4 Kunci Sukses Membangun Bisnis (Dari Dalam Diri)

Apa itu sukses? Dari pengamatan saya secara pribadi, banyak orang yang menganggap bahwa sukses adalah nominal dan jabatan. Ada orang yang menganggap punya uang banyak itu sukses, ada pula yang menganggap jadi bos itu sukses. Bagi saya sendiri, sukses adalah sebuah pencapaian! Simpel! Ketika saya ingin menuju ke warung dan sampai dengan selamat, maka saya sudah sukses dalam suatu misi.


Sayangnya banyak misi besar dalam hidup ini yang tidak bisa dilakukan dengan mudah dan singkat!

Berbicara tentang sebuah kesuksesan, para pengusaha juga punya pemahamannya sendiri. Ada yang menganggap bahwa usaha yang berkembang adalah kesuksesan, ada yang menganggap banyaknya cabang usaha juga sukses, ada pula yang menganggap jika sistem bisnisnya lancar maka ia telah sukses. Namun masih banyak yang menganggap bahwa keuntungan besarnya juga sebuah kesuksesan.

Terserah pemahaman masing-masing individu tentang kesuksesan!

Kali ini saya akan memberikan 4 kunci sukses dalam membangun bisnis. Mungkin ini hanya kata-kata kosong, mungkin juga ada manfaatnya. Jadi jika menurut anda apa yang saya tulis tidak berguna, anggaplah ini hanya tulisan tak berguna, namun jika ada manfaat yang bisa anda ambil, maka saya juga ikut senang karena telah membagikan informasi yang berguna.

Apa saja kunci sukses tersebut?

1. Ilmu

Kenapa ilmu saya tempatkan di poin pertama? Karena semua butuh ilmu dan tanpa ilmu semua yang kita lakukan salah dan sia-sia. Dunia usaha itu penuh dengan ilmu, mulai dari matematika, psikologi, akuntansi, bahasa, teknologi dan lain sebagainya. Jangan heran jika biaya mengikuti seminar bisnis mahal harganya karena ilmu yang ditawarkan juga bisa dibilang sangat berharga bagi para pelaku usaha.

Sebelum kita terjun dalam dunia usaha, ada baiknya kita mengetahui sedikit ilmu di dalamnya. Yah, saya katakan sedikit saja karena dengan terus belajar dan pengalamanlah ilmu bisa bertambah. Jangan pernah menyepelekan saran dari orang lain, karena pasti ada sebuah informasi berharga yang mereka sampaikan.

2. Tujuan

Bisnis itu tentang tujuannya! Ketika yang anda tuju hanya uang, maka bisnis anda akan susah untuk berkembang. Ketika yang anda tuju adalah bisnis yang berkembang, maka anda harus bersabar untuk mengambil hasil dari bisnis yang anda jalankan.

Dalam agama Islam, tujuan atau niat merupakan poin yang sangat penting dalam beribadah karena itu merupakan modal awal yang sudah ternilai sebagai pahala.

Bisnis tanpa tujuan sama saja zombie yang berjalan di atas tanah, mereka bergerak tapi seperti orang linglung yang tidak bisa melihat arahnya dengan jelas. Bagaimana mungkin bisnis bisa sukses jika tujuannya saja tidak jelas?! Nah, ada baiknya kita mulai menargetkan tujuan sesungguhnya dalam bisnis.

Fokuskan tujuan bisnismu, kembangkan terus menerus dan sampailah pada titik dimana kamu berada di tempat tujuan yang telah kamu niatkan sejak awal membangun bisnis.

3. Konsisten

Banyak sekali orang gagal dalam menjalankan bisnisnya hanya karena tidak konsisten dan berubah-ubah tergantung situasi. Misalnya saja saat berdagang, jika sedang laku maka rajin dan semangat, namun ketika sepi pembeli malah malas dan akhirnya mulai tidak fokus menjalankan bisnisnya.

Jika kita konsisten dalam menjalankan bisnis, maka kita tinggal menunggu waktu yang tepat saat Tuhan memberikan jatah rejeki-Nya untuk kita. Gak percaya? Saya mengalaminya sendiri ketika menjual produk yang tidak terlalu diminati, namun karena saya tetap konsisten untuk mencoba menjualnya, datanglah hari dimana produk itu bisa laku, entah darimana si pembeli itu datang.

Tetap konsisten dalam menjalankan bisnis anda!

4. Pola pikir

Sukses itu tujuan, gagal itu resiko! Nah, yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana kita menyikapi sebuah kegagalan?! Jika kita baper dengan kegagalan maka kita akan sulit untuk bangkit lagi, sedangkan hampir semua orang akan mengalami yang namanya kegagalan dalma hidupnya, termasuk para pengusaha tentunya.

Pola pikir yang harus ditanamkan dalam dunia bisnis adalah coba dan coba lagi. Mau gagal berapa kalipun, kalau punya pola pikir yang kuat untuk mencoba, maka kita bisa terus jalan dan belajar dari kegagalan demi kegagalan yang kita alami dalam hidup ini.

Itulah 4 kunci sukses dalam dunia bisnis yang bisa kita mulai dari diri sendiri, ilmu yang bermanfaat, tujuan yang jelas, konsistensi bisnis dan pola pikir yang akan membawa kita kepada kesuksesan. InshaAllah!

Wirausahakan Updated at: 10:58 PM

0 komentar:

Post a Comment