Mengenal 4 Startup Unicorn Indonesia yang Sukses Menarik Perhatian Dunia

Banyak juga startup Indonesia yang mulai menunjukkan tajinya dan menjadi perhatian dunia internasional karena pergerakannya yang terbilang hebat dalam waktu singkat. Sebagai pengingat, Tokopedia merupakan perusahaan rintisan yang terbilang masih muda namun sudah berasa di posisi 32 di daftar startup terbaik dunia.


Nah kali ini saya akan membahas tentang 4 startup unicorn Indonesia yang menjadi perhatian dunia karena bisnisnya terbilang sukses meski masih berkutat di Indonesia saja.

Sebutan unicorn ini adalah untuk startup yang sudah memiliki valusi nilai bisnisnya mencapai lebih dari USD 1 miliar. Artinya mereka yang terbilang masih muda namun sudah berduit itulah yang masuk dalam startup unicorn.

Nah siapa saja mereka?

1. Tokopedia
Perusahaan yang menjadi pusat perbelanjaan online Indonesia ini adalah marketplace terbaik di Indonesia saat ini. Perusahaan yang rilis pada 2009 oleh William Tanuwijaya ini mendapat banyak suntikan dana dari luar, misalnya saja dari Alibaba sebesar USD 1,1 M.

Tokopedia menjadi startup terbaik di Indonesia dan nangkring di posisi 32 dunia sehingga wajar saja banyak pihak asing yang percaya untuk mengeluarkan dananya sebagai investasi di startup yang satu ini.

2. Bukalapak
Achmad Zaky mendirikan Bukalapak pada tahun 2010 dan kini bersaing ketat dengan Tokopedia sebagai marketplace terbaik di Indonesia. Yang cukup menarik dari BL adalah iklan mereka yang sangat unik dan menarik perhatian, ditambah dengan promo yang sangat menarik perhatian pelanggan.

Pada awal bisnis, mereka mendapat suntikan dana dari Batavia Incubator, lalu ditambah dari GREE Ventures dan perusahaan asing lainnya. Meski kabarnya selama 7 tahun BL belum mendapat untung sama sekali dari bisnisnya, namun kini mereka menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

3. Go-Jek
Nadiem Makarim mendirikan Go-jek pada 2011 silam dan langsung berkembang pesat dalam waktu singkat. Meski diiringi dengan kontroversi dan demo serta perseteruan dengan banyak pihak, namun Gojek terus menunjukkan dirinya sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi terbaik yang ada di Indonesia.

Go-jek mendapat bantuan dari investor yang nominalnya lumayan besar mencapai USD 1,2 M, dan yang terbaru adalah Alphabet yang merupakan perusahaan induk Google juga mengucurkan dananya sebesar USD 1,2 miliar atau setara Rp 16 triliun. Go-jek tak hanya berukutat di ojek motor saja, mereka juga merambah layanan jasa pengiriman, jasa pengiriman makanan, pemijatan taksi dan lain sebagainya.

4. Traveloka
Perusahaan penyedia layanan tiket pesawat dan hotel yang satu ini didirikan oleh Ferry Unardi pada tahun 2012. Startup yang satu ini dapat suntikan dana dari East Venture dan investor lainnya hingga bisa tumbuh besar sampai saat ini.

Wirausahakan Updated at: 7:24 PM

0 komentar:

Post a Comment