Akhirnya Penghasilan Saya Mencapai Target Setelah 7 Tahun Berjuang

Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa saya sedang aktif di YouTube, mencoba peruntungan dalam dunia video. Bisa dibilang, saya seperti mencari media lain karena sudah cukup lama ngeblog dan nyatanya belum bisa. Yah, bisa saya bilang bahwa saya memang belum bisa ngeblog.


Kalau dipikir-pikir, sebenarnya saya sudah memiliki banyak sekali blog dengan jumlah artikel yang juga banyak. Ada blog yang artikelnya ribuan, sempat menyentuh trafik yang lumayan besar, tapi kemudian turun perlahan dan saya juga kehilangan semangat untuk mengisi artikel kembali seperti sebelumnya.

Untuk kemampuan menulis, saya juga pernah aktif dan berkontribusi di BaBe selama beberapa lama. Yah, meski saya memang belum begitu baik dalam hal tulisan, tapi seenggaknya saya punya sedikit skil yang bisa dibanggakan :D

Saya cukup aktif sebagai penulis artikel dan pembuat video sudah cukup lama. Bisa dibilang saya adalah pembuat konten, yang kata temen saya, saya masuk dalam golongan gagal. Mungkin karena hasil yang saya terima memang sangat minim dan saya terlihat hanya menyia-nyiakan waktu dan kesempatan untuk sesuatu yang tidak pasti.

Perjuangan saya untuk mendapatkan hasil yang layak dari dunia online memang terbilang sangat berat. Saya memulainya dari 0, tanpa mentor, tanpa pengetahuan yang mumpuni, tanpa perlengkapan yang mendukung.

Saya masih ingat blog-blog yang saya buat, dengan kerja keras mengisi artikel setiap harinya, trafik perlahan naik, menghasilkan uang sedikit demi sedikit. Itu adalah perjuangan yang sangat berat karena setelah dipikir-pikir, hasilnya sangat minim.

Kalau orang lain sudah bisa gajian lancar aben bulan, saya masih harus gajian 2-3 bulan sekali. Itung-itung buat ganti paketan internet.

Tapi rejeki emang nggak kemana sih. Ketika aktif menulis di BaBe, penghasilan mulai meningkat. Setelah lama berjuang di blog, rejeki datang melalui media lain. Kita emang nggak tau dari jalan mana Tuhan mau memberikan rejekinya.

Ketika program menulis di BaBe sudah berhenti, saya sempat kebingungan dan kehilangan arah. Perlahan saya mulai aktif ngeblog lagi dan mengisi konten di dalam blog tersebut. Tapi rasanya sudah tidak seperti dahulu lagi.

Tuhan menuntun saya untuk mencoba peruntungan di YouTube. Saya belajar membuat video, mencari trafik dan mencoba memperbaiki kesalahan demi kesalahan yang saya perbuat. Sempat ditolak berkali-kali hingga akhirnya saya diterima di program periklanan YouTube.

Alhamdulillah, dari YouTube inilah penghasilan saya bisa melejit dengan cepat. Yang awalnya belum bisa gajian bulanan, sejak awal diterima di YouTube saya sudah mulai bisa menikmati gajian aben bulan karena trafik channel lumayan tinggi.


Satu lagi pencapaian saya setelah hampir 7 tahun berjuang adalah penghasilan bulanan yang mencapai 3 digit. Setahu saya, 3 digit itu nominal ribuan dollar, karena kalau 2 digit masih ratusan dan satu digit puluhan dolar. Meski hanya batas awal 3 digit, tapi itu adalah pencapaian yang sangat hebat bagi saya pribadi.

Terlebih, saya mendapatkan pencapaian itu ketika masa pandemi seperti saat ini. Ketika usaha offline saya harus mandek, Tuhan masih memberikan rejeki melalui bisnis online yang sudah lama saya perjuangkan dan mulai berbuah. Alhamdulillah.

Wirausahakan Updated at: 3:28 AM

0 komentar:

Post a Comment