10 Jenis Usaha yang Terlihat Sepele, Tapi Keuntungannya Melimpah

Saya ingat cerita teman yang katanya masih suka dinyinyirin tetangga karena usahanya dianggap sepele dan tidak menjanjikan. Padahal dari bisnis sederhana yang ia jalankan itu, keuntungannya berkali-kali lipat lebih besar ketimbang gaji para pekerja kantoran sekalipun.

source : suratkabar

Banyak sekali jenis usaha yang disepelekan dan dipandang remeh oleh orang lain, namun sebenarnya punya prospek yang sangat menjanjikan. Nah, dalam tulisan kali ini, saya ingin mencoba membagikan beberapa jenis usaha yang terkadang dipandang sebelah mata tapi nyatanya punya keuntungan yang luar biasa.

Jenis usaha yang sepele tapi menguntungkan itu diantaranya adalah :

1. Jualan buah di pinggir jalan

Menjual buah segar di pinggir jalan mungkin bukan sebuah pilihan yang bagus untuk orang yang pemalu dan gengsian. Tapi sebenarnya bisnis yang satu ini semakin banyak diminati karena menguntungkan. Modal yang dibutuhkan juga terbilang kecil jika harus dibandingkan dengan membuka kios buah.

Modalnya kecil, yang penting punya lapak di pinggir jalan, cukup sediakan meja atau tikar untuk menggelar dagangan. Buah yang dijual juga tidak terlalu beragam, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu membengkak. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa lapak, kecuali jatah preman atau iuran ke pihak berwajib.

Keuntungan jualan buah di pinggir jalan diantaranya adalah :

  • dipandang murah dan diminati banyak orang
  • promosi langsung ke pengguna jalan
  • keuntungan melimpah karena pengeluaran juga terbilang kecil

Pengalaman pribadi ketika ikut teman jualan buah di pinggir jalan, keuntungan per harinya sekitar 100ribu hingga 200ribu, kalau lagi ramai banget dan banyak pesanan malah bisa ngantongin untung hingga 1jutaan.

2. Jualan cilok

Jangan menyepelekan penjual cilok keliling di sekitar anda, mereka cukup jualan 4-6 jam perhari dan bisa mendapatkan keuntungan di atas 100 ribu. Belum lagi yang punya beberapa cabang dan penjualannya sudah profesional, silakan dibayangkan.

Temenku jualan cilok, punya 5 pegawai yang ikut jualan dan sehari bisa mendapatkan keuntungan sekitar 500 ribu. Meski masih dianggap pedagang kecil yang kadang malah disepelekan, namun dengan keuntungan sebesar itu, hanya menunggu waktu saja hingga ia bisa menunjukkan tajinya kepada orang-orang yang sering menyepelekannya.

Jenis jualan yang mirip seperti batagor, siomay, cilor, cireng dan lain sebagainya juga sama saja, meski masih dianggap remeh namun nyatanya menguntungkan dan banyak peminatnya.

3. Jasa vermak pakaian

Para penjahit yang dulunya bekerja di pabrik atau bisnis konveksi rumahan, banyak yang keluar dan malah buka jasa vermak pakaian. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan mereka lebih simpel dengan hasil yang lebih besar.

Saya pernah mendengar pengakuan seorang penjahit yang sebelumnya bekerja di konveksi dengan durasi kerja sekitar 15-20 jam sehari dengan penghasilan dibawah 1juta setiap minggunya. Setelah nekat keluar kerja dan buka jasa vermak pakaian, ia hanya bekerja sekitar 8-10 jam per hari dengan penghasilan sekitar 200ribu dalam satu hari.

Gimana gak dapat banyak duit, biaya menambal pakaian sobek aja sekitar 7ribu, nah dalam sehari bisa mendapatkan sekitar 20 pakaian. Modalnya terbilang minim banget, cukup mesin jahit bekas, benang, jarum dan kebutuhan menjahit lainnya yang bisa didapatkan dengan harga murah.

Selain itu, pekerjaan dalam vermak pakaian lebih ringan dengan bayaran yang besar, ketimbang harus membuat pakaian yang butuh waktu panjang dan fokus kerja yang begitu melelahkan.

4. Jualan bumbu dapur

Jualan sayur keliling memang cukup menguntungkan, namun sulitnya mendapatkan sayur segar dengan harga murah terkadang menjadi kendala. Nah, daripada susah sendiri, mending jualan bumbu dapur saja. Tinggal ke pasar, beli produknya dengan harga terjangkau, jualin keliling deh.

Keuntungan jualan bumbu dapur memang tidak terlalu besar, namun dengan kebutuhan ibu-ibu terhadap bumbu dapur setiap harinya, maka ini adalah sebuah jenis usaha yang prospeknya berkelanjutan dan bisa jadi langganan.

