Sst! Pengusaha Hotel Minta Menkominfo Blokir Airbnb, Kenapa yah?

Airbnb merupakan salah satu startup terbaik di dunia yang memberikan jasa penyewaan rumah dan apartemen di seluruh dunia. Perusahaan asal Amerika ini didirikan tahun 2008 dan sampai saat ini sudah menjadi salah satu perusahaan yang diperhitungkan.


Nah namanya perusahaan besar, mereka pasti akan terus mengembangkan bisnisnya ke seluruh dunia termasuk Indonesia yang menjadi salah satu tujuan bisnis oleh para pengusaha sukses dari seluruh dunia.

Namun sayangnya kehadiran Airbnb ini mendapat respon negatif dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Menurut para pengusaha ini, Airbnb bisa mengacaukan bisnis mereka karena nama besar startup yang satu ini.

Bahkan perwakilan PHRI sudah menghubungi Menkominfo, Rudiantara, melalui telepon untuk meminta agar Airbnb diblokir di Indonesia.

Ternyata Menkominfo tidak mengabulkan permintaan itu karena tidak sesuai dengan kebijakan bisnis yang ada di Indonesia. Bahkan menurut Menkominfo, seharusnya kehadiran Airbnb bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha lokal untuk bisa bersaing secara global.

Ternyata yah, bisnis sukses itu banyak yang iri juga karena mereka sudah kalah saing sebelum bertanding, betul?

Menkominfo menolak memblokir Airbnb, namun pihaknya juga akan ikut campur dalam persaingan bisnis ini. Kabarnya Rudiantara sudah menghubungi menteri pariwisata untuk membahas masalah ini karena kalau dibiarkan bisa menjadi masalah klasik yang penuh keributan seperti masalah jasa transportasi di Indonesia.

Kalau Airbnb diblokir karena pengusaha lokal kalah saing, sepertinya nama Indonesia bisa tercoreng sebagai negara yang susah untuk diajak kerjasama, namun jika dibiarkan bisa saja beberapa waktu ke depan Airbnb bisa menjadi raja di negeri kita.

Wirausahakan Updated at: 7:52 PM

0 komentar:

Post a Comment