Sejarah Perkembangan Bisnis Online Di Indonesia dari Masa Ke Masa

Internet masuk ke Indonesia sejak tahun 90an meski baru bisa dipakai oleh sebagian orang saja dan baru di tahun 2000an banyak orang benar-benar bisa mengakses internet dengan mudah. Saya ingat pertama kali mengenal internet dari komputer di warnet, lalu muncul handphone canggih dengan web browser yang bisa digunakan untuk mengakses internet hingga kini banyak smartphone, tablet, laptop yang sudah mempermudah penggunaan internet.


Bisnis online dengan memanfaatkan jaringan internet sudah dimulai sejak akhir 90an hingga awal 2000an meski belum terlalu seramai saat ini. Nama-nama toko online lawas semacam Bhinneka, Berniaga, dan Toko Bagus menjadi nama-nama yang mengisi sejarah perkembangan bisnis online di Indonesia.

Awal tahun 2000an
Pada masa awal ini masih jarang toko online yang ada di Indonesia, namun seiring perkembangan jaman dan tenarnya internet membuat banyak orang mulai mengincar pasar dunia maya untuk mempromosikan bisnisnya.

Di masa ini banyak ditemui penjual produk unik seperti obat kuat dan jamu yang ada di internet, sebagian lainnya mulai menjual e-book untuk mendapatkan uang melalui internet yang laris manis. Namun pada masa ini bisa disebut juga dengan masa kelam karena banyak sekali praktek penipuan di dunia maya yang merugikan pembeli.

Tahun 2005-2010
Pada era ini banyak bermunculan marketplace dan toko online baru di internet, apalagi ditambah dengan sosial media yang semakin ramai. Banyak sekali penjual yang kemudian mendaftar di marketplace untuk bisa promosi gratis dengan jangkauan yang sangat luas.

Tahun-tahun ini juga diisi dengan ramainya program periklanan di internet, mulai dari Google Adsense, FB Ads, Twitter Ads, dan lain sebagainya sangat ramai dan dipakai oleh para pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya dengan mudah dan cepat. Namun bagi sebagian orang yang handal dalam internet lebih menyukai SEO dan berlomba-lomba untuk menempatkan toko online miliknya agar berada di halaman teratas mesin pencari seperti Google, Yahoo!, dan Bing.

Tahun 2010 +
Pada masa ini mungkin disebut juga masa kedewasaan internet karena saat ini dunia maya sangat ramai dengan berbagai hal baru. Anda akan menemui para pencari uang di internet yang sangat pandai, mulai dari penjual aplikasi, pembuat video, pembuat konten, tukang sampah, dropshipper, reseller, dan lain sebagainya.

Masa ini adalah masa persaingan yang sangat ketat karena banyaknya produk dan jasa yang tersedia dan bisa diakses dengan mudah. Kalau dulu anda ingin berjualan di internet harus mempunyai toko online yang butuh dana dan skill, kini anda hanya tinggal daftar di marketplace dan nampilin produk dan jasa anda.

Perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat sehingga memaksa pebisnis besar yang sebelumnya enggan untuk merambahnya dipaksa harus ikut promosi di media internet ini. Jangan kaget kalau toko sebelah rumah anda tiba-tiba beriklan dan mulai jualan online karena memang saat ini bisnis online sedang ada di puncaknya.

Wirausahakan Updated at: 12:29 AM

0 komentar:

Post a Comment