Masih Jaman Yah Pasang Label Harga Super Tinggi Biar Dikira Barang Berkualitas?

Jadi ceritanya kakakku ditawarin barang sama penjual, yaitu sarung khusus yang katanya produk asli dari daerah Sulawesi sana. Sarungnya dibungkus jadi kecil banget mirip makanan dan terlihat cukup menarik jika dilihat sekilas. Nah, kakakku itu orangnya cukup polos dan gampang tergiur, akhirnya otak dagangnya jalan dan beli deh tuh sarung buat dijual lagi, dikomporin sama penjualnya hingga diborong semua.

Sesampainya di rumah, istrinya geleng-geleng kepala liat kelakuan suaminya yang mirip anak kecil diboongin penjual jajanan. Usut punya usut, katanya sarung kayak gini udah banyak dijual di pasar dengan harga 20ribu aja, dan kakakku yang polos itu awalnya bangga banget bisa dapet harga 37ribu dan mau dijual di kisaran 50ribu. Modalnya boleh ngutang, barangnya numpuk dan bingung mau jual kemana.

Akhirnya aku juga yang kena, disuruh bantu jualin tuh sarung. Namanya sodara, akhirnya aku ikut jualin deh tuh sarung di lapak, hasilnya diledekin terus sama pembeli dan temen2 yang liat produknya.


Oh iya, disini aku gak bermaksud merendahkan produk atau menyalahkan teknik jualan dari para penjualnya yah. Ini merupakan kritik, namanya dunia dagang, boleh dong kasih kritik dikit, siapa tahu bisa bermanfaat.

Kalau diliat dari bungkusnya, sarung ini dilipat begitu kecil jadi mirip kanebo, dibungkus plastik bening dan di dalamnya ada label harga 375 ribu, padahal katanya jualnya 50ribu aja udah untung, nah loh. Dari sini saja, kalau aku yang ditawarin pasti udah ku protes, kalau harganya cuma 50ribu kenapa kudu dikasih bandrol harga yang setinggi itu? Bukannya jadi keliatan gak logis banget?! Sayangnya bukan aku yang ditawari sih yah.

Udah gitu, sarungnya dibungkus rapat dan pembeli gak bisa lihat kualitas itu sarung. Bisa dibilang kayak beli kucing dalam karung, gak tau gimana kondisi itu barang. Penjelasannya gak aku baca, rada gimana liat harganya dan liat kelakuan polos kakakku yang ah sudahlah.

Setelah hampir seminggu aku pajang di lapak, belum ada yang beli sama sekali, yang jelas mereka udah kecewa dengan bandrol harga yang tertera padahal harganya jauh banget. Udah gitu, mereka juga gak bisa liat kualitas barangnya, wong rapet gitu.

Sebenarnya aku heran aja dengan teknik jualan kayak gini, kalau dipikir-pikir jadi gak jelas banget karena harga yang tertera terlalu tinggi, sedangkan harga jualnya juga gak jelas. Ada yang bilang cuma 20ribu,30ribu, 40ribu, 50ribu dan bandrolnya 375ribu, kan konyol yah?

Saran aja sih, siapa tahu yang jual liat postingan ini atau ada penjual yang mau niru, kalau mau jualan kasih harga yang jelas dan logis lah. Misal mau kasih harga 100ribu dan ada diskon buat menarik perhatian pembeli, ya jangan jauh2 sampe 1jutaan, cukup 150ribu diskon 50ribu atau 200ribu diskon 50% gitu. Namanya jualan om, jujur dan saling menguntungkan antara penjual dan pembeli.

Udah gitu aja, intinya rada kecewa dan semoga gak ketemu yang kayak gini. Oh iya sekalian doain biar kakakku gak polos-polos amat kalau ketemu yang kayak gini.

Wirausahakan Updated at: 9:10 PM

0 komentar:

Post a Comment