Benarkah Tokopedia akan Diakuisisi oleh Alibaba? Jadi Saudaranya Lazada Donk!

Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma merupakan salah satu perusahaan yang besar asal China, bisnisnya di bidang e-commerce sangat besar dan membuat pemiliknya jadi salah satu orang terkaya di China, bahkan di dunia.


Keuntungan Alibab di kuartal kedua saja mencapai Rp 29 triliun, naik 94% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa Alibab semakin besar dan semakin menguntungkan, jadi tak heran jika sahamnya di bursa efek terus meningkat tajam nilainya.

Alibaba sudah mengakuisisi beberapa perusahaan besar, salah satu yang cukup terkenal adalah Lazada yang juga beroperasi di Indonesia. Marketplace yang satu ini memang cukup punya nama besar di Indonesia dan sudah diakuisisi oleh Alibaba Group.

Belum lama ini terdengar kabar yang cukup menghebohkan ketika media menduga bahwa Alibaba juga mencaplok Tokopedia yang menjadi marketplace terpopuler di Indonesia saat ini. Hal ini tak semata-mata hanya gosip, pasalnya Alibaba menggelontorkan dana hingga Rp 14 triliun kepada Tokopedia dan mendapatkan beberapa persen saham di perusahaan itu.

Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 ini memang terbilang sangat sukses dan cepat berkembang. Hanya berumur 8 tahun hingga sekarang Tokopedia menjadi pilihan utama dalam bisnis e-commerce di Indonesia.

Pemilik Tokopedia ambil suara tentang gosip yang beredar ini, katanya isu seperti ini sudah sering sekali terdengar. Beberapa kali ada yang menawarkan kerjasama dan pencaplokan perusahaan ini, namun dia dengan tegas menolaknya.

William mengatakan bahwa dia membangun Tokopedia bukan untuk dijual kepada perusahaan asing, dia ingin membuat perusahaan ini menjadi besar dan menjadi salah satu aset bangsa dalam dunia internet.

Jika melihat isu ini, kita tentunya akan mengingat pencaplokan OLX kepada tokobagus dan berniaga yang terjadi beberapa tahun silam. Saat ini OLX masih terus berjalan, namun sepertinya kalah saing dengan Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan perusahaan e-commerce lainnya.

Sebagai anak bangsa yang cinta tanah air, kita tentunya berharap Tokopedia bisa meniru Kaskus yang tetap dimiliki oleh anak bangsa dan tidak dijual kepada perusahaan asing. Semoga ke depannya akan ada banyak perusahaan teknologi seperti ini yang menjadi besar, bukan hanya di tanah air namun juga di dunia.

Wirausahakan Updated at: 8:47 PM

0 komentar:

Post a Comment