Tahap Demi Tahap Jualan Buah Musiman di Pinggir Jalan Hingga Bisa Buka Kios Buah

Berawal dari kisah yang cukup memilukan ketika ada seorang yang ingin makan durian tapi tidak punya uang untuk membelinya hingga ia nekat menunggui durian jatuh tengah malam dan akhirnya malah ketemu sama hantu, kini ia malah punya kios buah yang lumayan menjanjikan dengan produk jualan yang semakin banyak.

ilustrasi by : blogs.uajy.ac.id

Saya tidak akan menceritakan pengalaman horor yang dialami oleh orang ini, tapi saya akan menceritakan tahap demi tahap usahanya bisa berkembang dan hasilnya cukup menggiurkan.

Jadi ceritanya teman saya mulai jualan durian dengan modal ratusan ribu hasil minjem sana-sini. Masalah demi masalah ternyata tak membuatnya mundur, meski beberapa kali rugi besar karena durian yang busuk dan tidak layak konsumsi. Tapi manisnya durian sebanding dengan manisnya keuntungan yang bisa didapatkan, sehingga ia tetap bertahan.

Awalnya ia jualan online, kirim kesana-kemari, tapi lama-lama lelah dan akhirnya mulai mengincar pedagang besar agar barang dagangannya bisa masuk ke lapak besar itu. Meski keuntungannya minim tapi ia bisa cepat memutar modal dan mendapatkan hasil dengan cepat tanpa kerja yang begitu menguras tenaga dan waktu.

Setelah ia mempelajari pedagang besar, akhirnya ia pun nekat membuka lapak sendiri di pinggir jalan dengan menjual duriannya sendiri ke pembeli secara langsung. Meski butuh perjuangan, tapi keuntungan yang didapat bisa maksimal dan lama kelamaan lapaknya ramai.

Pada momen itu ia tidak santai karena bisnisnya berkembang, ia pun berfikir jika musim durian usai maka ia akan kebingungan untuk menjual buah durian. Hingga akhirnya ia mulai mengincar buah lain, seperti duku, nanas, rambutan, mangga, naga dan lain sebagainya.

Lapak yang awalnya berisi belasan buah durian saja, kini sudah menyediakan banyak jenis buah musiman yang terlihat segar dan menggoda pengguna jalan yang lewat. Omsetnya terus meningkat dan keuntungan dair bisnis buah juga lumayan besar, kalau tidak salah bisa 2x lipat bahkan lebih, mengingat resiko buah yang tidak bisa bertahan lama.

Melihat teman saya sudah punya usahanya sendiri membuat saya semakin semangat untuk terus berkembang. Dia yang awalnya sampai kepengin makan durian hingga menunggui durian jatuh di bawah pohonnya di tengah malam, eh kini malah sudah jadi pedagang durian, eh pedagang buah yang cukup sukses.

Nasib orang siapa yang tahu yah!

Siapa yang mau berusaha pasti akan diberikan jalan oleh Allah SWT, entah bagaimana caranya tapi yakinlah pasti ada jalan karena Allah maha kaya dan hanya Allah yang bisa menolong kita semua yang mau berusaha.

Wirausahakan Updated at: 8:38 PM

0 komentar:

Post a Comment