Wirausaha Adalah Hobi






Seorang pemain sepak bola profesional adalah orang-orang yang menurut saya sangat bahagia, mereka menikmati hobi yang mereka sukai, dan mereka dibayar karena menjalankan hobi mereka. Memang tidak semua hobi akan menjadi sebuah penghasilan, misalnya saja pemain sepakbola amatir, mereka bersenang-senang dengan hobinya, dan mereka yang mengeluarkan biaya untuk hobinya tersebut, akan tetapi mereka tidak merasa rugi karena uang yang dikeluarkan untuk hobinya tersebut.

Begitulah wirausaha yang harus kita jadikan sebuah hobi, wirausaha bukan pekerjaan, bukan juga tempat bertahan, ini adalah sebuah hobi yang kita pilih, tentu dengan cara yang berbeda. Jika pemain bola harus menjadi profesional agar dibayar, maka wirausaha membayar kita sejak awal menggelutinya, ini adalah sesuatu yang menurut saya sangat spesial. Jika dengan wirausaha kita menjadi seorang profesional dan kita dibayar karena menjalaninya, maka kita seperti para pemain bola profesional, akan tetapi jika kita berwirausaha dan kita belum mendapatkan bayaran, maka kita sudah menjalani hobi kita, itu adil menurut saya.

Seorang pedagang mencari agen kulakan, membeli barang dengan harga grosir, kemudian memasarkan barangnya dengan berbagai cara pemasaran barang, dan pedagang tersebut mendapatkan untung, dan terus menerus seperti itu hingga perdagangannya berkembang, tentu sang pedagang akan merasa senang, bukan hanya karena keuntungan mereka, tapi juga karena itu adalah hobi mereka, mulai dari mencari agen, memasarkan, menghitung keuntungan, dan lain sebagainya yang mereka jalani dan mereka nikmati setiap prosesnya.

Wirausaha adalah sebuah hobi, hobi adalah sebuah kesenangan, kesenangan adalah sesuatu yang dicari orang, dan tentu saja itu membutuhkan perjuangan, maka sudah saatnya memulai wirausaha.

Wirausahakan Updated at: 10:03 PM

0 komentar:

Post a Comment