5 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Rekan Bisnis

Memiliki banyak rekan bisnis sama saja menambah peluang kesuksesan untuk bisnis anda, pasalnya bukan tidak mungkin rekan bisnis itu yang akan memborong produk atau jasa anda di kemudian hari. Jangan pernah berfikir anda bisa sukses sendirian tanpa membutuhkan rekan bisnis karena itu adalah hal yang bodoh.


Banyak orang bingung untuk membangun kepercayaan dari rekan bisnis karena mereka adalah orang asing yang belum mengetahui karakter kita, pun sebaliknya untuk kita. Nah mungkin anda bisa mencontoh trik jitu membangun kepercayaan rekan bisnis berikut ini :

1. Bertemanlah dengan rekan bisnis anda
Secara singkatnya anda membutuhkan rekan bisnis anda hanya untuk membuat produk dan jasa anda laku, namun sebenarnya itu terlalu polos dan tak membantu untuk membangun bisnis. Alangkah baiknya jadikan rekan bisnis anda sebagai teman atau bahkan sahabat.

Saya sendiri punya banyak teman yang sebelumnya hanya sebagai pembeli di toko, karena saya suka bercanda sehingga banyak dari pembeli yang akhirnya suka ngobrol dengan saya. Keuntungan yang saya dapat adalah promosi gratis dari mereka dan saya menambah teman yang lumayan banyak.

2. Jadilah seorang yang membantu
Terkadang saya melihat pembeli mengalami masalah pribadi dan saya bukan orang yang menutup mata dengan masalah mereka. Misalnya ada saudara mereka yang meninggal, maka saya akan mengucapkan belasungkawa. Simpel sekali namun itu sangat berkesan untuk mereka.

Terkadang saya juga tak segan membantu mereka yang membutuhkan informasi ataupun bantuan kecil, terkadang mereka yang awalnya tidak bersahabat jadi sangat terbuka setelah mendapat bantuan kecil dari saya.

3. Don't be Evil
Keuntungan adalah hal utama dari bisnis, namun jangan sampai membuat anda menjadi seorang yang jahat dan menyebalkan. Jika anda bisa menjaga diri menjadi orang yang jujur dan selalu dalam jalur yang benar, maka orang-orang akan menerima anda dengan baik.

4. Mintalah pendapat dari rekan bisnis
Saya adalah orang yang tak segan untuk meminta bantuan atau pendapat dari para pembeli, misalnya ketika ada produk yang harganya naik maka saya bertanya kepada pembeli apakah jika saya menaikan harganya sesuai dengan kenaikan harga itu masih wajar, sebagian mereka mendukung saya karena mereka sadar bahwa orang dagang mencari untung.

Umpan balik yang positif dari pembeli benar-benar membuat motivasi tersendiri, apalagi jika ada kritik dan saran yang membangun, itu adalah hal yang sangat penting demi pelayanan bisnis kita.

5. Jadilah orang yang bertanggung jawab
Janji adalah hutang! Ingat-ingat hal tersebut sehingga anda bisa menjauhi sifat buruk yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja anda menjanjikan pembeli dengan promosi, maka berikan kepadanya sesuai jatahnya.

Perbanyaklah rekan bisnis darimanapun, siapapun, itu akan membantu bisnis anda di kemudian hari karena kita tak tahu jika suatu hari nanti mereka yang akan membawa rejeki untuk kita.

Wirausahakan Updated at: 10:52 PM

0 komentar:

Post a Comment