Anaknya Presiden Aja Gak Malu Jualan, Masa Kamu Masih Malu Juga?!

Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep adalah 2 putra presiden Joko Widodo yang seharusnya sudah memberikan inspirasi kalian dalam dunia bisnis. Bayangin aja deh, anaknya orang nomor 1 di Indonesia ini enggak malu sama sekali untuk mulai bisnis dan jualan di jalanan.


Belum lama ini Gibran meluncurkan produk martabak barunya yang diberi nama martabak Markobar, sedangkan Kaesang menjual kaos kecebong dengan nama Sang Javas. Saya memperhatikan kreativitas seorang Kaesang ini sejak lama, dia ini aktif dalam bisnis online dimana beberapa kali produknya juga meledak di pasar online.

Selain menjadi penjual, Kaesang juga aktif sebagai blogger, youtuber, dan beberapa akun sosmed miliknya yang cukup banyak diikuti oleh masyarakat Indonesia.

Kedua anak muda ini memberikan gambaran tentang sebuah kemandirian yang haqiqi, meskipun anaknya presiden namun mereka tidak manja dan harus jadi pegawai (kayak anak muda jaman sekarang). Sebenarnya kalau mereka mau jadi pegawai sih kayaknya gampang aja deh, anaknya pak presiden kok, pendidikannya juga tinggi kok, kenapa gak jadi pegawai?!

Anak presiden Jokowi ini memang meneruskan jiwa wirausaha dari sang ayah yang sebelumnya menjadi pengusaha di Solo. Sebelum menjadi Gubernur Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga jadi presiden RI, Jokowi ini adalah sosok pengusaha yang terbilang sukses loh.

Bayangin deh gan, anaknya orang nomor 1 di Indonesia ini aja pada mau dagang di jalan, gak malu dan gak minder meski mereka bisa aja sih jadi pegawai, pejabat, atau PNS (kayak cita-citamu). Mereka tetap jualan tanpa membawa nama besar ayahnya, mereka mau mulai dari 0 jadi pedagang di jalan dan saya hanya bisa mendoakan semoga mereka bisa sukses seperti ayahnya.

Dunia bisnis sudah mulai diterima luas di Indonesia, gak harus anak pengusaha, gak harus punya modal besar, gak harus punya pengalaman dan jaringan bisnis untuk memulai bisnis. Yang kita butuhkan adalah niat yang kuat, kemauan, semangat belajar, terus mencoba, dan InshaAllah ada jalan kesuksesan untuk kalian yang mau berusaha.

Kalau kamu lagi mulai usaha dan masih kecil terus ada yang nyinyir, jawab aja "anaknya presiden aja mau jualan, lah saya anak orang biasa kenapa harus malu?!".

Wirausahakan Updated at: 2:57 AM

0 komentar:

Post a Comment