10 Tips Sederhana Agar Bisnis Rumah Makan Ramai Pembeli

Sudah mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membangun bisnis rumah makan, caffe, atau restoran sekalipun namun malah sepi pembeli? Jika anda mengalami masalah seperti itu, anda tidak sendirian karena ada banyak pengusaha yang juga mengalaminya.


Sepinya pembeli yang datang ke rumah makan anda disebabkan beberapa hal, diantaranya :
  • Rasa yang kurang enak
  • Pelayanan yang kurang bagus
  • Tempat yang susah diakses
  • Promosi yang kurang menarik
  • Menu yang biasa saja
Dan masih banyak lagi penyebab rumah makan menjadi sepi pembeli di awal usaha, itu bisa dibilang wajar namun juga cukup berbahaya bagi kelangsungan bisnis.

Agar bisnis kuliner anda ramai pembeli maka tak ada salahnya anda mencoba 10 tips sederhana ini agar rumah makan anda ramai pembeli dan semakin berkembang.

1. Pastikan rasa makanan lezat
Kalau masakan yang anda jual tidak enak, siapa yang mau membeli lagi setelah merasakannya? Perbaiki kualitas makanan anda terlebih dahulu karena bisnis kuliner adalah tentag rasa (kayak lagunya astrid aja).

2. Perbaiki pelayanan yang kurang baik
Pegawai yang mukanya jutek dan enggak sopan ganti aja, lama-lama bikin pembeli enggak betah di tempat anda loh. Budayakan 5S untuk semua pegawai agar konsumen merasa dihargai.

3. Tambah porsi makanan
Orang lebih suka makanan yang punya porsi besar dan membuat kenyang perutnya, kenapa tidak anda coba? Masalah untung belakangan deh, yang penting jalan dulu bisnisnya.

4. Berikan hadiah kecil
Anda bisa memberikan hadiah kecil seperti bandul kunci, stiker, atau benda lain yang bisa dijadikan kenang-kenangan sekaligus sebagai promosi tersembunyi dimana ada nama bisnis anda di hadiah itu.

5. Promosi berkelanjutan
Promosi cuma melalui banner saja? Sudah ketinggalan jaman! Maksimalkan media online dan offline untuk memperkenalkan bisnis secara berkala. Bisnis kuliner besar lainnya yang sudah dikenal juga enggak berhenti promosi kok.

6. Adakan acara khusus
Undang band untuk hiburan atau undang artis untuk makan di tempat anda juga bisa menjadi salah satu bentuk promosi yang bagus loh. Atau anda bisa melakukan kegiatan amal juga enggak masalah kok.

7. Pekerjakan tukang parkir
Kalau ada tukang parkirnya, orang yang lewat akan mengira tempat bisnis anda profesional dan ramai, percaya deh.

8. Buat menu makanan yang berbeda
Jualan ayam bakar yang biasa aja? Udah banyak saingannya. Kenapa enggak kasih menu yang aneh dan baru saja?

9. Sedekah
Coba deh undang anak yatim buat makan di tempat bisnis anda, siapa tahu mereka bisa membawa rejeki untuk anda. Sedekah enggak bakal bikin miskin kok.

10. Konsisten
Walau sepi pembeli, jangan suka buka-tutup seenaknya sendiri, soalnya kita enggak tahu kapan pelanggan akan datang dan membeli makanan di tempat anda.

Wirausahakan Updated at: 11:46 PM

0 komentar:

Post a Comment