Musim Kemarau Tahun 2019 dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Musim kemarau adalah salah satu musim yang dinantikan sebagian orang dan dibenci oleh sebagian lainnya. Tergantung seberapa menguntungkan musim kemarau terhadap kepentingan masing-masing. Nah, di tahun 2019 ini musim kemarau terjadi cukup lama dan menyebabkan banyak masalah seperti kekeringan, kebakaran hutan, penyebaran penyakit dan lain sebagainya.


Saya tidak menyalahkan kehadiran musim panas ini karena Tuhan yang Maha Kuasa atas segala musim yang terjadi di bumi yang kita tinggali ini. Namun saya mau sedikit bercerita, bagaimana efek musim kemarau tahun yang seakan menjadi penyebab dari beberapa masalah dalam usaha dan kehidupan saya.

Efek musim kemarau begitu terasa ketika air PDAM mulai mengering dan menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Kolam ikan kekurangan air dan ikan mati. Lalu berlanjut dengan tanah yang mengering dan menyebabkan tanaman mati. Pun begitu dengan sawah yang sedang ditanami padi, mereka mengering kekurangan air, yang hendak panen juga terkena hama.

Sawah bapakku yang biasanya menghasilkan beberapa karung beras, musim panen kali ini mungkin hanya mendapatkan hasil panen di kisaran 2-3 kg saja. Bisa dibayangkan?

Penyakit yang menyebar di musim kemarau ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari debu yang berterbangan, angin dingin dan lain sebagainya. Tetangga ada beberapa yang masuk rumah sakit karena penyakit yang entah karena musim kemarau atau bukan, tapi seperti berbarengan dan sakit flu & batuk seperti semakin banyak saja.

Kondisi musim kemarau yang mulai membuat panik ini kemudian seakan menular kepada sumber penghasilan. Sebelum admin bercerita tentang keadaan usaha admin, ada baiknya admin menceritakan beberapa keluhan dari orang terdekat admin selama ini.

Mulai dari pengurangan karyawan yang terjadi, pengurangan jam lembur, pemotongan gaji, persaingan bisnis, kebutuhan yang semakin meningkat, utang menjerat dan lain sebagainya seperti menjadi berita umum yang hampir setiap hari admin dengan dari keluhan orang terdekat.

Admin pun sama, usaha yang sudah dirintis selama bertahun-tahun seperti terjebak dan saat ini sedang bingung mau kemana langkah kaki ini melaju. Musim kemarau mempengaruhi usaha admin, sehingga pemasukan turun begitu drastis. Ditambah lagi dengan kebutuhan yang semakin banyak, lalu rekan kerjasama yang sebelumnya membantu usaha admin tiba-tiba saja menghilang dan mendapat masalah.

Tahun 2019 ini admin mulai kehabisan modal karena kebutuhan mendadak yang terpaksa harus menggunakan modal usaha. Walaupun sekuat tenaga menjaga agar tidak menggunakan modal usaha, namun jika sudah berurusan dengan kebutuhan mendesak seperti pengobatan dan urusan nyawa, maka mau tak mau harus merelakannya. Yah, kita begitu lemah dengan keadaan buruk seperti itu.

Jika bisnis anda terasa sepi dan seperti mau bangkrut, mungkin anda tidak sendirian karena banyak yang mengalaminya. Admin hanya mencoba untuk terus bertahan dengan keadaan yang buruk ini. Berdo'a kepada Tuhan agar keadaan buruk ini segera berakhir dan berganti dengan kondisi yang baik dan menguntungkan.

Sekali lagi, admin tidak menyalahkan musim kemarau karena itu adalah kehendak Tuhan, admin hanya menuliskan beberapa keluhan atas pengaruh musim kemarau ini terhadap keadaan kehidupan dan bisnis yang admin jalani. Dan mungkin keadaan kalian juga sama?

Wirausahakan Updated at: 9:15 PM

0 komentar:

Post a Comment