bagus tp kain ky saringan tahu dan panas harga jg mahal 100 tibu lbh,,
    saya sempat berfikir bikin baju sndiri dan dijul sndiri,ingin rasanya jual agak miring biar perputaranya c4,

    ReplyDelete
  4. 10.000.000 cukup ngak buat buka usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan 10 juta gan, saya mulai usaha modal 100 ribu (bisa dibaca kisah usaha saya, cari aja yang pengalaman jual pulsa), lalu perjuangan saya membuka toko dengan modal 2 juta juga ada.

      Delete
  5. mau tanya grosir baju wanita murah dibwah 100.000 dan tepercaya dimana ya? soal kios saya punya sendiri. mohon info terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo grosir online bisa cek bukalapk atau toped, biasanya ada pedagang grosir di sana gan. Agan bisa cek kualitas sama kepercayaan penjualnya, klo mau offline bisa di Jakarta atau Bandung

      Delete
  6. Modal 50 jt cukup hak gan.. Dan Dimana mana beli grosir baju Serta perlengkapan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup banget gan, tergantung posisi agan sekarang, kalo di Jakarta atau kota besar lainnya ya harus irit-irit dulu soalnya banyak biaya pada awal usaha.
      grosir bisa di tanah abang, senen, atau Bandung, kalau online bisa cek toped atau BL, keduanya dikenal punya banyak pemain besar di dalamnya

      Delete
  7. Pengen bangat punya usaha butik untuk modalnya kira2 berapa ya. #pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa memberi gambaran : http://wirausahakan.blogspot.co.id/2016/09/tips-memulai-bisnis-butik-pakaian.html

      Delete
  8. Buat beli bajunya aja, satu toko kira2 habis berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. misalnya ada 10 jenis dengan 10 pcs yang masing2 harganya 50ribu, paling tidak 5juta untuk produknya, itu hanya kira-kira saja. Kalau mau mantap ya paling tidak diatas 10 jt gan

      Delete
  9. Kalau mau buka dimall berapa modalnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya pernah nyoba tanya harga sewa di mall,
      1 bulan kisaran 3 jutaan dan harus sewa 3 bulan (minimal)
      cuma dapat tempat kosong 2x2 meter aja
      lumayan tinggi harga sewanya, mungkin untuk sekarang bisa mencapai 5 jutaan lebih (dalam 1 bulan)

      Delete
    2. itu daerah mna ya? kok harga sewanya mahal gitu

      Delete
    3. daerah jawa gan,
      emang wajar kalau di mall harga segitu mah

      Delete
  10. Sy dah pnya kios, kira" ,8jt cukup g y, buat usaha baju anak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup aja gan, yang 2 juta buat perlengkapan yang 5 juta buat produknya, yang 1 juta buat persiapan. Kecil-kecilan dulu aja gan yang penting bisa buka dulu

      Delete
  11. Monggo yang mau kulakan bisa hub wa 085755544417,jual ecer dan grosir.. baju anak dan dewasa

    ReplyDelete
  12. gan punya daftar harga sewa kios mall di jakarta gak ?
    jika tidak ada baiknya yang saya lakukan bagaimana ya ?
    kalau saya langsung ke tempat. yang harus saya tanya siapa ya ?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak punya gan, coba agan tanya sama bagian humas atau yang lainnya aja. Ane dulu juga pernah nanya, tp bukan di Jakarta, ketemu sm bagian humasnya

      Delete
  13. cari supplier pakaian wanita yg murah,ada info ga gan. soal aku udah cari tahu dapat yg mahal trus. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hub wa kami menyedeiakan bju grosir 085773280880 harga di bawah 50 rb

      Delete
    2. Bs mnta konta wa atau bbm

      Delete
  14. Pengen buat usaha di wilayah solo tp referensi yang mau dijual belum ada... Bisa dibantu kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan dari solo, sambil nunggu siapa tahu ada yang dari solo nanti bisa balas komentar agannya

      Delete
  15. kira2 supplier termurah beli dimana ya

    ReplyDelete
  16. gan kalau grosir di ps.klewer sma tanah abang daerah jkt / bandung murah mana ya gan untuk grosirnya?
    suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja gan,
      bukan hanya murah aja gan yang jadi tujuannya, karena kelengkapan produk, kualitasnya, pelayanannya, dll juga berpengaruh.

