Usaha Kuliner Berkembang Pesat Setelah Bergabung dengan Go-Food dan GrabFood

Gojek dan Grab mungkin masih dikenal sebagai 2 perusahaan yang berfokus kepada jasa ojek dan taksi saja. Padahal bisnis mereka sangat banyak di berbagai jenis, seperti bisnis makanan, bisnis antar barang, pembayaran online, pembelian tiket, pembelian pulsa dan lain sebagainya. Banyak sekali jasa yang mereka tawarkan sehingga keduanya bisa berkembang pesat di Indonesia.


Berbicara tentang layanan bisnis yang ditawarkan Gojek dan Grab, saya akan membahas tentang layanan jasa beli dan antar makanan yang saat ini terus berkembang dan semakin memanjakan masyarakat Indonesia. Saya tidak akan membahas sistem Go-Food atau GrabFood, namun saya akan membahas efek positif yang mereka bawa untuk para pengusaha kuliner kecil.

Saya mengenal salah satu penjual makanan di pinggir jalan, ia menjual batagor, siomay, cemilan dan minuman untuk para pengunjungnya. Awalnya usaha ini biasa saja, meski masih menggunakan gerobak untuk jualan, namun sudah mangkal di satu tempat sehingga banyak orang yang senang makan di sini termasuk saya. Tempatnya memang sempit namun bisa digunakan untuk makan dengan nyaman dan bersantai sejenak dari aktivitas harian.

Usaha kuliner penjual batagor dan siomay ini awalnya terkesan mandeg tak berkembang, mereka melayani pelanggan dengan sistem jadul tanpa perkembangan yang berarti. Bahkan penjualnya saja jarang memakai handphone, mungkin juga tak terlalu paham dengan internet.

Namun dari sekian banyak pelanggan yang datang ke tempat ini, ada beberapa abang ojek online yang sering mampir saat menunggu orderan sembari makan disini. Dari situlah penjual ini mendapat saran dan informasi yang sangat berguna untuk perkembangan bisnisnya ke depan. Ia diajari memanfaatkan smartphone miliknya untuk bisa mengakses internet dan mempelajari aplikasi makanan online.

Singkat cerita si penjual batagor ini mendaftarkan usaha kulinernya ke aplikasi Go-Food dan GrabFood dan diterima. Ia kemudian mulai mendapatkan pesanan dari para pelanggan yang secara perlahan namun pasti membuat omsetnya semakin besar dan tentu saja menambah pundi-pundi keuntungannya dari jualan makanan ringan ini.

Semakin kesini, orderan makanannya semakin banyak dan dia juga terus belajar untuk mengembangkan bisnisnya melalui program online itu. Ia kemudian berbenah, menambah beberapa fasilitas untuk membuat bisnisnya lebih profesional. Di tempatnya kemudian dipasang WiFi gratis, memakai struk modern, memberikan promosi, dan menambah beberapa hal yang membuat tempat usahanya nyaman untuk nongkrong.

Kini omset bisnisnya terus berkembang pesat, yang dulunya harus jualan sampai jam 9 malam, kini jam 6 malam saja terkadang sudah habis dan mulai kewalahan untuk melayani pesanan, sampai-sampai harus menambah karyawan untuk membantu menjalankan bisnis kulinernya tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa didapat jika mau menerima perkembangan teknologi, selain membantu perkembangan bisnis kita agar lebih maju, kita juga bisa promosikan usaha melalui media online dan membuat usaha kita semakin dikenal, selain itu ada pula beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan jika mau belajar tentang sistem di bisnis online yang saat ini menjadi salah satu ujung tombak dari perkembangan bisnis.

Wirausahakan Updated at: 9:22 PM

0 komentar:

Post a Comment