Cara Saya Membuka Toko dengan Modal 2 juta

Bismillahirrahmanirrahiim.... Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya di awal saya ketika membuka sebuah toko (mungkin lebih tepat dibilang kios) dengan hanya bermodal Rp 2.000.000, 00 saja. Loh kok bisa? Padahal sewa kiosnya saja 6 juta.

Oke saya mulai kisah dari awal saya berjualan di pinggir jalan, itu adalah pengalaman yang sangat berharga untuk saya, memang rasanya berat dan terkadang menyedihkan, namun pengalaman itu sangat berharga untuk diri saya sendiri. Lama berjualan sebagai pedagang kaki lima, saya memiliki keinginan untuk membuka sebuah toko, mengingat barang dagangan saya semakin banyak sehinga saya kesulitan ketika membawa dagangan saya tersebut, akhirnya saya mulai survei ruko, kios, dan toko yang disewakan dan rata-rata sewa per tahunnya sekitar 9-15 juta, saat itu saya belum mampu untuk menyewa tempat dengan harga setinggi itu. Pernah juga saya sudah menyewa toko dengan harga 10 juta, namun gagal karena ada masalah dengan pemilik toko sebelahnya.


Dari lapak PKL saya mengenal seorang penjual baju yang memiliki tempat namun tidak dipakai karena tidak memiliki waktu untuk menjaganya, dia masih memiliki sewa sekitar 6 bulan, dan saya ditawari untuk menggantinya, dengan uang yang pas-pasan saya menyewa kios tersebut (oper kontrak) selama 3 bulan dengan biaya Rp 1.200.000, 00 dan lebih beruntungnya lagi saya dipinjami segala perlengkapan yang ada di toko tersebut, ada karpet, gantungan pakaian, manekin, kursi, meja, dan lain sebagainya secara gratis. Kemudian saya mulai mengatur tempat jualan saya dan membeli keperluan lain yan saya butuhkan, kira-kira dengan uang Rp 800.000, 00 bahkan dibawah nominal tersebut. Tentu saja saya memulai usaha di kios tersebut dengan perjuangan yang bisa dibilang cukup berat, di tempat sepi dan belum memiliki pengalaman dalam mendisplay sebuah toko. Dengan kebaikan teman, dan tentunya rejeki dari Allah swt, inilah kisah saya ketika membuka sebuah toko dengan bermodal Rp 2.000.000, 00 saja, anda percaya dengan kisah saya? Saat ini saya sudah berpindah tempat, dan belum lama ini sudah membuka sebuah toko baju yang baru tepat di sebelah toko saya.
Selama kita masih memiliki niat baik, keinginan, dan menjaga semangat kita, sebenarnya banyak sekali jalan yang Allah sediakan untuk kita, terkadang jalan terasa buntu bukan karena kita kurang berusaha, namun karena kita lupa tidak meminta bantuan kepada Allah sang pemiliki dunia ini, yakinlah dalam menjaga cita-cita jika itu adalah sesuatu yang baik.

Wirausahakan Updated at: 10:00 PM

27 komentar:

  1. Makasih atas pencerahannya gan.. saya juga ingin dagang baju.. saya ingin buktiin kepada orang2x kalau saya bisa.. saya suka kalimat agan " menjaga semangat "... saya puas dengan kalimat itu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan semangat gan, selagi masih dalam konteks yang baik kita wajib memperjuangkannya, saya do'akan semoga sukses gan :)

      Delete
  2. jujur,saya salut gan...
    salut akan kegigihannya...
    allah selalu memberi jalan pada orang yang mau berusaha dan berdoa.
    salam sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, iya saya sebenarnya modal nekad gan, Bismillah dalam hati kalau niat saya bener dan mau usaha pasti Allah memberikan jalan, makasih udah mau mampir gan :)
      Salam sukses gan...