Penjual bumbu dapur di tempatku selalu dinantikan oleh ibu-ibu, bahkan terkadang barang dagangannya sudah habis duluan sebelum sampai di komplek saya karena katanya dia punya banyak pelanggan setia. Jam kerjanya dimulai jam 5 pagi dan jam 9 sudah selesai, tinggal ngitung keuntungannya.

5. Jualan minuman

Penjual minuman yang saya maksud adalah penjual di pinggir jalan dan di depan toko yang terkadang terlihat ngantuk saat menunggu pembeli. Sebenarnya mereka ngantuk bukan karena dagangannya sepi, tapi karena kelelahan melayani pembeli dan menahan cuaca panas di luar ruangan.

Omset jualan minuman di pinggir jalan memang luar biasa, apalagi jika cuaca lagi panas. Jenis minumannya juga sangat beragam, mulai dari yang lumayan berkelas seperti olahan susu, minuman franchise dan lain sebagainya yang biasa dijual di kisaran 10ribuan. Atau jenis minuman biasa seperti es buah, es cendol, es cau, es teh, es jeruk, es kelapa hijau dan lain sebagainya.

6. Jual beli handphone bekas

Kalau tidak salah, saya pernah menulis jenis bisnis yang satu ini di artikel sebelumnya. Jadi, ada para pengusaha barang bekas yang bisa meraup keuntungan berlipat-lipat, salah satunya pengusaha handphone bekas. Mereka membeli handphone rusak yang terlihat mati total dengan harga yang sangat murah di kisaran 5ribu hingga 50ribu dan setelah diperbaiki bisa dijual lagi dengan harga di kisaran 100ribu hingga jutaan, tergantung jenis handphonenya.

Untuk memulai bisnis yang satu ini, setidaknya punya kenalan tukang service handphone dan paham dengan keadaan handphone sehingga bisa memperkirakan harganya. Kalau lagi pas, untungnya bisa 10kali lipat lebih dari satu handphone bekas yang didapatkan.

Tapi wajib waspada juga, jangan sampai terlibat dengan bisnis ilegal dan malah harus berurusan dengan hukum karena dikira penadah barang curian.

7. Jasa potong rambut

Barbershop langganan saya punya tarif potong rambut 10ribu, dia buka dari jam 9 siang dan tutup jam 6 sore, namun dalam satu hari bisa mendapatkan pelanggan hingga puluhan orang dan mereka mau antri. Jika dapat 20 pelanggan saja, maka ia bisa mengantongi uang hingga 200 ribu.

Mencukur rambut satu pelanggan biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 menitan saja, jika sehari 20 orang maka menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam. Dengan durasi kerja yang tak terlalu lama itu, bisnis berbasis jasa ini sudah menghasilkan uang yang lumayan besar.

8. Jualan gorengan

Dulu saya pikir jualan gorengan itu merupakan sebuah usaha yang sepele (mohon maaf untuk para penjual karena ketidak tahuan saya). Namun setelah ngobrol dan diberitahu, ternyata saya bukan apa-apanya dibandingkan mereka dari segi penghasilan.

Dalam satu hari, omset mereka bisa mencapai jutaan dan keuntungannya sekitar 50% dari omset tersebut. Tidak butuh promosi berlebihan, pelanggan datang kembali dan harganya stabil meski ekonomi terus bergejolak.

Saat ini saya malah punya keinginan untuk menjadi penjual gorengan dan semoga ke depannya ada jalan untuk memulai bisnis yang satu ini.

9. Jualan pakaian bekas

Pakaian bekas mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang, namun toh nyatanya masih banyak yang menyukainya. Apalagi jika pakaian bekas yang dijual adalah yang punya nama besar, tentu saja mereka akan tetap memburunya karena jika harus membeli yang baru harganya terlalu mahal, ditambah kualitasnya juga gak jauh berbeda.

Masalah yang biasa ditemui oleh pelaku usaha ini adalah sulitnya mendapatkan agen pakaian bekas yang berkualitas dengan harga yang bersahabat.

10. Jasa titip beli

Melihat orang yang promosi titip beli di media sosial terkadang membuat saya bingung, tapi setelah saya pelajari, ternyata ini bisnis yang lumayan bagus. Meski agak susah mendapatkan kepercayaan pelanggan, namun jika sudah jalan malah bisa kebanjiran orderan dan harus menyiapkan modal yang lebih besar.

Keuntungan jasa titip beli adalah perbedaan harganya, dan satu produk yang lumayan mahal bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan atau ratusan ribu. Nah, jika orderannya puluhan atau ratusan, maka keuntungannya juga berlipat, bukan?!

Yah, itu adalah beberapa jenis usaha yang terkadang dianggap remeh dan sepele namun sebenarnya menguntungkan dan berpotensi menjadi sumber penghasilan yang bagus ke depannya. Ada yang mau mencoba salah satunya?

Wirausahakan Updated at: 2:33 AM

0 komentar:

Post a Comment