      Kalau saya lebih senang belanja di jakarta karena saya belum punya pengalaman di Bandung, tapi katanya banyak produk yang keren di Bandung

      Delete
  17. Gan, bahan yg standart dan yang bagus buat isi toko pakaian apa aja ya... Khusus pakaian cowok. Celana dan baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan pakaian skrg kan banyak banget gan, kalau untuk bagus dan berkualitas tentu yang sdh punya merk, kalau mau yang standar tentu takarannya dari agan juga sebagai penjual. Silakan lakukan riset sendiri agar bisa mendapat yang sesuai

      Delete
  18. Mau tanya yg jual baju cewek murah daerah jawa tengah mana ya, bantu jawab dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau batik mungkin di daerah pekalongan atau solo, namun untuk baju wanita saya biasanya ke Bandung atau Jakarta langsung, masalahnya di Jawa Tengah belum nemu yang sesuai

      Delete
  19. Gan sya tinggal bandung kabupaten. Daerah saya pinggiran. Tapi lumayan rame trus tiap harinya soalnya banyak tmpt wisata. Sya pngen buka toko baju. Tapi mulai dri nol. Dari tmpat sampe modal dri nol dan dana pun brencana minjam dari bank skitar 50 juta. Dan sya seorang karyawan swasta jga, rencana istri yg ngegarap usaha tsb. Sya minta saran dri agan, dri rencana dan niat sya tsb mnurut agan gmna pndapatnya dan baiknya gmna, apa bkan hal yg di sarankan kalo minjem dri bank? Mksih sblumnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab dari segi pemikiran saya sendiri ya gan, kalau beda n gak cocok gak usah dipikirin.

      kalau agan masih mau kerja sambil usaha, pastinya butuh karyawan, dan agak mesti siap ngegaji karyawan. modal 50 juta bisa saja kalau di pinggiran dan saya pikir cukup banget. namun agan wajib memikirkan uang cicilan bank jika hendak meminjam bank, artinya agan harus sudah punya target bulanan agar lancar untuk membayar tanggungan bank. Misalnya tanggungan 500 ribu per bulan, maka setidaknya target keuntungan bulanan agan harus mencapai 3 jutaan karena harus memikirkan biaya cicilan bank, gaji karyawan, pengeluaran lain, dan uang simpanan.

      Kalau modal pinjam, hasil usaha biasanya baru bisa dirasakan beberapa tahun ke depan, artinya ini adalah investasi jangka panjang untuk agan.

      masalah pinjam bank, saya no comment gan.

      Delete
  20. Infonya sangat membantu. Saya sbnrnya masih SMK. Karena ada ini saya bisa persiapkan modalnya dari sekarng ya walaupun pasti masih kurang. Terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga berhasil sist
      dimana ada kemauan disitu selalu ada jalan

      Delete
  21. Gan mau tanya tolong di bantu. Kalo beli rak dinding,gantungan.patung etalase itu di mana ya bang yg harganya miring? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai gambaran saja ya gan,
      saya beli di pinggiran dapat harga 800rb, kalau di Jakarta bisa dapat sekitar 500-600 ribu.
      atau kalau agan biasa main online bisa coba cek harga di masing-masing toko online dulu, banyak yang menyediakan kok gan, kualitas hampir sama.

      Delete
  22. kalo jualan baju nya di rumah aja, kira2 yakin laku gak ya gan? hitung2 bisa nyantai kalo dirumah sendiri. tapi rmh juga bukan di pinggir jalan, masih masuk komplek gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin enggaknya tergantung sista :)
      jangankan di dalam rumah, sekarang banyak kok yang jualan modal foto gak tau produknya kayak gimana. Jamannya dropshipper sama reseller dimana-mana, kalau sista bisa buka toko meski di rumah, berarti selangkah lebih ketimbang mereka yang gak punya stok produknya.

      Delete
  23. Gan aku mau buka usaha baju.Aku dri bangka belitung.Kira2 di daerah jakarta dimana ya suplier bju yx murah2.aku mau mulai usaha,modal aku gak bnyk rncananya mau usaha toko bju dirumah aja.Aku lagi pusing nyari supliernya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok gan di Jakarta, kalau mau cari2 dulu bisa lihat di beberapa toko online. Shortir aja yang bisa jadi agennya

      Delete
  24. Saya pengen bangat buka juala baju batik di balikpapan. untuk suplay barang bagus n terpercaya dmna ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. batik daerah Jawa Tengah dan Jogja aja gan, mungkin pekalongan atw kota lainnya

      Delete
    2. Boleh di saya....hub wa.08982461557

      Delete
  25. Untuk grosir batik murah n bagusnya dmna ya?

    ReplyDelete
  26. Gan mau nanya, display yg ditoko baju itu smuanya dari modal sendiri yah, maksudnya ga ada yg dari supplier atau sales yg nitip atau ngasih barang sekian harga sekian lalu kita yg jualin,kalo ada sisa stok bisa dikembaliin ke sales dan ganti yg model baru, masih belajar gan dan kebingungn masalah stok barang, soalnya yg aku liat display ditoko gonta ganti sedangkan ga mungkin semua laku dalam 1 bulan, mohonn pencerahannya,, terima kasih ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisnis punya "resiko" yang harus ditanggung sist, nanti kalau saya ada waktu akan ditulis jadi artikel tentang pembahasan ini, InshaAllah

      Delete
  27. Gan. Kalo buka toko dipinggir jalan atau dimall untk pemula. Apa perlu surat" usaha seperti SIUP gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk SIUP sepertinya ada batas omset dan keuntungannya gan,
      saya pernah didata oleh petugas pajak dan katanya batas sekian juta baru ada wajib pajak.
      pemerintah pengertian kok :)

      Delete
  28. Modal buat dagang baju aja brapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau dropship bisa tanpa modal, kalau mau stok barang bisa diperhitungkan dari jumlah stok dan harga, mungkin untuk pemula masih di kisaran 1-10 jutaan cukup.

