Kisah Sukses Sopir Truk Berpenghasilan Puluhan Juta Per Bulan dari Bisnis Sampingannya

Ada banyak orang yang berprofesi sebagai sopir dan tak sedikit pula yang mengeluhkan penghasilan mereka yang minim, padahal resiko kerjanya terbilang cukup besar. Pada dasarnya gaji sopir terbilang cukup lumayan karena rata-rata ada di atas UMK daerahnya, namun karena pekerjaan yang berat dan melelahkan, terkadang ada saja biaya lain yang membuat mereka harus merogoh sakunya lebih dalam sehingga berimbas pada sisa penghasilan mereka (curhatan dari salah satu teman yang jadi sopir).


Kali ini saya tidak akan mengupas tentang gaji sopir atau beratnya pekerjaan mereka, namun saya ingin membagikan sebuah kisah sukses yang cukup menarik bagi saya pribadi. Kisah ini datang dari tetangga jauh saya, sedikit banyak saya mengenalnya dan tahu tentang bisnis yang ia jalankan disamping pekerjaannya sebagai sopir truk lintas kota lintas provinsi.

Saya pernah mendengar keluhan sopir yang berkata "kerja capek, resikonya besar, gajinya pas-pasan, mau pindah kerja gak tau kemana, keahlian cuma pegang setir aja". Saya cukup memikirkan apa yang ia katakan dan entah kenapa saya malah jadi kepo dengan profesi yang satu ini.

Beruntungnya saya mengetahui informasi tentang sosok sopir truk yang cukup sukses dan bisa saya bagikan di blog ini.

Jadi ceritanya tetangga saya itu adalah sopir truk yang sering kirim barang ke luar kota, selama bertahun-tahun ia menjalani profesinya tersebut dan tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam hidupnya. Namun nyatanya Tuhan tidak menutup mata dan tetap memberikan jalan rejeki kepadanya.

Berawal dari perkenalannya dengan seorang mahasiswa, ia kemudian diajak bekerjasama untuk membangun sebuah channel YouTube yang berisi video-video pengalamannya selama membawa truk di jalanan. Si mahasiswa punya skil dan keahlian, sementara si sopir punya bahan yang bisa digarap oleh sang mahasiswa.

Perlahan tapi pasti, mereka berdua bekerjasama untuk mengisi channelnya dengan konten yang berisi tentang video di jalanan. Mulai dari sensasi di perjalanan saat mengendarai truk, kumpul-kumpul dengan komunitas truk seindonesia, tips dan trik merawat kendaraan, hingga parodi-parodi lucu tentang truk.

Kunci utama dari proses pembangunan channel mereka adalah update tiap hari, konten segar yang alami dan membangun komunitas yang baik dengan para pelanggan. Setelah beberapa waktu, kini channelnya sudah punya ratusan video yang banyak ditonton di YouTube, subscribernya sudah hampir 50ribu dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Masalah penghasilan, kenapa saya mengatakan puluhan juta pada judul di atas? Pasalnya saya mencoba menghitung penghasilan mereka melalui website socialblade dan hasilnya per bulan mereka bisa mendapatkan penghasilan di kisaran $800-$1600 yang kalau dijadikan Rupiah maka sekitar 10-20 juta setiap bulannya. Hebat kan?

Si sopir tetap mendapatkan gaji dari pekerjaannya, sementara ia menikmati pekerjaannya tersebut, ia berhasil menjadi seorang YouTuber yang cukup sukses dan membangun komunitas yang baik. Dari pekerjaannya itu pula ia bisa mendapatkan penghasilan tambahan mencapai puluhan juta tiap bulannya.

Dari kisah di atas bisa disimpulkan bahwa sebenarnya banyak sekali jalan rejeki yang terbuka lebar bagi kita, tinggal bagaimana cara kita menemukannya dari sudut pandang yang lain. Intinya jangan terlalu fokus dengan uang karena kita hanya akan diperbudak olehnya, namun buatlah sesuatu yang berkualitas maka uang akan berbondong-bondong mengikutinya.

Wirausahakan Updated at: 9:44 PM

0 komentar:

Post a Comment