Ketika Pembeli Membandingkan Harga di Tempat Anda dengan Tempat Lain yang Lebih Murah

Saya sering sekali mendapati calon pembeli yang akhirnya batal membeli produk di tempat saya karena setelah dia bandingkan ternyata harga di tempat saya lebih mahal ketimbang harga yang dia lihat di toko online. Itu adalah hal yang cukup menyedihkan dan menyebalkan karena saya merasa kurang dihargai oleh pelanggan yang melakukan perbandingan harga secara langsung di toko.


Mungkin bukan hanya saya sendiri yang mengalami hal seperti ini, anda dan banyak pedagang lain juga sepertinya mengalami hal yang sama. Itu memang hak para pelanggan untuk mencari harga termurah dengan membandingkannya dulu, namun bagaimana jika dilakukan di depan anda dan tanpa ada rasa risih sama sekali?

Setelah berkali-kali saya mendapati pembeli seperti ini, akhirnya saya mulai berfikir untuk menangani mereka karena cukup membahayakan. Pasalnya jika mereka melakukan perbandingan harga ketika ada pembeli lain, maka itu bisa saja mempengaruhi pembeli lainnya.

Saat ini jika ada calon pembeli yang agak cerewet dengan membanding-banding harga di toko saya dengan di toko online yang jelas lebih murah, saya berikan penjelasan bahwa harga di toko online belum termasuk ongkos kirim yang kalau ditotal maka tak berbeda jauh dengan harga yang saya tawarkan.

Sebagian calon pembeli mengiyakan penjelasan saya, bahkan mereka juga mengatakan bahwa jika dihitung memang hampir sama harganya. Membeli secara langsung membuat mereka merasa puas dan aman, jelas menunjukkan bahwa bisnis online belum sepenuhnya membuat calon pembeli puas dan yakin.

Namun sayangnya masih ada juga yang ngeyel dengan mengatakan bahwa harga di tempat saya terlalu mahal, akhirnya dia saya sisihkan dengan menunjukkannya ke toko lain yang barangkali lebih murah karena kebijakan harga di tempat saya hanya seperti itu.

Bagi saya, untuk kehilangan pembeli yang tidak menyukai harga di tempat saya yang lebih mahal itu tidak terlalu masalah karena justru jika tidak ditangani dengan baik maka akan memberikan efek yang kurang baik dengan respon pembeli.

Wirausahakan Updated at: 7:16 PM

0 komentar:

Post a Comment