Miris! Rupiah Masuk Dalam Daftar 10 Mata Uang Paling Tak Bernilai di Dunia

Mata uang negara kita tercinta yang bernama Rupiah ternyata masuk dalam kategori mata uang paling tak bernilai karena nilai tukarnya yang terbilang sangat rendah dibandingkan dengan dollar Amerika maupun mata uang asing lainnya. Hal ini sudah terjadi lama, belum ada perubahan signifikan dan fakta menunjukkan bahwa mata uang kita terus mengalami kemunduran.

sumber : inforexnews.com

Yang terbaru adalah berita tentang nilai tukar Rupiah yang menyentuh angka Rp 13.600, 00 terhadap dolar Amerika. Padahal beberapa hari yang lalu masih stabil di kisaran Rp 13.300, 00, kenapa bisa anjlok dalam waktu yang sangat singkat?

Menurut detik finance, kabarnya penguatan dolar AS dan tindakan BI memangkas suku bunga menjadi penyebab lemahnya Rupiah saat ini, benarkah?

Jika kita melihat daftar nilai tukar Rupiah terhadap dolar dari masa ke masa, sebenarnya di tahun-tahun awal Indonesia merdeka, nilai tukar Rupiah terbilang cukup tinggi di kisaran Rp 1.000, 00, namun entah kenapa kini nilainya hancur.

Rupiah ternyata tak sendiri karena dalam daftar 10 mata uang paling tak berharga, ada negara-negara lain yang juga mengalamin nasib seperti Rupiah. Berikut ini adalah daftar mata uang dengan nilai tukar paling rendah dibandingkan dolar AS :

10. Riel Kamboja : 4 ribu
9. Leone Sierra Leone : 5,6 ribu
8. Guarani Paraguay : 5,7 ribu
7. Kip Laos : 8,1 ribu
6. Franc Guinea : 9 ribu
5. Rupiah : 13,6 ribu
4. Ruble Belarusia : 20 ribu
3. Dobra Sao Tome : 22,2 ribu
2. Dong Vietnam : 22,3 ribu
1. Rial Iran : 31,9 ribu

Data di atas saya dapatkan dari databoks.katadata.co.id, data ini mungkin sudah berubah lagi karena perubahan nilai tukar bisa sangat cepat terjadi seperti yang sudah saya tuliskan di atas.

Rupiah masih berada di posisi 5 terbawah, untuk negara Asean hanya Vietnam yang ada di bawah Indonesia, sedangkan Rial Iran jadi yang terendah setelah Zimbabwe tak lagi menggunakan mata uangnya dan mengganti dengan dolar AS.

Wirausahakan Updated at: 10:51 PM

0 komentar:

Post a Comment