5 Bisnis yang Bisa Kamu Kembangkan dari Hobi Memancing

Memancing merupakan salah satu hobi yang banyak dijalani orang di seluruh dunia, entah di kutub sana maupun di Indonesia yang punya banyak sungai. Bagi orang yang tidak suka memancing, hobi ini akan dianggap sebagai kegiatan yang membosankan dan menghabiskan waktu saja. Padahal saat memancing itu adalah waktu paling membahagiakan bagi para pemancing. Uji kesabaran untuk menunggu umpan disambar ikan dan menikmati tarikan demi tarikan ikan di dalam air, ah tentu saja ini adalah momen yang sangat menyenangkan bagi para pemancing.

image source : ellsworth..af.mil

Sebagian orang, khususnya yang tidak suka memancing, akan memandang sebelah mata kegiatan yang katanya menghabiskan waktu ini. Mereka mengira jika memancing hanya menghabiskan waktu untuk kegiatan yang tidak menghasilkan. Padahal sebenarnya ada potensi menghasilkan uang dibalik hobi yang satu ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis menguntungkan yang bisa dikembangkan dari hobi memancing :

1. Membuka toko pancing

Ketika kita memancing, setidaknya kita akan menemukan beberapa kenalan baru yang punya hobi sama. Dari situ saja, sebenarnya sudah ada peluang bisnis yang bisa diambil jika kita jeli mengamatinya. Perhatikan kebutuhan para pemancing, mulai dari joran, pancing, senar, pelampung, tas pancing, wadah ikan dan lain sebagainya.

Kita bisa mulai mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari hobi yang satu ini. Caranya, kita mulai jualan perlengkapan mancing. Pengetahuan kita tentu akan jadi jaminan bagi para pelanggan yang tak lain adalah kenalan para pemancing.

Perlu kalian tahu, bisnis jual beli alat pancing ini keuntungannya lumayan besar. Saya sendiri pernah menjalaninya dan dari satu wadah pancing saja, jika dijual eceran bisa menghasilkan keuntungan lebih dari 2 kali lipat dari harga belinya. Belum lagi barang-barang lain yang harganya murah namun sangat dibutuhkan.

Tips membuka toko pancing agar ramai dan menguntungkan adalah dengan melengkapi produk pancing dan kelengkapan lainnya. Usahakan cari yang murah dan lengkap, InshaAllah banyak orang yang datang dan membeli di toko baru anda.

2. Membuka kolam pemancingan umum

Punya lahan yang belum dimanfaatkan dengan maksimal? Saatnya membuka kolam pemancingan umum. Silakan buat kolam khusus untuk pemancingan, sediakan ikannya dan mulailah mendatangkan pemancing ke tempat anda.

Sistem penyewaan di kolam berbeda-beda, bisa per jam, bisa per kilo, bisa dihitung dari hasil yang tertangkap dan lain sebagainya. Tentunya menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Tapi kira-kira saja, jika harga ikan 20 ribu per kilo, kita bisa menjualnya di kisaran 25-30 ribu, karena sudah termasuk biaya penyewaan kolam.

Untuk mencari keuntungan lain, kita bisa menyediakan aneka makanan dan minuman di kolam sehingga keuntungannya semakin banyak.

3. Membuka rumah makan

Kalau usaha yang satu ini bisa dibilang kelanjutan dari bisnis kolam pemancingan karena saat ini banyak orang yang menyukai tempat makan seperti ini. Sistemnya kita memberikan kolam pemancingan kepada pengunjung dan menyiapkan tempat memasak, sehingga setelah mereka memancing ikan, bisa langsung menikmatinya di tempat dengan suasana yang nyaman dan asri.

Untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan modal yang lumayan besar dengan bantuan karyawan yang ditempatkan di masing-masing tempat. Ada yang menjaga kolam dan membantu pengunjung menangkap ikan, ada yang bertugas di dapur untuk menyiapkan makanan dan ada pula yang mengurusi kebutuhan dan kelengkapan di rumah makan ini.

Kabarnya harga makanan di tempat seperti ini lumayan mahal karena pelayanan adalah hal yang diutamakan dengan tujuan agar pelanggan bisa nyaman dan betah berada di tempat ini.

4. Menjadi peternak dan penjual ikan

Usaha lain yang bisa dikembangkan dari hobi memancing adalah menjadi penjual ikan, terserah mau ikan konsumsi atau ikan hias. Modal dari memancing setidaknya kita paham jenis ikan, harganya dan ketenarannya. Misalnya saja, ikan gurame yang merupakan salah satu jenis ikan konsumsi paling disukai, kita yang hobi memancing setidaknya sudah paham dengan kondisi ikan ini, perkiraan harganya dan cara merawatnya.

Menjadi penjual ikan adalah salah satu bisnis yang terbilang sangat menguntungkan, apalagi jika kita punya langganan dari penjual di pasar, rumah makan dan rekan bisnis lain yang membutuhkan ikan setiap harinya.

Biasanya, ketika penjual ikan sudah mulai berjalan, maka di rumahnya akan mulai memelihara ikan untuk stok jualannya. Jika usaha ini ditekuni, kita bisa mengambangkannya menjadi sebuah peternakan ikan dan hasilnya dijual sendiri. Tentu dengan harga yang lebih tinggi dong, namanya penjual.

5. Menjadi YouTuber

Satu lagi profesi yang bisa dikembangkan dari hobi memancing adalah menjadi seorang YouTuber. Bagaimana caranya? Kita tinggal menjalani hobi memancing, namun harus membawa kamera atau sekedar hape untuk merekam kegiatan kita. Mulai dari berangkat, memasang pancing, mencari spot memancing, memasang umpan, menarik ikan dari dalam air dan menunjukkan hasil pancingan. Buatlah video sedikit demi sedikit, nanti tinggal digabungkan menjadi sebuah video yang menarik dan diunggah ke akun YouTube kita.

Ketika sudah banyak yang subscribe channel kita dan tayangan videonya sudah banyak, maka daftarkan channel kita ke program periklanan dari YouTube dan dapatkan penghasilan yang lumayan banyak dari hobi kita.

Sudah banyak YouTuber tukang mancing yang sukses dan menghasilkan banyak uang, video mereka berfokus pada hobi memancingnya dan ternyata banyak yang menyukai videonya. Lalu kenapa anda tidak mencoba merekam hobi memancing anda dan membangun channel YouTube anda sendiri sehingga bisa mendapatkan uang seperti mereka?

Nah, itulah 5 bisnis yang bisa dikembangkan dari hobi memancing. Kira-kira mana yang kalian minati dan ingin segera menjalankannya?

Wirausahakan Updated at: 5:21 AM

0 komentar:

Post a Comment