Ngobrolin Bisnis Online Bersama Seorang Full Time Blogger

Belum lama ini saya bertemu dengan seorang kenalan baru, kami bertemu di sebuah tempat karena hobi yang sama. Awalnya saya tidak terlalu mempedulikannya karena kami belum akrab, tapi perlahan kami ngobrol basa-basi hingga akhirnya nyambung satu sama lain. Akhirnya saya ajak dia ke rumah untuk ngobrol-ngobrol di tempat yang lebih enak, sembari ngopi tentunya.


Setelah sampai di rumah, saya membuat kopi hitam yang sangat cocok untuk teman ngobrol selama berjam-jam. Dia juga sepertinya merasa cocok ngobrol dengan saya karena punya hobi dan pekerjaan yang hampir mirip. Buktinya baru kenal aja diajak main ke rumah yang notabene jauh nyatanya mau dan ngobrol di rumah lumayan lama.

Ternyata dia adalah seorang full time blogger yang saat ini sedang mencoba peruntungannya di dunia YouTube. Itu menurut pengakuannya, entah dia punya pekerjaan atau usaha lain saya kurang paham karena saya lebih tertarik dengan rekam jejaknya di dunia maya.

Ngobrol ngalor-ngidul ketemunya tetap membahas tentang keadaan di dunia maya dimana saat ini masih jamannya media sosial, marketplace, aplikasi dan menyisakan orang-orang lama dalam dunia blogging. Yah, bisa dibilang saya dan dia adalah orang lama yang masih bertahan di dunia penulisan artikel karena sebagian besar yang lain sudah hijrah ke pekerjaan baru, entah di dunia nyata atau tetap di dunia maya namun dengan hal baru yang tentunya lebih menarik.

Dari pengakuannya, saat ini ia masih aktif mengisi konten blog pribadi miliknya dengan berbagai artikel terbaru yang tengah ramai diperbincangkan. Katanya, ia hanya mengurusi satu blog yang sudah dia tekuni sejak masih sekolah di bangku putih abu-abu. Dari satu blog itu saja, ia bisa gajian setiap bulannya, wow banget.

Saya yang pencapaiannya masih jauh di bawahnya kemudian mulai kepo dan bertanya banyak hal tentang dunia yang kami jalani ini. Ia mengaku bahwa ngeblog sudah jadi hobi, ia juga tidak terlalu ahli tentang ilmu SEO dan hanya sedikit paham tentang coding pemrograman. Senjata utamanya dalam ngeblog adalah artikel yang menarik serta promosi di media sosial.

Dengan trafik puluhan ribu per harinya, ia bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, setidaknya bisa PO setiap bulannya. Yah, seharusnya kalian yang sejalan juga paham maksudnya kan yah?

Selain mengurusi blog pribadinya, ia juga menawarkan jasa penulisan artikel kepada beberapa rekan blogger yang tak lain adalah temannya sendiri. Katanya ia punya banyak rekan yang bekerjasama dengannya untuk memesan artikel berkualitas.

Seorang full time blogger dan content writer yang cukup menarik.

Tak mau hanya jadi seorang pendengar, saya juga membagikan beberapa pengalaman pribadi di dunia maya. Mulai dari mengurusi beberapa blog amatir yang sudah berjalan cukup lama walau hasilnya belum maksimal, pengalaman menjadi penulis konten di agregator besar, menjadi kontributor di sebuah perusahaan aplikasi berbasis video, serta petualangan baru di dunia YouTube.

Saya mendapatkan beberapa informasi dan semangat baru untuk dunia penulisan, sementara ia mendapat sedikit cerita dari saya tentang YouTube. Yah, bisa dibilang ini adalah obrolan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Obrolan kami begitu serius hingga tak sadar waktu sudah begitu larut dan dia pamitan untuk pulang ke rumahnya. Saya yang sudah bertemu dengan orang yang bisa dibilang sejalan, akhirnya punya semangat baru, setidaknya untuk mengejar ketertinggalan saya darinya dan semoga ke depannya bisa punya pencapaian yang lebih darinya.

Wirausahakan Updated at: 8:56 PM

0 komentar:

Post a Comment