10 Alasan Bisnis Kuliner Banyak Dijalankan Para Pengusaha

Bisnis kuliner atau makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak dijalankan di dunia ini. Mulai dari usaha kecil rumahan, warung makan, rumah makan, restoran dan lain sebagainya banyak sekali bertebaran. Dengan banyaknya para pengusaha yang menjalankan bisnis ini, jelas terlihat bahwa prospek dari dunia kuliner masih sangat menjanjikan meski trend terus berubah dari waktu ke waktu.


Berikut ini adalah 10 alasan kuat mengapa bisnis kuliner banyak dipilih dan dijalankan oleh para pengusaha di seluruh dunia :

1. Bisnis kuliner gak ada matinya

Makanan adalah kebutuhan utama manusia dan setiap hari dibutuhkan, terserah anda mau menjual makanan pokok atau makanan sampingan, nyatanya tetap saja dibutuhkan banyak orang. Ketergantungan manusia akan makanan merupakan salah satu jaminan utama bahwa bisnis ini gak akan ada matinya.

Jaman terus berubah, wartel bubar, fax tak terpakai, bisnis online menggila, namun bisnis makanan tetap berjalan dan selalu bis menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang ada.

2. Persentase keuntungan yang besar

Kebanyakan bisnis kuliner bisa menghasilkan keuntungan di atas 50% karena jika dihitung-hitung dari bahan dan biaya pembuatan, maka harga jualnya 2 kali lipat dari modal makanan itu sendiri. Jarang sekali ada konsumen yang protes karena harga makanan yang mahal, jika lidah mereka terpuaskan maka harga bukan masalah yang berarti sama sekali.

Bayangkan anda menjual makanan seharga 10ribu dengan keuntungan separuhnya sendiri dan dalam satu hari bisa menjual ratusan, ribuan, puluhan ribu, bahkan jutaan item. Apa enggak cepet kaya tuh?

3. Bisa dimulai dengan modal kecil

Ini adalah alasan yang membuat banyak sekali pengusaha muda yang terjun dalam bisnis kuliner, mereka yang mengalami masalah modal tidak terhentikan langkahnya karena dengan menjalankan bisnis ini maka modal yang minim pun masih bisa. Mulai dari modal puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah bisa digunakan untuk membuka usaha kuliner, tinggal dikalkulasikan saja antara modal dan kebutuhan untuk membuka bisnis ini.

4. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja

Saya sering menemui penjual makanan yang bekerja sendiri, namun nyatanya mereka bisa menjalankannya tanpa masalah. Hadirnya pegawai yang membantu mereka biasanya disesuaikan dengan kebutuhan karena ramainya pembeli dan semakin repotnya pekerjaan. Jika di awal usaha, rasanya belum terlalu butuh banyak pegawai yang harus disiapkan.

5. Bahan baku mudah didapatkan

Mau jualan nasi banyak penjual beras, mau jualan buah banyak agennya, mau jualan jajanan juga banyak penjual bahan bakunya. Tidak ada masalah dengan bahan makanan, paling anda harus menyesuaikan antara harga jual dan harga bahan pokok yang terkadang tidak stabil. Intinya anda bisa mendapatkan bahan makanan dengan mudah karena banyak yang menjualnya di sekitar kita.

6. Prospek berkembang yang lebih baik

Salah satu masalah di bisnis fashion adalah ketika mulai sukses dan mencoba buka cabang namun nyatanya cabang baru kurang berkembang karena masalah tempat, pegawai, respon konsumen dan lain sebagainya. Beda kalau makanan, sebut saja KFC, Pizza Hut, McDonald's, dan lain sebagainya yang bisa berkembang dengan sangat cepat di tempat baru.

7. Banyak pilihan jenisnya

Seperti yang sudah saya singgung di atas, jenis makanan apa yang ingin anda jual? Terkadang sampai bingung sendiri karena banyaknya pilihan yang bisa diambil. Mau jual ayam, bisa dipilih antara ayam bakar, ayam goreng, ayam kremes, ayam geprek dan lain sebagainya. Jenis makanan yang sangat beragam bisa menjadikan seorang lebih mudah karena banyaknya pilihan dan bisa membedakan dengan yang lain.

8. Lokasi usaha tidak terbatas

Gak punya tempat usaha, bisa keliling, malu keliling bisa via media online, gak mau juga tinggal jualan di rumah yang penting konsumen tau juga pada dateng sendiri. Masalah tempat bukan hal yang utama dalam bisnis kuliner, yang penting ada rasa maka ada lidah yang terus tergoda untuk mencicipinya setiap saat.

9. Gampang di inovasi

Di poin 7 sudah saya singgung tentang banyaknya pilihan yang bisa diambil, bagi seorang inovator tak sulit menemukan sesuatu yang baru tentang makanan. Seperti ayam goreng saja, meski sudah banyak yang jual nyatanya pengusaha baru juga punya kreasinya sendiri, entah dengan jualan keliling atau diantar ke rumah, banyak juga pembeli yang siap membuat kaya kok.

Yang dibutuhkan hanya sedikit inovasi saja!

10. Perpuataran uang yang cepat

Orang lapar, butuh makan tiap hari, jualan makanan cepat muter duitnya. Biasanya hanya butuh beberapa jam saja di saat jam makan, maka keuntungan yang didapat sudah banyak dari omset harian yang didapatkan. Berbeda dengan bisnis lain yang kadang lambat jalannya karena bukan kebutuhan utama, kuliner merupakan bisnis yang dibutuhkan tiap hari dan jika anda siap berpacu dengan waktu, maka ini bisnis yang menggiurkan.

Itulah 10 alasan kenapa kamu harus memilih bisnis kuliner, nah pertanyaannya kapan anda akan memulainya?

Wirausahakan Updated at: 10:59 PM

0 komentar:

Post a Comment