5 Bisnis yang Cocok Untuk Orang Pendiam dan Pemalu

Apakah anda adalah sosok yang pendiam dan enggan berbicara banyak dengan orang lain? Terlebih anda adalah pemalu yang jarang menunjukkan bakatnya di depan banyak orang. Tentu hal itu bisa diperparah jika anda adalah sosok introvert atau bahkan anti sosial.


Rasanya untuk mencari pekerjaan saja sudah susah dengan sikap seperti itu, apalagi jika anda punya jiwa bisnis dan ingin mendirikan usaha sendiri.

Mungkin bagi anda yang ingin bekerja, sikap pendiam dan pemalu anda ini bisa dikesampingkan jika anda menjadi seorang editor, pengacara, sopir, akuntan, pustakawan, teknisi, arsiparis atau profesi lain yang memang tak membutuhkan banyak pembicaraan dengan orang di depan umum.

Nah untuk anda yang pendiam, pemalu, punya sikan introvert atau bahkan anti sosial, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang bisa anda pilih :

1. Blogger
Menjadi blogger atau bahkan youtuber adalah salah satu jenis bisnis yang cocok untuk anda yang pendiam dan pemalu. Dengan bisnis ini, anda bisa menyuarakan ide anda dalam bentuk tulisan, gambar dan video yang bisa menghasilkan banyak uang untuk anda.

Saat ini bisnis di internet adalah salah satu trend yang sedang dijalankan oleh para generasi milenial, jika kamu merasa cocok kenapa tidak mencobanya?

2. Penulis
Mau jadi blogger tapi tidak paham dengan koding dan algoritma SEO? Kenapa tidak buka jasa penulis artikel saja? Atau kalau kamu belum bisa buka jasa tulis artikel, kamu bisa ikut program menulis di beberapa situs yang menerima tulisan kamu.

Saya sendiri adalah seorang penulis (tentunya amatiran), saya bisa bekerja lama tanpa harus banyak bicara di depan orang. Dengan bisnis jasa tulis menulis ini, saya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

3. Seniman
Anda yang punya jiwa seni bisa meneruskan hobi anda jadi penghasilan yang mantap. Mungkin anda punya bakat jadi seorang pelukis, penari, pemusik, atau jenis seni lainnya. Mulailah mencari jalan agar seni anda bisa menghasilkan uang dengan cara yang baik.

4. Jasa internet
Nah kalau yang ini buat yang jago di dunia maya, kamu bisa memberikan jasa edit foto, desain grafis, jasa SEO, jasa promosi di sosial media, jasa penerjemah artikel dan jasa lainnya yang sesuai dengan bakat anda.

Namun perlu diingat bahwa bisnis jasa mengutamakan pelayanan dan kualitas, jadi maksimalkan pelayanan anda agar pelanggan setia dengan menyewa jasa anda.

5. Programmer
Kalau kata mereka sih, ini pekerjaan yang sulit namun gajinya sedikit. Sudah pusing tujuh keliling membangun website, aplikasi dan lain sebagainya, eh gajinya cuma segitu aja. Nah daripada kamu diperas kayak sapi, mending bisnis sendiri aja.

Kamu bisa menjadi programmer mandiri dan menawarkan jasa kepada perusahaan lain, tentunya kamu yang jadi bosnya dan uangnya masuk ke saku kamu. Jadi gak ada lagi ceritanya kamu kerja keras tapi orang lain yang menikmati hasilnya.

Wirausahakan Updated at: 1:45 AM

0 komentar:

Post a Comment