Lulusan UI Ini Lebih Memilih Jualan Milkshake Ketimbang Kerja Kantoran

Bagaimana pandangan anda ketika ada sarjana yang memilih untuk menjadi pedagang? Mungkin sebagian dari anda yang sangat menghargai pekerjaan akan menyernyitkan dahi dan bertanya "buat apa kuliah kalau cuma jadi pedagang?!".


Namun di jaman sekarang, profesi pedagang sudah tidak bisa dianggap sepele meski tidak sekeren pekerja kantoran. Banyak loh pedagang yang bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta dalam sebulan, nah yang kerja gimana?

Belum lama ini saya membaca sebuah artikel di detik yang membahas tentang seorang sarjana UI (UI loh gan), dia seorang wanita muda yang memilih jalan berwirausaha. Namanya adalah Windy Cahyani, sarjana UI berumur 23 tahun yang sudah punya bisnis milkshake cukup sukses.

Kisahnya dimulai saat kuliah dimana dia hobi banget untuk mencoba bisnis, mulai dari jualan online dan bisnis lain yang dicoba bareng temannya. Namun teman-teman yang dia ajak bisnis kurang begitu semangat karena mereka hanya menganggap bisnis adalah sampingan saja.

Setelah lulus, Windy mencoba peruntungannya sebagai produsen minuman susu botol bermodal 5 juta, dia mencoba memasarkannya dengan sistem konsinyasi. Tujuan pemasarannya adalah kampus, sekolahan, kantin, warung dan lain sebagainya, namun sayang awal bisnisnya kurang begitu baik karena dia berkali-kali ditolak.
Windi tak menyerah, dia mencoba peruntungan lain dengan membuat milkshake khusus belabel Kara Milk. Sejak produknya dibuat, nasib bisnis Windi cukup baik karena produknya mulai disukai dan akhirnya dia bisa merasakan buah dari kerja keras dan kesabarannya itu.

Kini Windy punya 8 cabang yang berada di kota Jakarta, Depok, Cilegon, dan Bandung. Dalam sebulan dia bisa menjual hingga 6.000 cup milkshake yang harganya sekitar Rp 10.000, 00. Omsetnya dalam sebulan mencapai Rp 60 jutaan. Biasanya bisnis kuliner seperti ini bisa ambil untung antara 20-40%, jadi bisa anda bayangkan berapa keuntungannya? Mencapai 20 jutaan.

Windi mengatakan bahwa anak-anak muda yang ingin berbisnis agar tidak takut dan malu meski punya status pendidikan tinggi, mereka harus fokus dan bekerja keras di awal bisnisnya, jangan bekerja sama dengan rekan yang enggak mau kerja keras dalam bisnis karena bisa mempengaruhi kelangsungan bisnisnya.

Wirausahakan Updated at: 10:54 PM

0 komentar:

Post a Comment