Cara Mudah Memaksimalkan Peran Instagram untuk Bisnis Anda

Siapa yang tak mengenal Instagram? Sosial media yang sangat populer ini menjadi salah satu pilihan bagi netter untuk bersosialisasi di dunia maya. Sosmed milik facebook ini nyatanya sangat digandrungi oleh anak muda di jaman ini sehingga pamornya terus meningkat tajam mengalahkan aplikasi berbagi foto dan video yang serupa.


Tak jarang instagram digunakan untuk pemasaran bisnis, bisa anda lihat sendiri banyaknya akun bisnis yang ada di sosmed itu. Dari yang amatiran dan suka nyepam di komentar hingga pebisnis pro yang menggunakan jasa berbayar untuk mempromosikan akunnya, semuanya saling bersaing di Instagram.

Jika saat ini anda sudah punya usaha namun belum mencoba memasarkan bisnis anda melalui Instagram, ada baiknya anda mencobanya karena nyatanya sosmed yang satu ini lagi digandrungi banyak kawula muda di dunia ini.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan Instagram untuk bisnis adalah :

1. Tidak ada yang instant di dunia ini
Sering sekali saya melihat orang yang membeli akun instagram dengan banyak followers dengan harapan bisa memasarkan bisnisnya dengan cepat, nyatanya hal itu sudah tidak terlalu berhasil karena saat ini netter sudah mulai pintar mana yang asli dan mana yang settingan.

Gunakan cara promosi yang baik untuk mendapatkan followers berkualitas, bukan dengan komentar sampah dan memakai jasa ilegal untuk mendapatkan followers dengan cepat. Semua butuh perjuangan, semua butuh waktu, tidak ada yang instant di dunia ini.

2. Maksimalkan fitur yang ada
Untuk anda yang punya dana bisa menggunakan jasa berbayar di Instagram untuk promosi produk maupun brand, namun bagi anda yang punya modal pas-pasan bisa sedikit berusaha dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada seperti :
  • Maksimalkan hastag yang sesuai dengan produk anda
  • Upload foto berkualitas yang menarik perhatian
  • Update secara berkala (setidaknya setiap minggu ada 1 postingan)
  • SFS (Shoutout For Shoutout) atau saling membantu satu sama lain untuk promosi akun
  • Jangan lupa berikan link ke website atau masukan kontak bisnis anda
Jika anda bersabar dan bekerja keras maka tak butuh waktu lama untuk mendapatkan banyak followers di Instagram.

3. Tujuan anda menggunakan Instagram
Dari banyaknya akun bisnis di Instagram, lebih dari 70% adalah akun pribadi yang menjual produk dan jasa tanpa mengedepankan brand atau nama bisnisnya. Alangkah lebih baik jika anda mengedepankan nama bisnis untuk membangun jaringan di Instagram. Hal ini berguna sebagai salah satu investasi untuk masa depan bisnis anda.

Memaksimalkan peran Instagram terlihat simpel, bukan? Sayangnya untuk menjalankannya memang agak berat, apalagi untuk anda yang kurang sabar. Nah daripada banyak mikir, buru deh bikin akun dan mulai melakukan percobaan di Instagram.

Wirausahakan Updated at: 2:02 AM

0 komentar:

Post a Comment