Indosat dan XL Diisukan Akan Lakukan PHK Masal Karyawannya, Kenapa?

Ramai diberitakan di media bahwa sedang terjadi masalah cukup serius pada bisnis telekomunikasi di Indonesia. Menurut kompas, ada isu yang berhembus bahwasanya perusahaan teknologi besar seperti Indosat Ooredoo dan XL Axiata akan segera melakukan PHK masal pada pegawainya.


Disinyalir hal ini terjadi karena banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang ada di dalam tubuh perusahaan ini, mereka kebanyakan berasal dari India dan punya jabatan cukup penting. Para TKA ini juga merekomendasikan teman senegaranya untuk bisa masuk ke dalam perusahaan dan tentu saja karyawan lokal menjadi korbannya.

Baru-baru ini ada sekitar 40 pegawai yang di PHK oleh kedua perusahaan ini, berita ini bersumber dari Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK). Bahkan kabarnya ada 300 pegawai lain yang akan segera di PHK dalam waktu dekat ini.

Bagian IT dan Network menjadi sasaran PHK masal ini, alasannya karena TKA asing asal India dinilai lebih kompeten ketimbang tenaga ahli dari Indonesia sendiri.

Namun pihak Indosat menyanggah tuduhan itu dan menyatakan bahwa tidak ada PHK masal yang terjadi di perusahannya.

Jika benar terjadi PHK masal, bisa dipastikan bahwa memang sedang terjadi masalah dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia. Hal ini karena persaingan yang kurang sehat dan tarif yang kurang diatur oleh pemerintah sehingga banyak operator yang seenaknya sendiri dalam memberikan tarif pada pelanggan.

Telkomsel sepertinya tenang-tenang saja dengan isu ini, toh merek adalah BUMN yang ada di bawah pemerintah RI. Namun adanya isu ini tentu saja dapat menyebabkan keributan kecil yang akan terjadi antara pegawai lokal dan pegawai asing di dalam perusahaan.

Wirausahakan Updated at: 9:27 PM

0 komentar:

Post a Comment