Mau Mulai Bisnis? Jangan Terlalu Banyak Bertanya dan Mencari Informasi!

Dalam sebuah hadits, rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian telah binasa karena banyak bertanya dan menyelisihi nabi mereka. Jika aku melarang dari sesuatu, maka jauhilah. Dan jika aku memerintahkan pada sesuatu, maka lakukanlah semampu kalian." (HR. Bukhari)


Apa yang kira-kira anda pahami jika kita dalam posisi sebagai salah seorang calon pengusaha yang hendak memulai bisnis namun masih merasakan keraguan yang mendalam? Mungkin anda akan bertanya kepada siap saja yang menurut anda memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis demi meyakinkan anda atau malah demi menggagalkan niat anda memulai bisnis.

Saya sendiri dulu banyak bertanya dan mencari informasi tentang dunia usaha dimana saya masih merasakan keraguan yang sangat besar kepada diri saya sendiri. Apakah saya mampu, apakah saya bisa, bagaimana jika gagal dan berbagai pertanyaan lain yang sebabkan saya gagal start.

Berbagai jenis pengusaha mulai yang tetangga sendiri, teman, hingga orang yang baru saya kenal pasti saya tanyakan tentang dunia bisnis. Tujuannya untuk mengetahui kira-kira saya bisa sukses atau gagal jika memulai bisnis sementara saya masih sangat awam.

Jawabannya tetap sama!

Hampir semua memberikan sedikit nasehat, mereka lebih menyarankan agar saya memulainya dulu tanpa memikirkan untung dan rugi, sukses atau berhasil, yang penting sudah mulai dulu. Namun saya masih enggan dan masih mencari nasehat lain hingga setelah rencana sudah tersusun rapi, akhirnya saya gagal memulainya karena saya terlalu takut.

Mungkin bukan saya sendiri yang mengalami hal seperti itu, sebuah keraguan yang mendalam di awal adalah hal yang wajar. Namun dengan kesalahan saya bertanya dan mencari informasi yang terlalu banyak, saya malah merasakan keraguan yang semakin besar.

Andaikan saya nekat memulai bisnis, mungkin saya sudah sukses saat ini atau mungkin saya kehilangan modal pas-pasan yang saya miliki dulu. Namun pengalaman tersebut takkan bisa didapatkan jika saya tidak memulainya sama sekali.

Beberapa orang bertanya kepada saya perihal dunia bisnis, mereka pikir saya punya informasi yang lengkap secara saya sudah beberapa tahun jadi pedagang. Saya enggan memberikan informasi yang detail dan malah memberikan hal-hal yang pahit kepada mereka tentang kegagalan, kerugian, hilangnya modal hingga hal lain yang membuat sebagian mundur.

Meski terlihat jahat, sebenarnya saya sedang mencoba menilai kekuatan niat mereka karena dari sekian yang bertanya, toh masih ada beberap yang nekat maju memulai bisnis dan sebagian sukses. Sebagian rugi, bangkrut dan merasa kecewa namun mereka sudah siap karena sudah saya berikan resiko pahitnya bisnis terlebih dahulu.

Bisnis tetaplah bisnis, siapapun anda, apapun jabatan anda, bagaimanapun kemampuan anda, sepandai apapun anda, kalau anda tidak memulainya dan hanya mendengar cerita orang, maka anda takkan mendapatkan kenikmatan tersendiri dalam dunia bisnis tersebut.

Wirausahakan Updated at: 10:31 PM

0 komentar:

Post a Comment