10 Jenis Usaha Dadakan di Bulan Ramadhan yang Paling Cepat Menghasilkan Uang

Bulan Ramadhan akan segera tiba dan umat Muslim akan menjalankan puasa wajib selama sebulan lamanya. Bagi sebagian pelaku usaha, khususnya pedagang makanan, bulan puasa merupakan cobaan untuk mereka karena omsetnya menurun tajam, namun bulan puasa juga merupakan berkah bagi pedagang lainnya, sebut saja pedagang pakaian yang siap panen menjelang lebaran.


Nah kali ini saya akan membagikan beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan secara dadakan di bulan puasa. Beberapa bisnis ini adalah jenis bisnis yang paling cepat menghasilkan uang karena tujuannya adalah bisnis musiman mengincar bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Berikut adalah 10 jenis usaha dadakan bulan Ramadhan yang paling instant dalam hasilkan uang :

1. Dagang makanan
Kalau ada pedagang makanan yang mengatakan bahwa datangnya bulan puasa adalah cobaan untuk mereka, berarti mereka tak bisa mengimbanginya. Toh masih banyak pedagang makanan yang panen hasil di bulan puasa, tentu dengan konsep yang berbeda dan tak perlu memakai warung yang ditutupi dengan tirai.

Dari pengalaman saya, ada beberapa pedagang makanan yang mulai jualan di jam 3 sore untuk menyediakan makanan berbuka, mereka juga menyiapkan makan sahur di pagi hari dan ternyata omsetnya tetap bagus dan bertambah.

2. Dagang pakaian
Pakaian yang berhubungan dengan momen puasa dan lebaran akan jadi sasaran utama, mulai dari sandal, sepatu, celana, kaos, baju koko, dress, baju muslimah, batik dan lain sebagainya. Jika anda berminat, segera jualan pakaian sejak awal dengan konsep keliling, jual di lapak atau melalui toko online.

3. Es segar
Apa yang lebih menggoda ketimbang segarnya es di bulan puasa? Nah kamu bisa berkreasi untuk membuat minuman segar guna dijual menjelang berbuka puasa. Tapi perlu diingat bahwa anda harus punya konsep yang baik agar jualan dadakan ini tidak sampai sepi dan rugi.

4. Takjil
Yang namanya penjual takjil pasti kayak pasar dadakan di pinggir jalan kalau menjelang buka puasa, nah kenapa gak ikutan? Kamu bisa jual jenis makanan ringan yang cocok untuk buka puasa dengan harga yang lebih mahal ketimbang hari biasa. Biar gak rugi banget, ambil aja dari penjual lain lalu kamu jualin.

5. Kebutuhan dapur
Yang namanya puasa, penginnya apa aja dibikin di dapur buat sahur atau buka sekalipun. Nah tentunya emak-emak butuh banyak bahan makanan dong, incer deh tuh yang kira-kira bisa kalian sediakan buat mereka.

6. Cemilan malam
Percaya gak percaya, setelah selesai shalat Taraweh dan ngaji, kebanyakan orang akan senang untuk nongkrong menjelang waktu sahur sekalipun. Gak salah juga kalau incer jatah malam untuk menanti rejeki khusus itu.

7. Jasa
Pas puasa biasanya pada males banget karena perut kosong, nah kalau kamu punya tenaga yang lebih ketimbang mereka, kamu bisa menawarkan berbagai jasa yang kamu bisa. Mulai dari cat rumah, benerin genteng, atau yang lain yang tentunya bisa dijadikan sumber penghasilan di bulan penuh berkah ini.

8. Parcel
Meskipun baru mulai ramai di akhir bulan namun kamu bisa memulai untuk mempersiapkan bisnis bingkisan yang satu ini karena bisa kebanjiran pesanan di hari menjelang lebaran. Apalagi saking sibuknya pengin mudik, terkadang banyak yang gak sempet bawa oleh-oleh, masuk dah tuh!

9. Mainan
Kalau yang ini incerannya anak kecil, biasanya mereka baru boleh beli mainan kalau udah punya uang dari om dan tantenya. Mainan bisa menjadi salah satu barang paling laku di bulan ramadhan pula, namun sesuaikan dengan yang lagi ramai juga.

10. Buah
Buah timun suri, semangka, kurma, blewah, dan lain sebagainya bisa jadi juara di bulan puasa ini karena mereka adalah buah segar yang paling banyak dicari. Jual aja tuh buah di pinggir jalan, ntar juga diborong sama orang lewat.

Wirausahakan Updated at: 12:47 AM

0 komentar:

Post a Comment