Pengertian Wirausaha Menurut Saya



Sebelumnya saya sempat menulis pengertian tentang wirausaha yang saya ambil dari wikipedia, akan tetapi rasanya terlalu payah jika saya tidak mencoba mengemukakan pendapat saya sendiri, lagipula untuk apa membaca blog ini jika di Wikipedia saja ada. Akhirnya saya menghapus saja artikel tentang wirausaha yang saya sadur, sekarang saya akan mencoba menulis sendiri dengan sudut pandang saya pribadi.

Wirausaha adalah sesuatu yang Rock n Roll, pilihan hidup yang berbeda dari kebanyakan orang, jalan terjal yang diambil untuk menuju tempat terindah harapan semua orang yang bernama kesuksesan. Jika mayoritas orang di jaman sekarang memilih mengikuti alur hidup yang sudah ditanamkan sejak lama maka wirausaha adalah jalan baru yang saya ucapkan sebagai sesuatu yang sangat Rock n Roll.

Dalam kehidupan sekarang kita mengenal siklus hidup, mulai dari lahir, lalu sekolah, dan pilihan untuk bekerja di tempat yang nyaman dengan gaji tinggi. Yang menjadi masalah adalah siklus tersebut diikuti hampir 90% lebih, dari semua orang di belahan bumi ini, sedangkan tempat kerja yang nyaman dengan gaji tinggi hanya tersisa sedikit, dan tentunya tidak mudah untuk memasukinya walaupun dengan ijazah dan keahlian yang tinggi. Maka dari itu, ada sebuah jalan pintas untuk keluar dari alur yang sudah terlalu mainstream ini, yaitu memilih wirausaha setelah menyelesaikan pendidikan, bahkan banyak pengusaha sukses tanpa mengenyam pendidikan tinggi.

Jadi wirausaha adalah jalan lain yang ditempuh orang-orang yang berfikiran lain dari yang lain, tentu saja dengan segala resiko yang harus diterima, karena nyatanya dunia wirausaha sangat berat, penuh dengan hambatan, kegagalan seperti sahabat yang selalu menyertai, dan kesuksesan yang tidak pernah terukur. Jika kita berfikir bahwa memulai usaha adalah pilihan tepat untuk menuju kesuksesan dengan cepat, maka saya sarankan untuk bersiap kecewa, karena wirausaha adalah hoby, seni, pilihan, jalan hidup, makanan, dan juga kekasih.

Jangan berharap jalan wirausaha adalah jalan satu arah yang lurus dan rata, jalan ini adalah jalan menanjak penuh liku, bergelombang, dan kadang buntu, di jalan wirausaha ini kita akan berpapasan dengan pemakai jalan lain dari arah berlawanan, ya mereka adalah pemakai jalan yang menyerah dan memberitahukan kepada anda bahwa jalannya buntu atau tidak bisa dilewati, sungguh menakutkan. Bagi anda yang menyukai rasa aman, lebih baik mengikuti jalan mereka yang sedang kembali dan menyerah, karena tidak ada rasa aman di jalan ini.

Wirausahakan Updated at: 12:26 AM

0 komentar:

Post a Comment