Pengalaman Mendapatkan Uang Sebagai Penulis Artikel Online

Menulis adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia, banyak pula yang jadi orang kaya dengan tulisannya. Biasanya penulis profesional membuat buku dari hasil tulisannya sendiri untuk dijual, kadang mereka menjadikannya sebagai ebook pula dan dipasarkan melalui media online.
Profesi penulis mungkin bukan pilihan yang banyak dilirik karena orang akan berkata "ah saya tidak berbakat jadi penulis" atau "ah saya tidak tahu cara mendapatkan uang dari tulisan" dan satu lagi "tulisan saya jelek!".


Saya mengalami masa seperti itu dan hampir membuat saya menyerah, namun ternyata ada jalan, yah selalu ada jalan! Saya membaca salah satu kalimat penyemangat yang mengatakan "tidak ada orang yang terlahir langsung bisa menulis".

Sejak saat itu saya sadar bahwa semua bisa dipelajari dan saya mulai mencoba menulis di blog, salah satunya di blog wirausahakan ini. Kalian bisa melihat hasil tulisan saya yang berantakan bukan?

Selama saya mencoba mendapatkan uang dari menulis, ada beberapa masalah yang membuat saya kesulitan, diantaranya :
  1. Media menulis saya di blog dimana saya kurang paham SEO dan akhirnya pengunjung blog-nya minim sekali.
  2. Saya coba ikut program periklanan di blog namun belum mendapatkan hasil yang sepadan, masalahnya balik ke poin pertama.
  3. Kualitas tulisan saya yang masih sangat buruk, bahkan tak jarang banyak yang protes karena tulisan saya asal-asalan (maafkan newbie yang satu ini).
  4. Saya coba menulis di portal penulis seperti BaBe, Baca, Vebma dan lain sebagainya namun kembali ke poin ketiga sehingga banyak yang ditolak. Saya juga sempat menulis di Liputan6, Viva, Kompasiana, Okezone, hingga forum detik dan forum lainnya.
  5. Ingin coba jual artikel di forum namun harganya murah banget dan kategorinya tidak saya kuasai (jangan nulis sesuatu yang tidak anda ketahui sama sekali).
Apakah saya menyerah dengan masalah di atas?

Saya terus belajar dan belajar, jika tulisan saya diprotes maka saya perbaiki, jika tulisan yang saya kirimkan ke portal berita ditolak, saya perbaiki dan tulis lagi dengan lebih baik. Terus dan terus selama beberap bulan lamanya hingga akhirnya saya mulai menemukan kategori yang sesuai dan tulisan saya mulai baik dari segi pembacaan.

Mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan Rupiah akhirnya bisa saya dapatkan dari hasil menulis dan itu adalah hal yang sangat menyenangkan dan membanggakan untuk pemula seperti saya (jangan tanya SS hasil, percaya silakan, enggak juga bukan urusan saya).

Saya suka menulis dan bisa menghasilkan uang dari tulisan saya, semua butuh proses, semua butuh pembelajaran, semua butuh percobaan, semua butuh ketekunan, semua butuh kesabaran dan Alhamdulillah selalu ada jalan.

InshaAllah saya akan menuliskan pengalaman dan tips menulis yang baik untuk menghasilkan uang di portal menulis.

Wirausahakan Updated at: 8:10 PM

0 komentar:

Post a Comment