Inilah Prediksi 3 Tren Bisnis 2018 yang Akan Terjadi Menurut Forbes

Tahun 2017 kemarin banyak orang yang bergelut dengan dunia bisnis mengeluhkan masalah penjualan yang sepi, hasil yang menurun, persaingan yang semakin ketat dan resiko kebangkrutan yang semakin besar karena perkembangan bisnis dan teknologi yang semakin menggila.


Di tahun 2018 ini anda sudah tidak terlalu membutuhkan website untuk menjual produk karena banyaknya marketplace yang ada di Indonesia. Tren berubah ke sosial media dan pelayanan di marketplace yang bisa anda pilih, hal ini terbukti dengan banyaknya produk yang punya lapak sendiri di marketplace ditambah akun sosial media mereka yang aktif.

Nah di tahun 2018 ini, Forbes memprediksi tren bisnis yang akan jadi populer dan harusnya bisa menjadi modal bagi para pengusaha untuk bisa bersaing di tahun ini. Apa saja tren bisnis yang akan terjadi di tahun 2018 ini?

1. Teknologi yang tak terbendung kemajuannya
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan mendorong pelanggan untuk semakin dimanjakan. Kebutuhan akan kemajuan teknologi menjadi salah satu sumber yang menarik perhatian pelanggan. Bisa dibayangkan ponsel canggih apalagi yang akan hadir tahun ini?

Diprediksi di tahun 2018 ini akan menjadi milik mereka yang punya aplikasi, video streaming, sosial media dan lain sebagainya.

Hal seperti itu membuktikan peran bisnis online yang akan semakin maju untuk pemasaran dan penjualan, jangan kaget jika banyak bisnis offline yang akhirnya tutup karena mengeluhkan sepinya pembeli.

2. Generasi penguasa baru
Kabarnya ini adalah tahun untuk mereka yang lahir setelah 1998, mereka disebut sebagai generasi Z yang konon menjadi penerus para penguasa bisnis. Dengan pengetahuan yang tinggi dan luas serta etos kerja yang sangat tinggi, generasi ini akan mulai menguasai dunia bisnis. Percayakah anda?

Melihat banyaknya anak muda yang punya inovasi dan orang-orang kaya baru yang masih berusia muda, sepertinya tren ini memang benar adanya. Kita tinggal menunggu saja siapa yang akan muncul dengan kekayaan barunya. Mungkin salah satu orang Indonesia? Mungkin saja!

3. Upah pekerja akan semakin naik
Berita yang cukup menyenangkan bagi para pekerja namun menyedihkan bagi para pengusaha. Kabarnya di tahun 2018 ini akan menjadi salah satu saat dimana upah para pekerja akan meningkat tajam. Ini bisa menarik banyak orang untuk bekerja karena tingginya upah yang bisa didapatkan, namun di lain pihak akan menjadi masalah bagi beberapa pengusaha yang sedang mengalami masalah bisnis.

Dengan kenaikan upah ini, bisa diprediksi akan ada banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan dan mungkin saja pindah ke tempat yang lebih sepi guna bisa mengirit ongkos produksi dan biaya pegawai.

Wirausahakan Updated at: 8:08 PM

0 komentar:

Post a Comment