Apakah Penghasilan yang Anda Terima Sudah Pantas dan Sesuai?

Saya sering mendengar teman yang punya gaji pas-pasan dan merasa cukup, namun tak jarang ada yang punya gaji berlimpah namun selalu mengeluhkan tentang nominal gajinya. Pun begitu dengan para pedagang, sebagian ada yang merasa cukup dan sebagian ada yang merasa kurang. Lalu bagaimana mengetahui kriteria pendapatan yang sekiranya pantas dan sesuai dengan pekerjaan kita selama ini?


Menurut saya, ada 3 faktor yang bisa dijadikan referensi untuk menilai apakah pendapatan kita memang pantas. Apa saja itu?

1. Kebutuhan anda tercukupi

Saya mengatakan kebutuhan yang tercukupi karena memang itulah sesuatu yang penting dalam hidup ini. Namun perlu diingat jika yang penting itu kebutuhan, bukan keinginan. Keduanya akan nampak sama jika anda tidak bisa membedakannya.

3 kebutuhan pokok yang selama ini kita kenal yaitu sandang, pangan dan papan. Jika anda bisa membeli pakaian yang pantas, makan tepat waktu tanpa harus kelaparan dan punya rumah atau setidaknya masih lancar menyewa kontrakan, maka saya pikir gaji anda masih aman.

Saya tambahkan kebutuhan di era modern ini dari pulsa handphone, pembayaran iuran (misalnya BPJS) dan anggaran kondangan mantan :P. Dulu ini masih masuk dalam kategori yang bukan kebutuhan, namun sekarang sudah masuk ke dalam kebutuhan karena kemajuan jaman dan memang diperlukan.

Sedangkan keinginan anda, mungkin untuk jajan atau hiburan, jika bisa terpenuhi sebagian kecilnya saja, maka pendapatan anda sudah lumayan.

2. Anda dijauhkan dari utang

Kebutuhan terpenuhi dengan baik tanpa anda harus gali-tutup lobang untuknya, itu kan yang sebenarnya anda butuhkan untuk hidup tenang. Gak ada yang ngetuk pintu mau nagih utang, gak harus alesan ini dan itu untuk menolak bayar hutang dan gak perlu kabur atau sembunyi dari penagih hutang.

Masalah hutang ini sebenarnya bukan karena semata-mata akibat mepetnya kebutuhan, namun lebih kepada manajemen keuangan anda. Saya punya teman yang gajinya lumayan besar, toh duitnya habis terus dan hutangnya kemana-mana, bukankah memalukan?!

3. Tabungan anda terus terisi

Setelah kebutuhan terpenuhi tanpa harus berurusan dengan utang, maka ada poin terakhir yang menurut saya penting. Anda harus punya tabungan dari sisa pendapatan anda, setidaknya sebulan sekali. Entah itu hanya puluhan ribu, ratusan ribu atau jutaan Rupiah setiap bulannya, tabungan anda akan menentukan seberapa layaknya pendapatan anda selama ini.

Saya pernah punya penghasilan di kisaran 1jutaan, dari penghasilan itu saya bisa menabung di kisaran 100-300ribu per bulan hingga bisa saya gunakan untuk membeli sesuatu yang nominalnya lumayan besar. Saya juga tak perlu utang ke tetangga ketika ada kebutuhan mendadak seperti untuk berobat dan lain sebagainya.

Tabungan itu sangat penting, maka sebaiknya kita menekan pengeluaran dengan seminimal mungkin demi bisa memperbesar jumlah uang yang bisa ditabung setiap bulannya.

Itulah kriteria yang bisa menentukan seberapa layaknya jumlah penghasilan kita selama ini. Namun kembali lagi pada faktor 'jatah dari Tuhan', berapapun yang kita dapatkan sebenarnya sangatlah cukup, tergantung bagaimana kita mengelola keuangan kita sendiri. Penuhi kebutuhan, jauhi utang dan perbanyak tabungan kita.

Wirausahakan Updated at: 9:12 PM

0 komentar:

Post a Comment