Timpang Banget! Ini Jumlah Keuntungan Vendor Tiap Jual 1 Smartphone-nya

Smartphone merupakan salah satu gadget paling laris di seluruh dunia akhir-akhir ini sehingga banyak sekali vendor yang bersaing untuk membuat dan menjual smartphone miliknya ke pasaran. Nama-nama besar seperti iPhone, Samsung, Nokia, Sony dan lainnya juga harus siap bersaing dengan vendor dari China yang menawarkan produk murah berkualitas.


Dari ramainya smartphone yang ada di pasaran itu, pernah gak kamu kepikiran berapa banyak mereka ambil untung dari setiap penjualan smartphone mereka?

Ternyata beberapa vendor mengambil untung dalam jumlah yang sangat besar dan yang lain ambil untung sangat kecil. Siapa saja mereka dan berapa jumlah keuntungan dari tiap penjualan 1 ponsel pintar miliknya?

1. iPhone Apple
Kamu pecinta iPhone sejati denga iOS-nya? Tau gak sih kalau Apple mengambil keuntungan yang sangat besar dari produknya itu? Tiap menjual 1 iPhone, Apple mengambil keuntungan hingga $151 atau sekitar Rp 2 jutaan. Artinya keuntungan yang diambil Apple dari produknya ini bisa buat beli Xiaomi Mi 5A dapat 2 biji.

Banyak pihak yang protes dan menyindir Apple karena terlalu banyak mengambil keuntungan, namun mereka tak terlalu menggubrisnya karena memang tak punya pesaing secara khusus. Mereka punya sistem operasi sendiri, yah iOS memang hanya ada di produk Apple dan smartphone lain memakai android. Apakah ini adil? Entahlah!

2. Samsung
Pesaing terdekat iPhone adalah Samsung, dari setiap penjualan produknya mereka mengambil untung sekitar $31 atau Rp 428 ribuan. Keuntungan yang diambil oleh Samsung terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan iPhone, sedangkan kualitas keduanya bisa dibilang hampir sepadan meski beda OS.

Jika anda bertanya kenapa Samsung menjadi pesaing kuat iPhone padahal masih banyak smartphone android lain yang juga bagus dan murah, jawabannya karena Samsung memang memberikan produk yang berkualitas dan murah (jika dilihat dari jumlah keuntungannya).

3. Huawei
Salah satu vendor dari Tiongkok yang sedang merangsek naik ini mengambil keuntungan $15 atau sekitar Rp 200 ribuan dari penjualan tiap produknya. Angka tersebut terbilang kecil jika dibandingkan iPhone dan Samsung namun tinggi jika dibandingkan dengan produk China lainnya.

4. Vivo
Vivo mengambil untung sekitar $14 atau Rp 190 ribuan dari setiap penjualan ponselnya, mereka juga terbilang kecil dalam mengambil untung. Dengan banyaknya ponsel yang terjual tahun kemarin, Vivo untung besar dari jumlah ponsel yang keluar, bukan jumlah keuntungan seperti iPhone.

5. Oppo
Ponsel baru yang satu ini juga tak terlalu banyak ambil untung, mereka hanya numpang untung $13 atau sekitar Rp 180 ribuan saja. Produk Oppo juga banyak disukai di Indonesia karena murah dan kualitasnya juga bagus.

6. Xiaomi
Kalau kamu bertanya kenapa harga ponsel Xiaomi sangat murah meski kualitasnya bagus, maka kamu harus tahu kalau mereka mengambil untung hanya $2 atau sekitar Rp 27 ribu saja. Gak percaya? Itulah data yang ada. Jadi jangan heran kalau mereka jual Xiaomi Mi 5A dengan harga hanya Rp 999.999, 00 saja karena untungnya emang minim dan mereka memangkas promo di media TV.

Itulah data keuntungan tiap-tiap vendor smartphone yang harus kamu tahu, ternyata Apple mengambil keuntungan yang sangat besar dari tiap produknya dan mereka masih punya fans yang siap membeli produknya yang katanya sangat berkelas itu.

Wirausahakan Updated at: 7:05 PM

0 komentar:

Post a Comment