5 Tips Meyakinkan Orang Agar Membeli Produk Atau Jasa Anda

Meyakinkan orang untuk membeli produk atau jasa anda itu gampang-gampang susah, seperti anda meyakinkan pasangan bahwa anda adalah orang yang pantas untuk mereka. Sebagai penjual kita harus punya trik yang dipakai untuk meyakinkan calon pembeli agar mau mengeluarkan uang mereka dengan membeli produk dan jasa kita.


Dari pengalaman pribadi saya, ada beberapa tips dalam meyakinkan calon pembeli agar mereka yakin dengan produk dan jasa yang saya tawarkan. Berikut adalah tipsnya :

1. Buat calon pembeli merasa nyaman
Ketika ada orang datang ke lapak anda atau mungkin menghubungi anda melalui kontak, berikan pelayanan yang baik sejak awal agar mereka merasa dihargai. Bagi anda yang muslim bisa dengan mengucapkan salam, memberikan senyum, menyapa mereka, atau ucapan basa-basi lainnya seperti para pegawai di kantor pelayanan.

Jika anda memberikan pelayanan yang baik sejak awal, calon pembeli akan nyaman dan merasa dihargai, itu adalah poin pertama yang membuat hati mereka mulai luluh untuk mau mengeluarkan uang untuk membeli produk anda.

Saya pernah membuat kesalahan dengan mengacuhkan calon pembeli karena saya sibuk sendiri, mereka terkesan kecewa dan akhirnya enggan membeli. Yah, itu pengalaman yang sangat berharga untuk saya pribadi.

Jangan lupa menanyakan kepentingan mereka, produk atau jasa apa yang mereka cari di tempat anda dan segera masuk ke tahap berikutnya.

2. Berikan penjelasan yang meyakinkan
Jika mereka mencari produk A, tunjukkan produknya dan berikan penjelasan tentang kualitas dan kekurangan produk itu. Bisa juga anda bandingkan dengan produk sejenis dan tunjukkan keunggula produk anda kepada mereka.

Penjelasan yang menarik dan jujur akan membuat calon pembeli yakin dengan anda dan produk/jasa yang anda tawarkan.

3. Alihkan perhatian mereka
Sudah panjang lebar menjelaskan produknya namun mereka belum yakin juga? Ada baiknya anda alihkan perhatian mereka kepada produk/jasa itu. Biasanya saya iseng menanyakan hal sepele seperti "baru pulang kerja pak?" atau "lagi libur yah bu?".

Jika mereka membahas hal lain, itu akan membuat lebih cepat bagi pelayanan anda dimana jika mereka memang ingin membeli maka mereka akan menentukannya dengan cepat, namun jika mereka tidak membeli maka konsentrasi mereka sudah tak terlalu tertuju pada penjelasan kita sehingga menyingkat waktu.

4. Berikan sesuatu yang spesial
Masalah utama dengan calon pembeli adalah harga, namun anda bisa menonjolkan hal lain kepada mereka agar harga yang anda tawarkan jadi tidak terlalu mahal. Biasanya jika ada pelanggan yang membandingkan dengan harga di toko online, saya akan memberikan penjelasan mengenai ongkos kirim, ketersediaan produk, kebenaran produk, kemudahan dalam mengecek produk dan lain sebagainya yang membuat mereka menjadi tak terlalu memikirkan perbedaan harga lagi.

Silakan cari hal lain yang menurut anda bisa membuat calon pembeli tidak mempermasalahkan harga yang anda tawarkan pada mereka.

5. Bersahabatlah dengan mereka
Mau beli atau tidak, jangan sampai anda membuat calon pembeli marah atau jengkel karena dari mereka bisa saja ada rejeki lain yang datang. Saya mengalami sendiri ketika salah satu calon pembeli tak jadi membeli di tempat saya, namun saya tetap bersahabat dengan mereka, beberapa waktu kemudian temannya datang dan malah membeli lebih banyak setelah mendapat rekomendasi darinya.

Wirausahakan Updated at: 10:22 PM

0 komentar:

Post a Comment