Usaha Kerak Telor Bisa Sukses Juga, Asal Tahu Trik Bisnisnya

Kerak telor adalah jajan khas Betawi yang sudah terkenal dan disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih. Bisa dibilang jika anda menjual kerak telor, maka anda tak terlalu butuh promosi besar untuk memperkenalkan karena sudah banyak yang tahu jajanan yang satu ini.


Pengalaman saya mencoba jajanan kerak telor ini ketika berada di Monas, saya membeli satu dengan harga Rp 20.000, 00 (katanya sih biasanya cuma Rp 10-15 ribu saja). Rasanya enak dan gurih, ini cemilan yang mengenyangkan dan bergizi.

Untuk membuat kerak telor juga terbilang mudah, resep kerak telor yang bisa anda coba :

Bahan utama : telur ayam/bebek, beras ketan, kelapa parut, minyak goreng, air, ebi udang
Bahan bumbu : bawang merah goreng, jahe, merica, kencur, cabai
Cara membuat :
1. Rendam beras ketan dalam air selama 1 malam lalu tiriskan
2. Tumis bumbu, masukkan beras ketan, siram air rendaman sampai kering
3. Siapkan telur (lebih bagus bebek), campur dengan bumbu
4. Masukkan telur ke beras ketan yang di wajan, panggang hingga matang 

Biasanya para penjual kerak telor menjajakan dagangannya dengan berkeliling menggunakan pikulan, namun ada pula yang memakai gerobak dan ditempatkan di motor.

Meski termasuk jajanan populer yang banyak peminatnya, sayangnya kebanyakan penjual kerak telor tak semuanya bisa sukses dengan dagangannya tersebut. Masalahnya bukan pada makanan tersebut namun pada sistem bisnis yang dijalankan oleh para penjual.

Jika anda mau berfikir, kerak telor dan martabak hampir sama. Harganya tak jauh beda, membuatnya lumayan lama, namun kenapa banyak pengusaha martabak yang bisa sukses dan menjual produknya dengan harga mahal sementara pengusaha kerak telor masih stagnan?

Kuncinya ada pada sistem bisnis, pengusaha martabak mau mengeluarkan dana lebih untuk menyewa tempat, menyiapkan kemasan yang lebih bagus, berani mencoba menu dan rasa berbeda, memberikan porsi yang lebih besar dan mereka sudah mulai melek teknologi sehingga banyak yang promo di internet.

Memang ada beberapa pengusaha kerak telor yang terbilang cukup sukses dengan penghasilan mencapai Rp 10 jutaan sebulan, namun hanya beberapa saja, sebagian lain masih keliling memikul dagangannya.

Andaikan mereka mau merubah sistem bisnisnya, saya pikir jajanan ini bisa membuat mereka sukses di kemudian hari. Jika bisa membuat jajanan ini lebih berkelas, harganya bisa lebih mahal dan peminatnya bisa lebih banyak, kenapa tidak dicoba?

Tips sukses bisnis kerak telor :
  • Benahi pelayanan di tempat penjualan, gunakan cara modern, perbaiki kemasan
  • Perbanyak cabangnya , bukan hanya penjualannya saja
  • Anda perlu mencoba pemasaran lain dengan media online untuk semakin memperkenalkan bisnis anda
  • Kerjasama dengan orang lain agar bisnis anda bisa cepat berkembang
Anda mau jualan keliling terus atau mau mencoba sistem bisnis yang baru dan lebih menguntungkan? Semua pilihan ada di tangan anda!

Wirausahakan Updated at: 9:26 PM

0 komentar:

Post a Comment