Catatan Usaha Akhir Tahun 2019

Tahun yang berat. Yah, saya katakan seperti itu karena di tahun 2019 ini banyak sekali kejadian yang membuat saya cukup pusing. Saya kehilangan banyak pemasukan dan pengeluaran hidup tidak berkurang sama sekali sehingga keuangan saya cukup parah dan memilukan. Kondisi di sekitar juga menambah masalah berikutnya sehingga tahun ini bisa dibilang adalah cobaan yang berat bagi saya pribadi dan usaha yang saya jalankan. Ada yang sama?


Awal tahun 2019 saya cukup optimis meski berangkat dari masalah di tahun 2018 karena usaha sepi dan beberapa sumber pemasukan dari bisnis online berkurang akibat penghentian kerjasama dan kehilangan banyak pengunjung blog.

Usaha offline saya mengalami penurunan penjualan yang parah, bisa dibilang paling parah ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, jika dihitung dan dibandingkan dengan pengeluaran usaha, terkadang hasil bulanan tidak bisa untuk menutupnya. Lalu apa kabar kebutuhan hidup saya?!

Tahun-tahun sebelumnya keuangan saya masih terbantu oleh pemasukan dari bisnis di dunia maya, tapi di tahun 2019 saya kehilangan banyak sumber pemasukan dan membuat saya semakin terpojok. Tapi, saya selalu yakin bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan hamba-Nya kesulitan tanpa menunjukkan jalan keluar.

Situasi di tahun 2019 tidak mendukung saya untuk berkembang. Suasana negeri yang sedang panas ditambah musim kemarau yang panjang membuat hasil pertanian tidak bisa diharapkan. Saya ingat ketika bapak bilang kalau sawah yang biasanya menghasilkan beberapa karung padi, hanya menghasilkan 5 kg beras saja.

Jangankan memikirkan hasil pertanian, bahkan air tidak mengalir dan kekeringan dimana-mana. Hasilnya, untuk minum saja sudah bingung, apalagi untuk mandi dan memikirkan pengairan di sawah dan kebun.

Para petani kekurangan uang, mereka memilih untuk menghemat pengeluaran dan tentu saja berdampak kepada sektor usaha lain yang berhubungan.

Selama tahun 2019 ini, saya yang mengalami masalah dengan usaha dan keuangan pribadi terus berusaha mencari celah pemasukan. Saya jalani usaha apa adanya, bersikap biasa saja seperti tidak ada masalah dan sembari terus berkarya. Saya terus membuat konten di beberapa blog dan coba membangun channel YouTube.

Di akhir tahun 2019, hujan mulai turun dan usaha saya yang sebelumnya sepi juga terdampak dengan datangnya hujan sehingga penjualan mulai meningkat. Selain itu, trafik blog saya juga mulai meningkat dan menambah pemasukan. Channel YouTube yang saya bangun sepanjang tahun 2019 mulai menampakkan hasil karena beberapa sudah termonetisasi dan menghasilkan uang. Alhamdulillah ...

Belajar dari tahun yang berat ini, kita harus bisa bertahan dari berbagai cobaan yang datang silih berganti. Bahkan, untuk usaha yang bisa dibilang tidak menghasilkan sama sekali, harus tetap kita pertahankan karena kita tidak tahu kapan Tuhan akan memberkan rejekinya melalui usaha yang kita jalankan itu.

Harapan di tahun 2020 semoga usaha bisa berkembang, entah di dunia nyata atau di dunia maya. Semoga puasa panjang di tahun 2019 bisa menghasilkan di tahun 2020 dan kehidupan semakin membaik untuk kita semua.

Wirausahakan Updated at: 1:11 AM

0 komentar:

Post a Comment