Sebelum Pensiun, Sebaiknya Anda Mulai 5 Bisnis Hari Tua Ini

Anda tidak akan selamanya bekerja di kantor dan ada saatnya anda harus berhenti karena usia dan tenaga yang sudah tidak memungkinkan untuk bekerja. Ketika anda sudah tua dan pensiun, anak cucu anda sibuk bekerja dan bisa saja anda akan merasa bosan di rumah tanpa teman.


Ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk menghindari hari tua yang membosankan seperti itu dengan tetap produktif. Cara terbaik adalah dengan memulai usaha yang bisa anda persiapkan bagi hari tua anda. Tentu saja jenis usaha ini adalah usaha yang tidak terlalu repot, membutuhkan banyak tenaga dan pikiran untuk menjalankannya.

Usaha apa saja yang cocok untuk penisunan?

1. Agrobisnis
Anda bisa memulai pertanian, perkebunan, perikanan atau peternakan sesuai minat dan hobi anda untuk mengisi masa tua anda. Selain menghasilkan, bisnis ini bisa membuat anda tetap aktif bergerak dan sembari olahraga.
Jika anda ingin memulai bisnis ini, sebelum pensiun anda sebaiknya membeli lahan atau mulai belajar agrobisnis agar bisa mulai menggelutinya.

2. Toko Kelontong
Saya punya kenalan seorang pengusaha yang punya toko di pasar, dia tak pernah terlihat menganggur karena sibuk dengan tokonya. Dia dibantu oleh beberapa anak dan karyawannya untuk melayani pembeli, masa tuanya tak pernah kesepian.

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan dan bisa jadi sumber penghasilan di masa tua anda, jika berminat silakan dimulai dari sekarang.

3. Jasa Rental
Punya mobil banyak dan uang nganggur, kenapa tidak dipakai untuk memulai bisnis rental mobil atau motor sekalian? Bisnis yang satu ini menguntungkan dan bisa menjadi sumber pemasukan untuk anda. Tentu anda tidak perlu bekerja terlalu keras karena dalam bisnis ini, anda tinggal mengurusi kendaraan dan penyewaan saja.

4. Kontrakan atau Rumah Kost
Ini adalah salah satu bisnis yang paling disukai pensiunan karena selain dijadikan sebagai aset, hasilnya juga lumayan besar. Untuk memulainya memang tidak mudah karena anda butuh dana yang besar, namun jika anda bisa memulai sejak masa akhir kerja, saya yakin bisnis ini bisa menopang kehidupan anda dan keluarga meski sudah pensiun.

5. Jasa cuci kendaraan
Jasa cuci motor dan mobil memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan, modalnya tak terlalu besar namun hasilnya melimpah karena ini jenis bisnis jasa. Anda bisa mempekerjakan orang lain untuk mencuci kendaraan dan di masa tua, anda tetap jadi bos di bisnis anda sendiri.

Perlu anda sadari bahwa banyak sekali pensiunan yang seakan dibuang dan diacuhkan keluarganya karena sudah tak produktif lagi. Jangan sampai anda dibuang ke panti asuhan karena hal seperti itu, mulailah kegiatan anda sendiri agar hari tua anda tetap berseri.

Wirausahakan Updated at: 1:33 AM

0 komentar:

Post a Comment