      Delete
  3. Salam Sukses Gan..Saya juga ingin membuka Toko Pakaian..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sukses juga gan,
      lanjutkan gan semoga niat baik membuka toko pakaian dimudahkan jalannya
      untuk agen pakaian bisa ke bandung atw jakarta (untuk update trend juga) tapi dari kota lain juga bagus produknya

      Delete
  4. kata2 terakhir anda betul2 membuat saya seperti ditmpa palu besar di kepala saya, saya betul2 mengucapkan terima kasih banyak, moga anda usahanya selalu sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan sudah mampir ke blog ane :)
      Aamiin gan terimakasih atas do'anya, Alhamdulillah usaha saya masih terus diperjuangkan, semoga menjadi jalan rejeki saya hehehee
      Salam sukses gan!

      Delete
  5. Banyak amal kamu gan memberi ide amazing gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin gan, sebenarnya ini curhatan saya aja sih gan
      dulu saya pengin usaha tapi belum punya modal yang cukup, modal utama saya cuma niat sama yakin, Alhamdulillah Allah SWT memberikan jalan rejeki yang tidak pernah saya duga sebelumnya

      buat testimoni saja gan untuk yang mau usaha masih kebentur dana hehee

      Delete
  6. Tulisan yg menginspirasi terima kasih gan....insya Allah saya jg ingin membuka usaha..mudah2an Allah memberikan kelancaran untuk niatan saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih udah mampir ke blog ane gan,
      moga niatan agan diijabah Allah SWT aamiin...
      salam sukses gan!

      Delete
  7. terima kasih gan,, motivasi besar buat ane yg juga ingin buka usaha..salam sukses

    ReplyDelete
  8. Saya juga ingin bejualan. Tapi toko Yg bisa di hubungi untuk penjualan baju tidak ada kenalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang daerah mana sist? Kayaknya sekarang agen banyak loh, di online juga banyak kok

      Delete
  9. saya jg mau buka toko kecil2n. khuss pakaian cew. barang lokal aja. kira2 butuh modal berapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba dihitung dari toko, perlengkapan, produk, dan pengeluaran lainnya gan.
      Klo saya dulu modalnya masih dari "modal nekad" aja, susahnya usaha kita yang rasakan hehehe

      Delete
  10. terimakasih gan,artikelnya menginspirasi banget..saya juga sedang melangkah memulai usaha sendiri,dengan modal sama minimnya dan beban yang bisa dibilang berat untuk saat ini..setelah baca tulisan agan semangat saya kembali lagi,semoga usaha agan sukses..dan semoga kita diberikan kemudahan dari Allah..menjaga semangat dan berjuang! sukses gan..ayo kita berdiri diatas kaki kita sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan atas do'anya, aamiin
      semangat gan, klo udah ada niat usaha, Bismillah aja!
      banyak jalan kalau kita ada kemauan, apalagi usaha merupakan salah satu pintu rejeki yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW
      semoga sukses gan!

      Delete
  11. Berani belajar berani mencoba. erani gagal, pasti sukses

    ReplyDelete
  12. Gmn degan resiko dihutang boz. .. Karna saya jga usaha jualan mracang/toko sembako selama 5thun ... Dlu wktu prtma modal cma 1.2jt....terus alhamdulilah bisa berkembng dan bisa buat kios kecil" an dan bli motor vixion....trus skrng permsalahan y gulung tikar karna di hutang orang trus mdal berkurang mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih pemula jadi rasanya kurang pantas memberikan solusi kepada agan yang udah lama dalam dunia bisnis,
      Namun saran saya hanya "JANGAN MENYERAH"!
      kalau agan bisa memulai dari modal 1,2jt saja, kenapa sekarang tidak bisa bertahan, padahal sekarang agan sudah punya pengalaman yang tidak dimiliki orang lain seperti saya.
      Ayo gan mulai lagi, tidak ada salahnya memulai lagi dari bawah.

      Delete
  13. semoga cerita agan bisa memotivasi kita semua yang ingin berwirausaha termasuk saya,,sukses terus dan saling mendo'akan amiinn

    ReplyDelete
  14. Sungguh pembaca sangat termotivasi, di mana ada niat pasti di situ aja jalan. Truslah berkarya & tetap semangat. salam sukses bt agan.trim's

    ReplyDelete
  15. Sy posisi dicikampek berencana buka toko grosir aneka plastik, mohon yg bisa bantu supply hubungi saya.
    Wa/telp. 081314499233
    Terimakasih

    ReplyDelete