      Delete
  29. Aslm gan..mhon bantu jawab ya gan.punya modal 50 juta.sewa toko 12 jt...pengen jualan baju anak,blm perlengkapan toko.menurut agan..lebih baik sy jual dirumah tempat agak sepi,atau ruko yg sewanya segitu tp rame gan?mohon bantuannya ya gan..Esty Dr Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jelas ambil yang ruko sist hehehe
      saya jualan di rumah harus kerja keras promosi via media online dan kalau ada yang beli repot harus COD dan kirim-kirim, kalau di toko kan bisa pada liat-liat dulu.
      sekarang punya lapak itu merupakan hal yang istimewa karena sewanya semakin mahal, hampir tiap tahun naik terus, kalau 12 juta tempatnya ramai menurut saya ambil aja dah

      Delete
  30. Kalau saya mau beli baju nya dari konveksi tapi gambar" baju nya dari saya, itu kira" ngeluarin biaya sekitar brpa ya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari konveksi biasanya lebih murah, tapi ada biaya tambahan lainnya. Untuk biaya belum bisa jawab, namun bisa diperhitungkan dengan memasukkan biaya lainnya ke dalam ongkos produksi

      Delete
  31. kak kalau modal 17jt kirakira bisa nggak kak. kiosnya di pasar tradisional gitu. lokasi di kota kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya buka toko modalnya cuma 2 juta, barang dagangan gak ada 10 jutaan, Alhamdulillah sampai sekarang masih jalan. Jangan menyempitkan pola pikir dengan modal, Bismillah saja memulai sesuatu yang baik dengan memohon pertolongan Allah SWT.

      Delete
  32. kalau baju dewasa minimal berapa kak modalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal diitung aja mbak, kalau kisaran 50-100 ribu dan ingin stok 100pcs berarti kudu siap modal kisaran 5-10 jutaan. Kalau mau ngirit ya stok dikit tapi banyak macemnya

      Delete
  33. Assalamu'alaikum.
    Gan, ane rencana mau buka kios di tanah abang.
    Kira lebih baik mana :
    Kios posisi di huk (sudut) tapi di lantai atas ATAU posisi di badan (tengah2) tapi di lantai dasar?
    (Mengingat semakin atas lantainya maka konsumen semakin sedikit).
    Trims :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam
      semoga kiosnya ramai dan bisnisnya lancar gan
      kalo menurut ane ya tentu yang tempatnya rame dong, kalau sepi harus nambah biaya promosi dan belum tentu juga bisa dilihat orang yang lewat

      Delete
    2. Terima kasih sarannya gan.
      Btw ane msh cari2 produk apa yg akan dijual, antara pakaian bayi, anak2, wanita dewasa, baju muslim, atau mukena. Msh blm nentuin pilihan. Ada masukan gak gan? :-)

      Delete
    3. kalau di pasar kayaknya jenis pakaian itu lebih cocok gan, soalnya kan kebanyakan emak-emak yang ke pasar.

      Delete
  34. kira" habis berapa gan , bikin distro yang perlengkapannya udah full, kaya ada komputer,ac, dan produk" pakaian original.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat distro lengkap dengan ruangan ac, kaca depan, komputer, sistem penjualan, dll kayaknya bisa di kisaran 50 jutaan ke atas. Itu hanya perkiraan saya saja gan, mungkin kurang mungkin lebih.

      Delete
  35. Gan kalo modal 3jt cocok'y jualan apa ya? Yg real (kelihatan dagangannya). Terus kalo jualan baju kira2 bisa balik modaknya brp lama? Kalo baju yg dijual udh gak ngetren gimana gan? Berarti rugi dong gak bakal ada yg mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau jualan baju ya bisa gan modal 3 juta, untuk menghindari kerugian karena telat trend maka pilihlah jenis baju yang timeless atau bisa dijual kapan saja tanpa mengikuti trend terbaru (bisa pusing ngikuti trend modal pas-pasan).
      Masalah balik modal, agan mau usaha jalan atau mikirin untung dulu? Kalau mikirin untung aja, sebulan juga bisa balik modal kalau cuma 3 juta kok, tapi kalau mau bangun usaha ya mau enggak mau butuh waktu lama buat memperkenalkan bisnisnya bukan produknya aja.

      Delete
  36. Modal 500ribu dgn jualn jilbab. Tpi mau mau lanjut jual baju msih bingung cari tmpat grosir yg murah di sragen jateng

    ReplyDelete
  37. klau untuk distro anime kira kira tambah berapa yg bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. nambah di perlengkapan dan display kayaknya gan, disesuaikan aja

      Delete
  38. Terimakasih atas infonya. sukses selalu ya

    salam kenal
    Rak Gudang PT Aku Sayang Indonesia Ku

    ReplyDelete