Ketika Agen Besar Sudah Mulai Jualan di Marketplace

Pada tahun 2015 ke bawah, jualan di media online sangat menjanjikan untuk pengusaha pemula seperti saya. Promosi gencar melalui blog, facebook,twitter, instagram, bbm dan lain sebagainya membuat bisnis saya yang masih seumur jagung merangkak dengan lumayan cepat. Saat itu saya mendapatkan banyak pelanggan dari dalam dan luar kota.


Dulunya saya masih sering mempromosikan dagangan melalui Berniaga dan Toko Bagus. Alhamdulillah promosi itu lumayan membantu saya dalam berjualan. Pun begitu ketika sudah berubah jadi OLX, saya masih setia mempromosikan produk di situ. Tapi ketika banyak marketplace yang tenar seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll, entah kenapa saya malah jadi kurang berminat untuk ikut nimbrung disitu.

Salah satu alasan yang membuat saya tidak terlalu berminat adalah persaingan harga yang terbilang sangat jauh. Bahkan ada beberapa penjual yang menawarkan barang dibawah harga kulakan saya. Kira-kira mau saingan gimana kalau sama yang kayak gini?

Mereka punya banyak stok, harganya sangat murah dan reputasinya positif. Saya jadi minder sendiri untuk mencoba peruntungan. Tapi beberapa penjual yang kreatif memang bisa bersaing dengan beberapa trik promosi dan diskon yang mereka berikan kepada para pembelinya.

Saat itu saya akhirnya fokus promosi di media sosial serta fokus di blog, tapi lama-lama sepertinya kurang bagus karena orang-orang mulai pindah ke marketplace. Tentu saja saya semakin bingung dengan keadaan ini. Ah mungkin bukan cuma saya saja, karena pastinya banyak yang merasakan efek seperti ini.

Saya membeli produk seharga 70 ribu, ditambah ongkos kirim jadi sekitar 80ribu, dijual 100ribu. Dengan untung 20ribu itu, saya masih harus bersaing dengan pedagang di sekitar kota saya sendiri. Terus ditambah lagi persaingan nasional dimana agen besar (bahkan agen kulakan saya sendiri) yang ternyata ikut jualan di marketplace dengan menawarkan harga yang sangat-sangat murah.

Saya jual 100 ribu dapet untung 20 ribu udah susah banget, eh ada yang jualan dengan harga cuma 75 ribu saja. Kalau calon pembeli melihat yang lebih murah, lebih banyak stoknya dan lebih meyakinkan, tentu mereka akan lari untuk membeli yang itu kan? Nah saya gimana? Saingan juga susah, mau nurunin harga sama aja boong.

Entah pasar online mana yang bisa dituju lagi karena kebanyakan orang sudah paham harga dan tentu mereka mencari yang paling murah, bukan?!

Masih mikir juga, nasib pedagang kecil yang harus jualan barang dengan untung minim tapi saingan banyak. Apa kudu ganti produk atau kudu pasrah nunggu keajaiban datang? Entahlah!

Wirausahakan Updated at: 1:23 AM

0 komentar:

Post a Comment