Indonesia Bukan Hanya Jawa Saja, Daerah Lain Juga Ingin Maju Seperti Jakarta

Tahu gak sih kalau sebenarnya daerah di luar pulau Jawa punya rasa iri dengan perhatian pemerintah di Jawa. Bayangin aja, hampir 60% perputaran uang ada di Jakarta, kota pusatnya di Jakarta, tujuan wisata yang dibangun di Jakarta, pusat perbelanjaan dan gedung bertingkat juga di pulau Jawa.

sumber : setara.net

Sedangkan sumber daya alam yang dikeruk ada di luar Jawa, namun fasilitas dan kemajuan di daerah kurang begitu diperhatikan oleh pemerintah sejak dulu. Nah belum lama ini BBC mengadakan sebuah program penyambung lidah dari netter di daerah untuk pak Jokowi, salah satunya mengutarakan pendapatnya yang mengatakan bahwa Indonesia bukan hanya Jawa saja.

Presiden Jokowi menjawabnya, beliau mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan program Indonesia-sentris (bukan Jawa-sentris lagi). Jadi ke depannya bakalan ada pembangunan di beberapa kota besar di Indonesia. Presiden bukan hanya omong saja loh, buktinya memang ada karena pembangunan jalan tol dan berbagai fasilitas terus dikebut pengerjaannya.

Jika menilik Indonesia yang begitu luas ini, rasanya memang benar kalau fokusnya dari dulu hanya di Jawa saja, padahal ada Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan tanah kaya di Papua. Namun sayangnya daerah potensial itu kurang dieksplor lagi untuk bisa memberikan keuntungan bagi rakyat Indonesia.

Semoga kedepannya pemerintah bisa memaksimalkan Indonesia, bukan hanya Jawa saja sehingga kemajuan bisa dirasakan oleh semua rakyat baik di kota maupun di daerah.

Dengan akses dan fasilitas yang lebih baik, saya rasa bisnis juga bisa berkembang dengan pesat dan melahirkan banyak pengusaha besar dari Indonesia. Mereka tentu yang di daerah masih terkendala dengan akses dan fasilitas, padahal mereka punya SDM dan SDA yang bagus untuk sebuah bisnis loh.

Wirausahakan Updated at: 9:02 PM

0 komentar:

Post a Comment