Mulai Usaha Sekarang atau Menunggu Dipaksa?



Kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha? Sekarang!
Keinginan untuk memulai usaha adalah keinginan mayoritas semua orang di muka bumi ini, semua orang ingin menjadi bos, semua orang yang bekerja sudah muak dengan atasannya, semua orang ingin mandiri, nyaman dengan kehidupannya, semua orang sudah bosan dengan peraturan yang memaksa, sudah saatnya membuka dan memulai usaha sendiri.

Dalam kehidupan ini kadang ada sebuah pertanyaan tentang waktu yang baik untuk memulai sebuah usaha, gagasan yang lumrah jika dikatakan oleh seseorang yang memang mempunyai minat dan niat untuk membuka usahanya sendiri, akan tetapi terkadang sebelum merealisasikannya sudah terhambat pemikiran negatif, mulai dari kekurangan modal, minimnya informasi, kurangnya dukungan dan lain sebagainya, hingga akhirnya usaha yang didambakan hanya sebuah keinginan yang tidak pernah terwujud. Bagaimana mungkin kita kalah sebelum berperang? Gagal adalah sesuatu yang biasa, hal yang wajar, bukanlah sesuatu yang memalukan jika kita mengalami kegagalan dalam hidup ini. Jangan berfikir gagal sebelum mencoba, jangan menyerah sebelum bertanding, itu adalah sesuatu yang dimiliki oleh seorang pengecut.

Mulailah usaha sekarag juga, saat ini dimana kita masih hidup dan masih memiliki keinginan serta kekuatan untuk memulainya. Saya sendiri sudah mengenal perdagangan sejak kelas 2 SD, saat itu saya membeli kelereng dengan harga Rp 100, 00 dan menjualnya seharga Rp 50, 00, ya memang saat itu saya tidak mengerti peraturan dagang, saya hanya senang bisa berdagang, saya menikmatinya walaupun saat pulang sekolah, saya dimarahi oleh ibu saya karena saya merugi dan menyia-nyiakan uang saya, tapi itu pelajaran berharga untuk saya. Saat lulus sekolah, saya ingin memulai usaha, tidak memiliki modal, akhirnya saya urungkan niatan tersebut, akan tetapi bertahun-tahun saya tidak bergerak untuk memulainya, masalahnya ada pada diri saya dengan memenjarakan diri saya sendiri bahwa usaha memerlukan modal, sedangkan saya tidak memiliki modal saat itu. Kemudian saya mulai mencari informasi kepada semua pedagang disekitar saya, bagaimana mereka memulai usaha, dan ternyata mereka hanya bermodalkan keinginan yang kuat dan kepercayaan dari orag lain, mereka membawa barang dagangan dari orang lain, menjajakannya dan mengambil untung dari penjualan tersebut, akhirnya saya mulai mencoba mengikuti mereka, akan tetapi tidak ada kepercayaan dari sang pemilik usaha, mereka menganggap saya masih kecil dan belum siap berdagang, oke tidak masalah. Saya mencari lagi pemilik usaha lain, akhirnya saya mendapatkan kepercayaan dengan memperbolehkan membawa barang dagangannya, sedikit demi sedikit saya mulai belajar berdagang memulai usaha saya dari dagang. Waktu berlalu dan sekarang tidak sedikit orang yang mempercayai saya dengan menawarkan modalnya untuk saya kelola, akan tetapi tidak semua saya terima, karena saya memiliki peraturan sendiri dengan modal. Memulai usaha adalah saat yang berat, saat dimana kita kosong dan mencari angka 1, angka 1 tersebut adalah kepercayaan dari orang lain, saat ini apapun pekerjaan anda, jika anda memang ingin memulai usaha, maka segeralah mulai dan apapun kendala yang anda hadapi segera cari solusinya, hidup adalah perjuangan hidup adalah belajar.

Apa yang terjadi jika tidak memulai dari sekarang? maka anda akan segera dipaksa untuk memulai usaha. Saya memiliki beberapa teman yang merantau ke Jakarta, mereka bekerja menjadi buruh di sebuah PT besar dengan gaji yang tinggi, akan tetapi mereka tidak bisa terus menerus di sana, kebijakan PT yang hanya mengontrak mereka, serta umur yang terus bertambah dan fisik yang terus menurun menyebabkan mereka harus kembali ke kampung, dan kenyataan dimulai ketika berada di kampung dimana tidak ada lowongan pekerjaan yang layak dengan gaji besar, saat itu yang disarankan orang sekitar tentunya berdagang dan memulai usaha, akan tetapi mereka seakan enggan untuk memulainya, hingga keadaan memaksa mereka. Memulai usaha dengan paksaan sama saja bekerja di bawah tekanan, semua tidak nyaman. Apa yang datang tidak dari keinginan kita sendiri adalah musuh yang akan dihadapi. Pekerjaan nyaman yang dijalani sekarang tidaklah terus menerus, nantinya anda harus pensiun dan kehidupan masa tua anda mungkin akan dimulai dengan pengangguran tanpa pemasukan karena anda sudah tidak bekerja. Banyak orang sukses yang menjalani masa tuanya dengan menyedihkan, hidup kekurangan dan kehabisan harta benda, belum lagi ketika ditinggal anak dan cucu karena hanya dianggap beban, menyedihkan.

Pilihan kembali lagi di tangan anda, apakah anda mau memulai usaha sekarang atau menunggu keadaan memaksa anda untuk memulai. Jika pun anda sekarang masih bekerja, anda tetap bisa memulai usaha dengan mebuka usaha kecil yang anda serahkan pengerjaannya kepada orang lain, anda tidak usah berfikir untung dan rugi, anda hanya harus berjuang agar usaha tersebut bisa tetap berjalan, itu adalah tabungan anda untuk masa depan.

Wirausahakan Updated at: 11:53 PM

0 komentar:

Post a Comment