Kunci Sukses Bhinneka.com yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Saya masih ingat pengalaman ketika membuat website e-commerce untuk Tugas Akhir, dosen pembimbing memarahi saya karena website-nya jelek, dia bilang "kalau mau buat web e-commerce, kamu lihat bagaimana Bhinneka.com", dan saya tidak melihatnya sama sekali sehingga waktu sidang saya kena marah habis-habisan oleh dosen penguji dan hampir saja tidak lulus karenanya.


Setelah beberapa tahun lulus, saya masih teringat tentang Bhinneka dan akhirnya saya melihat-lihat ke situsnya dan mencari informasi tentang situs toko online yang satu ini. Awalnya saya gak peduli, namun setelah membaca informasinya, saya benar-benar terpesona dengan perjalanan Bhinneka hingga saat ini.

Bhinneka diluncurkan pada tahun 1999 saat Indonesia masih mengalami krisis, saat internet belum semaju saat ini, ketika belum banyak orang yang bisa memakai komputer dan mengakses dunia maya. Bhinneka sendiri dianggap sebagai pelopor bisnis online di Indonesia, dan ketika yang lain sudah pada tumbang kini Bhinneka masih tetap eksis dan malah lebih maju.

Hendrik Tio dan kawan-kawan mengalami perjuangan panjang dalam mempertahankan bisnis online yang satu ini, mereka benar-benar berjuang saat mencoba bertahan dalam bisnis online dimana kunjungan ke situsnya hanya 50an orang perhari, saat banyak penipuan di bisnis online, dan berbagai persaingan lainnya.

Kini Bhinneka sudah dikunjungi oleh ratusan ribu orang tiap harinya, omsetnya mencapai miliaran setiap bulannya, dan silakan hitung sendiri keuntungannya jika dalam bisnis perdagangan gadget keuntungannya antara 20-40%.

BTW kunci suksesnya Hendrik Tio bersama Bhinneka ini adalah tekun, meski banyak masalah dia tetap menjalankan bisnisnya dengan sangat yakin. Saya pernah membaca informasi yang mengatakan bahwa Bhinneka menghabiskan dana hingga Rp 100 jutaan hanya untuk beriklan setiap waktu, tentu saja ini adalah sebuah promosi yang berlanjut sejak awal.

Bhinneka tak ketinggalan jaman, jika ada produk baru yang lagi dicari pasti mereka sudah menyediakannya di website miliknya sehingga orang akan kembali lagi ke Bhinneka untuk membeli produk IT dengan harga terjangkau dan aman.

Kini persaingan bisnis online semakin ketat, banyak sekali toko online baru yang bermunculan di Indonesia dengan menawarkan berbagai kemudahan serta promosinya, namun Bhinneka masih tetap berdiri dan masih punya nama besar di bidang perdagangan produk IT.

Mungkin jika ada yang bertanya bagaimana caranya sukses di bisnis online, saya akan berkata seperti dosen saya dulu "belajarlah kepada bhinneka.com".

Wirausahakan Updated at: 1:56 AM

0 komentar:

Post a Comment