Xiaomi Bisa Menjadi Penguasa Elektronik di Dunia Dalam Waktu Dekat

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan asal China yang didirikan pada tahun 2010 silam, artinya perusahaan ini belum genap 10 tahun. Namun dengan umur yang masih sangat muda itu, Xiaomi menjadi salah satu perusahaan elektronik terbaik yang menyita banyak perhatian dunia.


Produk Xiaomi yang terkenal diantaranya adalah smartphone android, speaker, power bank, dan produk elektronik lainnya. Di kelas ponsel cerdas, Xiaomi berada di posisi 3 dibawah Samsung dan Apple sebagai produsen smartphone terbesar di dunia.

Dalam waktu singkat, Xiaomi menjadi raja dari timur yang siap bersaing dengan nama-nama besar yang sebelumnya sudah ada. Mereka menjalankan bisnisnya dengan sangat baik, saat ini Xiaomi sudah punya banyak cabang di hampir seluruh dunia termasuk di Amerika, Eropa dan tentunya di Asia.

Apa yang membuat Xiaomi menjadi sangat besar seperti ini dalam waktu dekat?

Akhir tahun 2017 ini, Xiaomi menghadirkan ponsel Redmi 5A di Indonesia dengan harga Rp 1 jutaan, padahal di China harganya Rp 1,3 jutaan. Kira-kira sistem bisnis apa yang digunakan Xiaomi sehingga bisa menjual produknya dengan harga lebih murah di luar negeri ketimbang di dalam negerinya sendiri?

Perlu diketahui bahwa Xiaomi ini mengusung sistem bisnis seperti perusahaan China lain, namun mereka berbeda karena memberikan kualitas yang bagus sehingga banyak orang yang menyebut Xiaomi sebagai "Apple dari Timur".

Jika analisa saya benar, Xiaomi ini sedang mencoba mendapatkan kepercayaan dari pelanggan di seluruh dunia dengan menghadirkan produk berkualitas yang tak kalah saing dengan merk berkualitas lain, namun dengan harga yang sangat murah.

Seperti produk dari Tiongkok lainnya, mereka selalu menawarkan harga yang sangat-sangat murah meski beberapa punya kualitas yang buruk. Mungkin hal itu yang coba diincar Xiaomi dimana mereka akan tetap memberikan harga murah namun tetap mengutamakan kualitas.

Prediksi saya di tahun 2020 mendatang, Xiaomi akan menguasai pasar ponsel cerdas android dan produk mereka semakin banyak. Penjualan mereka akan menguasai Asia, Eropa, Amerika, bahkan hingga ke Afrika sebagai produk yang dikenal dengan harga murah nan berkualitas.

Jika prediksi saya benar, maka bisa dipastikan di tahun mendatang akan banyak produk elektronik dengan harga murah yang bisa anda dapatkan, dan kebanyakan berasal dari negeri tirai bambu.

Wirausahakan Updated at: 7:30 PM

0 komentar:

Post a Comment