Bisnis Anda Membosankan? 5 Tips Ini Bisa Membantu Anda Betah

Apakah bisnis kecil anda sepi pembeli, tempatnya panas, kotor, bising dan banyak masalah? Jika anda mengalami masalah seperti itu, maka anda pasti akan merasa bosan dan tidak betah berlama-lama di tempat usaha anda tersebut.


Sama halnya dengan para pegawai, beberapa menjalani pekerjaan yang tidak disukai namun mereka harus bertahan dengan hal itu demi gaji bulanan.

Lalu apa yang bisa membuat anda betah di tempat usaha, sedangkan usaha itu membuat anda pusing, stres dan bosan?

1. Bersyukurlah anda sudah punya bisnis
Jangan menjadi orang yang kufur nikmat hanya karena bisnis anda belum sukses, faktanya masih banyak orang yang ingin memulai bisnis namun belum bisa karena masalah modal dan kemampuan. Anda sudah berada di depan mereka dan anda sudah berada di langkah yang tepat.

Jika masalah anda adalah pelanggan yang sepi, maka itu adalah hal yang biasa. Hal pertama yang harus anda ingat adalah bersyukur, maka Tuhan akan menambah nikmat anda.

2. Ingat kembali tujuan anda membangun bisnis
Anda lupa dengan target jangka panjang yang membuat anda nekad membuka usaha, betul? Target anda bukan penjualan harian, hasil mingguan, keuntungan bulanan atau bahkan sisa hasil usaha tahunan. Target anda adalah membesarkan bisnis hingga kelak bisa menghidupi anda.

Jangan terlalu fokus dengan hasil singkat, pebisnis tidak mengincar hasil singkat karena bisnis memang butuh waktu yang lama untuk benar-benar menghasilkan.

3. Rubah tempat usaha anda agar lebih nyaman
Jika toko anda sempit, panas, berantakan, kotor, bau dan membuat anda tidak betah, bagaimana dengan pelanggan yang datang? Mereka pasti merasakan hal yang sama seperti anda.

Display kembali tampilan tempat bisnis anda senyaman mungkin, tempatkan diri anda sebagai seorang pembeli agar anda bisa punya tempat bisnis yang nyaman.

Jika saya pribadi, di toko ada laptop, full musik dan hiburan lain yang membuat saya merasa betah dan tidak bosan meski seharian di toko.

4. Cari teman yang nyambung dengan bisnis anda
Tak ada salahnya kenalan dengan pemilik toko sebelah atau dengan saingan anda sendiri, dengan begitu anda bisa belajar dan punya banyak kenalan. Hal itu akan membuat anda semakin semangat dalam menjalani bisnis tersebut.

5. Temukan hal baru di sekitar bisnis anda
Dagang sembari nyari jodoh merupakan hal yang baik untuk anda yang belum menikah, hal itu bisa membuat anda semakin semangat dalam berbisnis. Yang terpenting, jangan gunakan tempat bisnis anda untuk mesum karena bisa saja menjadi awal kehancuran anda sendiri.

Tidak selalu tentang jodoh, anda juga bisa mencari komunitas di sekitar yang bisa anda ikuti agar anda tidak kesepian dan jenuh di tempat usaha.

Dalam bisnis, anda bisa berhenti kapan saja, lalu kenapa anda berhenti sekarang?

Wirausahakan Updated at: 11:47 PM

0 komentar:

Post a Comment