Waspada! Banyak Pembobol Mesin ATM dari Eropa yang Berkeliaran di Indonesia

Tahu gak sih? Ternyata ada banyak orang jahat yang berasal dari Eropa seperti Rusia, Ukraina, Bulgaria, dan negara lain yang mencoba peruntungannya di Indonesia. Mereka ini adalah jaringan pembobol ATM di Indonesia yang siap merugikan nasabah bank.


Modus yang mereka pakai adalah skimming atau pencurian data nasabah bank yang dilakukan melalui mesin ATM. Informasi kartu debit korban yang dimasukkan ke dalam mesin ATM nyatanya bisa dibajak dengan alat khusus yang sebelumnya sudah ditempel di tempat memasukkan kartu di ATM.

Korbannya sudah banyak loh, beberapa orang sudah melapor ke bank mengenai pencurian data dan uang mereka ini. Hal ini cukup membuat resah masyarakat di Indonesia karena para bule ini sudah terlatih dan melakukan aksinya dengan rapi.

Sebenarnya pihak bank dan kepolisian sudah berhasil menangkap beberapa orang yang terbukti mencuri data dan uang nasabah bank melalui aksi skimming ini, namun nyatanya itu tak membuat para pelaku lain jera.

Beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai perlindungan dan pencegahan dari aksi skimming diantaranya adalah :
  1. Perhatikan mesin ATM yang hendak anda gunakan, pastikan tidak ada yang aneh di tempat memasukkan kartu (biasanya mereka memasangnya di situ).
  2. Selalu tutupi dengan tangan saat hendak memasukkan pin ATM.
  3. Rajin mengganti pin ATM agar terhindar dari tindak kejahatan.
  4. Cari mesin ATM yang aman, utamakan di bank atau tempat ramai lainnya.
Pembobolan ATM memang sering terjadi, kalau orang Indonesia biasanya melakukan dengan cara yang kasar dengan merusak mesin ATM, namun kalau orang luar negeri dengan cara halus dimana mereka mencuri data nasabah melalui mesin ATM.

Wirausahakan Updated at: 11:31 PM

0 komentar:

Post a Comment