5 Tips Sukses Bisnis Mobil Bekas yang Bisa Anda Coba

Bisnis jual-beli mobil bekas merupakan salah satu bisnis yang banyak dijalankan di Indonesia mulai dari kota besar hingga di pinggiran. Keuntungan yang besar membuat banyak orang ingin terjun dalam bisnis ini pula, namun sayangnya banyak pula dari mereka yang tidak tahu rahasia sukses bisnis mobil bekas sehingga sering gagal di tengah jalan, bahkan ada pula yang belum mulai namun sudah gagal.


Jika anda ingin memulai bisnis jual-beli mobil bekas, ada baiknya anda mengikuti 5 langkah berikut ini agar bisnis anda bisa menguntungkan dan cepat berkembang :

1. Kuasai informasi tentang mobil dan metode bisnisnya
Untuk bisa memulai bisnis jual beli mobil bekas anda wajib mengetahui berbagai hal yang diperlukan dalam bisnis ini. Setidaknya anda adalah orang yang paham dengan mobil, mesin, interior dan lain sebagainya yang berhubungan dengan mobil.

Bisnis jual-beli mobil bekas sebenarnya kebanyakan dijalankan oleh mereka yang memang punya hobi dengan dunia roda empat ini, jadi ini bisa jadi merupakan bisnis dari sebuah hobi. Jika anda tak punya hobi dengan mobil namun tetap ingin memulainya, maka bekerjasama dengan orang lain adalah pilihan paling tepat.

Jika masalah mobil dan isinya sudah bisa anda kuasai, selanjutnya anda harus mengetahui tentang sistem bisnis mobil bekas, harga terbarunya, jenis mobil yang paling diminati, dan berbagai informasi penting lain yang berhubungan dengan bisnis ini.

2. Memulai bisnis dengan rencana yang tepat
Sudah punya informasi dan rencana bisnis namun belum punya modal? Ajak orang lain untuk menjalankan bisnis ini. Pun sebaliknya, jika anda punya modal namun tak punya pengalaman, ajak orang yang punya keahlian sebagai partner anda.

Seperti bisnis lain, rencana bisnis mobil bekas sangat penting untuk menentukan letak showroom anda, cara promosi yang tepat, nominal keuntungan yang bisa dijadikan patokan harga untuk bisa bersaing dan sistem manajemen bisnis anda dimana anda harus meletakkan orang-orang kepercayaan di dalamnya.

3. Konsisten dalam menjalankan bisnis
Salah seorang pengusaha mobil bekas menceritakan kisahnya tentang penjualan yang minim di awal bisnis, meski keuntungannya besar (kisaran 5-10 juta dari penjualan 1 mobil), namun dengan penjualan yang minim juga membuat bisnis anda lesu tentunya.

Menjual mobil bekas tak seperti menjual barang kebutuhan harian orang, penjualannya bisa dibilang minim. Jadi mau tak mau anda harus memaksimalkan keuntungan dengan membeli mobil bekas semurah-murahnya dan menjual semahal-mahalnya.

Bisnis ini akan menemui masa-masa sepi yang sangat menjemukan, maka anda harus konsisten dan jangan menyerah karena nyatanya ini adalah bisnis yang tak bisa diprediksi meski anda sudah mempelajari momen yang tepat sekalipun.

4. Manajemen bisnis yang baik
Bisnis anda harus punya tempat yang strategis, karyawan yang bekerja di posisinya sesuai jatahnya, sistem pemasaran yang dilakukan terus menerus, pelayanan yang baik, penawaran kerjasama dengan pihak lain.

Jika anda punya manajemen bisnis yang baik, saya yakin bisnis apapun yang anda jalankan bisa menjadi sebuah bisnis yang profesional dan berpotensi untuk berkembang menjadi bisnis yang besar seperti mereka yang sudah sukses sebelumnya.

5. Kembangkan bisnis sebesar mungkin
Mungkin di awal bisnis anda hanya punya showroom kecil dengan pilihan mobil yang sangat minim, namun jangan patah semangat dan miliki mimpi besar dengan bisnis anda. Yakinlah di suatu saat nanti anda akan punya bisnis yang besar dengan cabang yang banyak, bahkan tak menutup kemungkinan anda akan punya bisnis showroom mobil baru.

Wirausahakan Updated at: 8:33 PM

0 komentar:

Post a Comment