Analisa Bisnis Jasa Penyewaan Dump Truck Untuk Pindahan dan Proyek

Jasa penyewaan truck saat ini sudah mulai bertebaran di beberapa wilayah, hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan orang terhadap jasa angkutan barang yang besar memang meningkat. Dump truck adalah salah satu kendaraan pengangkut barang yang mampu mengangkut banyak barang dalam ukuran besar, jadi biasanya orang lebih memilih truck ketimbang mobil jika hendak membawa banyak barang.


Bisnis penyewaan dump truck bisa anda dapati di beberapa wilayah Indonesia yang penuh dengan proyek, misalnya saja sungai yang diambil pasirnya. Selain untuk mengangkut pasir sungai, truck juga sering digunakan untuk mengangkut perabot rumah saat pindahan, mengangkut ternak, bahkan di waktu liburan tak jarang digunakan pula untuk mengangkut orang.

Nah ini merupakan salah satu jenis bisnis sewa yang cukup menggiurkan keuntungannya, meski modal dan biaya perawatannya juga tak kalah besar.

Harga truck saat ini berkisar antara Rp 100-300 juta untuk ukuran standar dengan kualitas bagus, jika ingn punya 5 truck yang siap untuk disewakan, setidaknya modal di kisaran Rp 1 miliar harus dipersiapkan. Namun kebanyakan pengusaha biasanya membeli kendaraan ini dengan sistem kredit agar tidak terlalu memberatkan bisnisnya.

Biaya sewa truck sendiri berkisa antara Rp 100.000, 00 hingga Rp 500.000, 00 per harinya, tergantung dengan jalur dan kebutuhannya. Jika untuk membawa pasir dan benda kasar lainnya, sepertinya harga sewanya juga lebih mahal lagi karena resikonya lebih besar.

Secara perhitungan awam saya, jika dalam 1 bulan penuh semua truck disewa, maka setidaknya pemilik bisnis bisa mendapatkan omset hingga Rp 75.000, 00. Untuk bisnis jasa, nominal ini sudah lumayan besar dengan biaya yang tak terlalu banyak, berbeda dengan jenis bisnis perdagangan yang keuntungannya hanya berkisar antara 20-50% saja.

Bagaimana menurut anda? Apakah ada keinginan untuk memulai bisnis jasa penyewaan dump truck ini? Jika anda berminat, kenapa tidak dicoba? Truck itu bisa dijadikan sebagai investasi untuk anda loh, gak habis dan terus menghasilkan jika bisnis anda berjalan sesuai rencana.

Wirausahakan Updated at: 1:29 AM

0 komentar:

Post a Comment