Cara Memasarkan Produk



Saat persiapan usaha sudah rampung, usaha sudah mulai berjalan, dan kini tiba saanya kita menjadi seorang penjual, entah apapun usaha anda, tapi anda adalah seorang penjual yang sedang berdagang (semua orang berdagang).

Beberapa cara memasarkan produk dan jasa dalam dunia usaha sudah dilakukan oleh banyak wirausahawan baik yang sudah lama berkecimpung ataupun mereka yang baru memulai, untuk mereka yang baru memulai seperti saya, maka terkadang terasa bingung dalam memasarkan produk atau jasa yang kita sediakan, disini saya ingin menuliskan apa yang sudah pernah saya lakukan dan yang ingin saya lakukan untuk promosi.

Cara pertama yang saya lakukan untuk memasarkan produk yang saya jual adalah dengan cara promosi kepada teman dan kenalan saya melalui jejaring sosial, itu cara yang lumayan bagus untuk usaha baru, dengan cara ini usaha yang saya jalankan sedikit demi sedikit mulai dikenal oleh orang lain.

Cara kedua yang saya lakukan adalah menunggu, tentu cara ini dilakukan jika usaha kita sudah mulai dikenal oleh orang lain, cara ini sangat tidak efektif jika masih dalam awal usaha karena sedikitnya orang yang tahu tentang usaha kita, saya pernah mengalami kejadian lucu ketika ada pelanggan datang ke toko, hanya untuk tahu apa yang saya jual, pelanggan itu hanya penasaran saja waktu itu. Menunggu disini bukan berarti kita pasif, akan tetapi kita memakai ilmu cicak tentunya.

Cara ketiga adalah mendatangi pelanggan, dengan membagi-bagikan brosur agar pelanggan tahu tentang usaha kita, atau kita juga bisa langsung menawarkan produk kita kepada para pelanggan, cara ini juga sering dilakukan dari pintu ke pintu.

Cara keempat adalah mendatangi pusat keramaian seperti pasar atau bazar yang ada, ikut masuk ke dalamnya dan pasarkan produk anda, dalam cara ini kita akan lebih banyak mengenal pelanggan dengan kriterianya masing-masing dan kita tentu akan lebih banyak memasarkan produk karena itu adalah tempat para pelanggan mencari barang.

Cara kelima adalah dengan duduk manis di toko dan biarkan reseller yang memasarkan produk anda, cara ini adalah sebuah sistem yang bagus, tapi jangan harap anda dapat memiliki sistem ini dengan cepat dan mudah.

Cara keenam adalah dengan pemasaran melalui mulut ke mulut dari pelanggan anda, disini anda akan mendapatkannnya secara cuma-cuma, apakah tanpa usaha? tentu tidak! Kita harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan, jadikan mereka sahabat kita, dan mereka akan ikut memasarkan produk kita secara cuma-cuma.

Sebenarnya masih banyak cara memasarkan produk atau jasa kita dalam dunia wirausaha, akan tetapi saya hanya ingin menuliskan 6 cara saja, mungkin suatu saat nanti saya akan menambahkan cara pemasaran yang lain agar bisa membantu pembaca dalam memajukan usahanya.


Wirausahakan Updated at: 1:03 AM

0 komentar:

Post a Comment